40 Persen Pengguna Epic Games Store Ternyata Tidak Memiliki/Menginstall Steam di PC-nya


Follow Us

GDC atau yang lebih dikenal dengan Game Developer Conference menjadi salah satu ajang bagi publisher maupun developer saling unjuk gigi memperlihatkan pencapaian serta project apa yang akan dikerjakan oleh mereka selanjutnya. Begitu pula dengan Epic Games yang cukup meraih kesuksesan dengan Fortnite hingga Epic Games Store miliknya.

Nulis artikel dibayar
image courtesy, PC Gamer

Melalui acara tersebut mereka juga memberikan sebuah presentasi mengena survey yang telah dilakukannya terhadap para pengguna Epic Games Store di PC yang telah dilakukannya mulai dari bulan Agustus 2018 hingga Januari 2019. Kurang lebih 85 juta pengguna yang telah terdaftar, dilaporkan 40% tidak memiliki atau menginstall Steam di PC mereka.

BACA JUGA  Red Dead Redemption 2 PC Dirumorkan Akan Segera Diumumkan Sebagai Eksklusif Epic Games Store

Meskipun Valve belum melaporkan jumlah pengguna yang telah terdaftar per bulan Januari yang lalu, namun mereka melaporkan bahwa pengguna aktif Steam mencapai angka 90 juta.

Berdasarkan survey yang dilakukan Epic Games, 68% pengguna Epic Games Store tidak menggunakan Steam “secara terus-menerus”. Hal tersebut tampaknya menepis dominasi Steam yang telah lebih dari satu dekade menguasai platform penjualan game ini. Namun Fortnite tampaknya menjadi faktor X dari sekian banyak pengguna Epic Games Store yang tidak memiliki/mengisntall Steam.  Bahkan dalam presentasi di slide selanjutnya menyampaikan pengguna Epic Games Store di PC cenderung bermain game konsol ketimbang membuka Steam untuk bermain game di PC.

BACA JUGA  Tencent Kini Sudah Luncurkan Platform Penjualan Game ala "Steam"-nya secara Global

Mereka juga mengumumkan bahwa ada kurang lebih 55.000 Creator yang berada di Epic Games Store, 41 juta pemain yang mendukung seluruh game termasuk Fortnite serta semua platform.

Terakhir sang kepala dari Epic Games Store yaitu Tim Sweeney menegaskan bahwa mereka tidak melakukan pendekatan seperti yang dilakukan oleh Steam dengan kemudahan menjual game di platform tersebut sehingga menumpuk bukan hanya satu atau dua justru banyak game yang ternyata tidak sesuai standar dan berada di toko tersebut. Mereka cenderung menentukan apa dan siapa yang boleh berada di tokonya.


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item