40 Tips dan Hal-hal yang Perlu Kamu Ketahui Saat Bermain Apex Legends


Follow Us

Seminggu lebih berlalu sudah semenjak perilisan Apex Legends, siapa yang menyangka bahwa game Battle Royale garapan Respawn Entertainment tersebut berhasil mendapatkan 25 juta pemain dalam waktu singkat.

Nulis artikel dibayar

Angka tersebut nampaknya masih akan terus bertambah, mengingat genre Battle Royale sendiri masih cukup diminati hingga saat ini, dan tentunya berkat Apex Legends yang bisa dimainkan secara gratis. Hal tersebut mungkin saja membuat Apex Legends juga bisa mengalahkan kepopuleran Fortnite di waktu mendatang.



Berbeda dengan game Battle Royale umumnya yang sekedar menghadirkan karakter yang bisa kamu kelola penampilannya, Apex Legends menghadirkan karakter-karakter berkemampuan khusus yang bisa dimanfaatkan selama pertempuran berlangsung.

Hal tersebut secara tidak langsung menjadikan game Apex Legends sebagai game Battle Royale yang cukup unik, namun secara bersamaan, masih banyak pemain baru yang nampaknya sedikit kebingungan dengan mekanisme yang tersedia di dalam game.

Maka dari itu, penulis ingin sedikit memberikan bantuan berupa tips-tips, serta hal-hal yang perlu kamu ketahui saat terjun dan bertempur di dunia Apex Legends.


1. Seperti pada game Battle Royale pada umumnya, kamu memenangkan permainan dengan menjadi satu-satunya yang tersisa dalam permainan. Utamakan keselamatan dan jangan terlalu nafsu dalam menghabisi squad lain.

2. Kenali tiap karakter atau Legends yang akan kamu gunakan. Pahami kemampuan pasif, kemampuan tactical dan kemampuan ultimate, serta durasi cooldown masing-masing skill tersebut.

3. Selalu ingat untuk menggunakan kemampuan tactical saat berada dalam pertempuran. Karena nampaknya masih banyak pemain yang terbiasa bermain game Battle Royale tanpa kemampuan khusus.

4. Perkuat komunikasi dengan memanfaatkan sistem Ping secara maksimal. Untuk konsol gunakan tombol Ping (R1 atau RB) sekali untuk menandai lokasi dan tekan dua kali untuk menandai musuh yang kamu lihat. Tahan tombol untuk membuka Ping Wheel yang berisi lebih banyak pilihan komunikasi.

Untuk PC tekan middle mouse untuk menandai lokasi dan F untuk menandai musuh yang kamu lihat. Untuk menu Ping tambahan, kamu bisa tetapkan sendiri key yang ingin kamu gunakan melalui pengaturan kontrol keyboard dan mouse.

5. Saat berlari, simpan senjatamu untuk berlari lebih cepat. Secara default, pada PC kamu cukup menekan angka 3 dan pada konsol dengan menahan tombol segitiga (PS4) atau Y (Xbox One).

6. Sebagai tambahan, tiap karakter memiliki kecepatan berlari yang sama. Sang developer mengkonfirmasi hal tersebut dan menjelaskan bahwa yang membuat lari terasa lamban untuk karakter berbadan besar adalah efek dari animasi tangannya yang terlihat lamban.

7. Menggunakan slide akan membuatmu meluncur dengan cepat terutama saat menuruni bukit, dan yang pastinya sangat berguna untuk menghindari tembakan dari musuh.

8. Kamu bisa loncat dan memanjat tembok cukup tinggi. Tahan tombol untuk melompat dan tahan tombol maju kedepan saat ingin memanjat. Setidaknya kamu bisa memanjat sampai lantai 2 suatu bangunan.

9. Tidak ada fall damage dalam game ini, sehingga kamu bisa lompat dari ketinggian apapun. Namun disarankan untuk menggunakan zipline jika sedang adu tembak, karena jika melompat dari tempat cukup tinggi, sejenak dirimu akan bergerak lamban akibat animasi karakter yang terjadi sesaat setelah jatuh.

BACA JUGA  Game Strategi Civilization VI Dapatkan Update Mode Battle Royale

10. Kamu bisa cek senjata-senjata yang bisa kamu temukan di dalam game beserta dengan damage yang dihasilkannya melalui chart gambar di bawah ini.

via Twitter

11. Tanda * pada gambar (Mastiff dan Kraber) merupakan senjata langka yang hanya dapat kamu temukan pada Supply Drop. Dan disepanjang permainan, beberapa Supply Drop akan terus berjatuhan pada suatu lokasi secara acak.

Catatan: Ultimate Lifeline yang juga bisa memanggil Supply Drop sepertinya tidak menghadirkan senjata langka tersebut.

12. Beberapa senjata walau masuk dalam kategori yang sama terkadang memiliki jenis Ammo yang berbeda. Untuk mudahnya, jenis-jenis Ammo dibedakan dalam bentuk Warna.

  • Cokelat — Light Rounds
  • Biru Muda — Heavy Rounds
  • Merah — Shotgun Shells
  • Hijau =— Energy Ammo

Catatan: Senjata langka Mastiff dan Kraber menggunakan Special Ammo, dimana tidak dapat kamu temukan dimanapun. Sehingga kamu disarankan untuk berhemat selama permainan berlangsung jika mendapatkan senjata langka tersebut.

13. Item seperti Shield, Helmet, Attachment, Consumables dan sejenisnya yang bisa kamu loot memiliki tier atau tingkatnya masing-masing. Semakin tinggi tier yang dimilikinya, semakin tinggi efek yang dihasilkan oleh item tersebut. Tier pada suatu item juga dibedakan dengan warna:

  • Putih — Common Loot
  • Biru — Rare Loot
  • Ungu — Epic Loot
  • Emas — Legendary Loot

14. Selama permainan berlangsung, jika kamu membutuhkan item misalnya peluru, med kit atau bahkan attachment, buka menu inventory kamu dan tekan tombol Ping pada item yang kamu butuhkan. Sehingga Squad akan mendengar Ping tersebut, dan siapa tahu mereka memiliki atau menemukan item yang kamu butuhkan tersebut.

15. Attachment yang ada pada senjatamu akan otomatis berpindah saat kamu menukarkan senjata dengan slot Attachment yang sama. Sehingga kamu tidak perlu buka-buka inventory untuk melepas attachment yang terpasang pada senjata yang ingin kamu ganti.

16. Tembak atau pukul jika kamu menemui robot berbentuk Apex Pack seperti gambar di bawah ini, dan kamu akan mendapatkan setidaknya satu Rare Loot. Robot kecil ini juga mengeluarkan suara sehingga memudahkanmu untuk mencarinya.

17. Frag Grenade akan meledak tepat setelah 4 detik berlangsung dan Arc Star akan meledak 3 detik setelah menancap. Arc Star juga akan memperlambat gerak pemain yang berada dalam jangkauan ledakannya.

 

 

18. Setiap tembakkanmu yang mengenai musuh, kamu dapat melihat angka damage yang muncul diatas kepalanya. Angka damage yang keluar memiliki warna outline yang berbeda-beda:

  • Emas — Headshot
  • Ungu — Shield Level 3
  • Biru — Shield Level 2
  • Putih — Shield Level 1
  • Merah — Tanpa Shield

Catatan: Informasi ini sangat berguna untuk kamu ingat, karena kamu bisa menentukan apakah perlu bermain agresif atau tetap berhati-hati.

BACA JUGA  Berikut 100 Pemain dengan Rating Terbaik Menurut FIFA 20

19. Yang membedakan tier Shield hanyalah kapasitasnya saja, tidak mengurangi damage yang masuk dari senjata (kecuali Helmet untuk melindungi kepala). Tier Shield level 1 hanya memiliki kapasitas sebesar 50, tier shield level 2 memiliki kapasitas 75 dan tier shield level 3 memiliki kapasitas sebesar 100.

20. Serangan Melee dan Jump Kick akan selalu memberikan 30 damage. Namun disarankan jangan terlalu memanfaatkannya setelah mendarat dan lebih utamakan untuk mencari senjata saja.

21. Ada baiknya untuk selalu membawa senjata jenis Shotgun, mengingat pertempuran cenderung dimulai dalam jarak menengah dan seringkali berakhir dalam jarak dekat.

22. Salah satu item yang nampaknya cenderung diabaikan adalah Ultimate Accelerant, dimana item tersebut dapat memotong 10% cooldown Ultimate karaktermu. Cocok untuk Legends dengan cooldown ultimate yang lama seperti Lifeline misalnya.

23. Finisher merupakan salah satu fitur dalam Apex Legends untuk menghabisi musuh yang sedang down dengan animasi keren. Namun animasi tersebut cenderung berlangsung sekitar 5 detik dan kamu tetap bisa terkena serangan musuh. Jika memang ingin melakukan finisher, lakukan saat kamu dan targetmu terisolasi.

24. Saat knockdown, dirimu ataupun musuh masih dapat menggunakan pintu dan menghalangi pintu untuk terbuka. Hal ini setidaknya memberikanmu waktu untuk bertahan lebih lama sampai bantuan datang.

25. Jika ada musuh yang knockdown dan menghalangi pintu, kamu cukup lakukan dua kali serangan melee ke arah pintu tersebut untuk menghancurkannya.

26. Saat musuh tewas, mereka akan menjatuhkan box besar berisikan loot yang telah mereka kumpulkan. Tiap box memiliki warna tergantung dengan loot tier tertinggi yang mereka miliki. Namun perlu diingat bahwa loot tier tertinggi tersebut bisa saja hanya berupa attachment senjata.

27. Saat kamu mengambil Shield dari box yang dijatuhkan musuhmu, Shield tersebut akan langsung refill ke kapasitas maksimalnya. Sehingga kamu akan sedikit hemat penggunaan Shield Cell.

28. Jika kawanmu telah tewas (bukan knockdown), kamu bisa menghidupkannya kembali dengan mengambil beacon dari box yang kawanmu jatuhkan dan membawanya ke Respawn Station yang tersebar di dalam map.

29. Respawn Station di tempat yang sama hanya dapat digunakan sekali, namun kamu tetap bisa menghidupkan dua kawanmu sekaligus.

30. Kamu juga perlu berhati-hati saat menghidupkan kawanmu. Karena saat respawn, kawanmu tersebut akan datang menggunakan pesawat besar yang juga berisik. Pemain lain bisa saja melihat pesawat tersebut dan memutuskan untuk memburu squadmu.

31. Perlu diingat bahwa setiap pemain yang hidup kembali dari Respawn Station akan kehilangan senjatanya. Ada baiknya seluruh anggota squad untul kembali fokus mencari loot.

32. Nampaknya masih banyak pemain baru yang kurang memahami akan fitur beacon dan Respawn Station. Maka dari itu, disarankan untuk tetap menghabisi musuh yang sedang knockdown agar mereka tidak mudah kembali ke dalam permainan.

BACA JUGA  Menjajal Plants vs Zombies Battle for Neighborville – Campur Aduk!
Bentuk Respawn Station

33. Perlengkapan tier emas juga memberikan efek tambahan yang berguna buat karaktermu:

  • Gold Helmet — Mempercepat cooldown ultimate.
  • Gold Shield — Otomatis refill jika melakukan finisher
  • Gold Backpack — Item consumable bisa digunakan lebih cepat
  • Gold Knockdown Shield — Kamu bisa revive tanpa bantuan kawanmu saat knockdown

34. Saat sebelum permainan dimulai, kamu akan diberitahu pemain yang mendapatkan title champion. Kamu akan mendapatkan bonus 500 exp di akhir permainan jika berhasil menghabisi champion tersebut.

35. Jika kamu mendapatkan hak Jumpmaster namun tak ingin memakainya, kamu dapat memberikan hak tersebut kepada kawanmu dengan menekan tombol Relinquish. Kamu bisa cek cara melakukan penerjunan yang efektif melalui halaman ini.

36. Saat melihat map, kamu dapat melihat simbol-simbol yang tertera di kanan bawah map. Hot Zone dengan simbol biru biasanya penuh dengan loot tier tinggi. Namun perlu diingat bahwa lokasi tersebut juga ramai jadi tempat mendarat pemain lainnya.

37. Supply Ship langsung tersedia dari awal permainan, kamu bisa saja terjun langsung ke kapal tersebut. Namun berhati-hati karena banyak pemain lain yang juga mengincar kapal tersebut.

38. Saat menjelajah, kamu akan mendapat notifikasi berupa nama tempat saat memasuki sebuah area, dan kamu juga akan dapatkan informasi tier dari loot yang tersebar pada area tersebut.

39. Terdapat banyak zipline vertikal dengan balon diatasnya yang tersebar di seluruh penjuru map. Kamu dapat menggunakan zipline tersebut untuk dilempar ke udara dan kembali melakukan glide atau terjun ke lokasi yang kamu inginkan.

40. Saat ini Apex Legends hanya menghadirkan mode squad, maka dari itu komposisi tim juga cukup penting untuk meningkatkan kesempatan memenangkan permainan. Setidaknya selalu hadirkan satu Legends berkemampuan support dalam squadmu.


Apex Legends sendiri memang baru hadir sebentar, namun fans juga sudah mulai bertanya-tanya akan hal-hal baru apa yang akan dihadirkan kedepannya. Mengingat Respawn Entertainment sendiri merupakan sosok dibalik game Titanfall yang juga mendapatkan respon positif dari gamer, kita tentunya bisa mengekspektasikan yang terbaik dari sang developer.

Nah, apakah kamu juga bisa tips-tips yang berguna dalam bermain Apex Legends? Yuk, langsung aja share di komentar! Siapa tahu tips yang kamu kemukakan akan penulis tambahkan ke dalam poin-poin diatas. Akhir kata cerita, good luck and have fun!

Pamer kemenangan lah ya sekali-kali

Apex Legends bisa kamu mainkan pada PC, PS4 dan Xbox One. Kamu yang tertarik untuk melihat review dari kami bisa langsung mengunjungi halaman ini.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait game Apex Legends atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto.


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item