5 Alasan Kenapa Harus Memainkan Seri Assassin’s Creed


Follow Us
5 Reasons Why

Memiliki lebih dari 15 judul yang telah dirilis dipasaran dan telah melalang buana di industri game selama lebih dari 1 dekade, nama Assassin’s Creed tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Tak dapat disangkal bahwa Assassin’s Creed merupakan “salah satu” franchise tersukses pada satu dekade ini, sekaligus menjadi aset berharga Ubisoft selaku developer. Franchise Assassin’s Creed juga selalu memberikan daya tarik yang berbeda di setiap serinya, walaupun di beberapa seri ia pernah berakhir kurang matang dan solid, namun ia tetaplah sebuah franchise yang menarik dan pantas dilirik. Bagi kalian yang sama sekali belum pernah mencicipi, atau mungkin hanya memainkan beberapa serinya saja, ada 5 alasan kenapa kalian wajib mengikuti franchise Ubisoft yang satu ini.

Nulis artikel dibayar

1. Belajar Sejarah, Kebudayaan, & Bahasa

Seri Assassin’s Creed memanglah sebuah game dengan tokoh utama fiksi, namun ia berhasil mengimplementasikan berbagai elemen yang ada di dunia nyata untuk masuk kedalam game. Berbagai tokoh masa lalu seperti Leonardo Da Vinci hingga George Washington, dan beragam kejadian sejarah yang memang pernah terjadi, diracik dengan rapi agar mampu menyatu dengan cerita dalam gamenya. Setiap seri Assassin’s Creed berseting lokasi di berbagai daerah di penjuru dunia dan menampilkan berbagai macam budaya serta bahasa. Misalnya dalam Assassin’s Creed 2, Ezio terkadang mengucapkan bahasa Italia dan diselingi terjemahan dalam bahasa Inggris, hasilnya?, secara tidak langsung, kita dapat sekaligus belajar bahasa.

BACA JUGA  Assassin’s Creed Versi Board Game Akan Segera Hadir, Tertarik?
Ezio & Leonardo Da Vinci sedang mengobrol.

2. Setting Lokasi Yang Mengagumkan

Pernahkah kalian berandai-andai untuk memanjat menara Eiffel yang menjulang tinggi, mengarungi luasnya samudra Atlantik, hingga berseluncur di Piramida Giza?, semua hal tersebut akan sangat susah diwujudkan di kehidupan nyata. Namun, di seri Assassin’s Creed, ia akan memberikan sebuah pengalaman perjalanan yang mungkin kalian idam-idamkan, tak perlu pergi ke Perancis untuk menjelajahi Paris, lewat Assassin’s Creed Unity, Paris digambarkan secara indah dan memukau, atau kalian ingin merasakan keindahan padang pasir di Mesir?, Assassin’s Creed Origins mampu memberikan sebuah pengalaman yang kalian dambakan. Ubisoft tampaknya tidak pernah main-main dalam memberikan setting lokasi yang indah dan menakjubkan.

Real life & Assassin’s Creed Unity
Real life & Assassin’s Creed Origins
Assassin’s Creed 2 & real life

3. Setiap Seri Memiliki Tema & Keunikan Tersendiri

Walaupun memiliki judul yang sama, bukan berarti setiap seri Assassin’s Creed menampilkan berbagai macam hal yang sama, untuk membangun pengalaman yang berbeda-beda, ia coba menonjolkan sebuah keunikan tersendiri untuk setiap seri. Walaupun untuk beberapa saga seperti Ezio Trilogy ataupun Kenway Saga cenderung memiliki gameplay yang mirip di dalamnya, namun mereka tetap memiliki ciri khas & tema tersendiri. Misalnya Assassin’s Creed IV Black flag cenderung menonjolkan tema bajak laut dengan fitur Naval Battlenya, Assassin’s Creed Unity dengan tema revolusi Perancis yang condong berfokus dengan fitur Co-op, hingga Assassin’s Creed Origins yang sangat kental dengan unsur RPGnya. Setiap seri dibangun untuk memiliki identitasnya masing-masing.

BACA JUGA  Gameplay Teranyar Beyond Good & Evil 2 Siap Dirilis Akhir Tahun Ini
Assassin’s Creed 3 dengan tema Revolusi Amerika
Assassin’s Creed IV Black Flag dengan tema Golden Age Piracy

4.Memiliki Kumpulan Soundtrack Yang Mengagumkan

Soundtrack dalam video game memang dirancang untuk membangun & menciptakan sebuah pengalaman bermain yang lebih solid, sebuah soundtrack dikatakan berhasil apabila ia mampu membuat para pendengarnya hanyut dan terbawa suasana dengan alunan musik yang dihadirkan. Franchise Assassin’s Creed memiliki deretan soundtrack yang sangat hebat di setiap serinya, yang dibawakan oleh banyak musisi ternama, seperti Woodkid hingga Lorde. Hingga saat ini soundtrack Assassins Creed bahkan memiliki banyak sekali cover hebat yang telah bertebaran.


Assassin's Creed 2 memiliki Soundtrack yang sangat memorable.

Soundtrack Assassin's Creed Revelation yang dibawakan Woodkid

Soundtrack Assassin's Creed 3 yang dicover oleh Taylor Davis ini terdengar sangat mengagumkan.

5. Plot Story Yang Menarik & Saling Berhubungan

Storyline merupakan salah satu elemen terpenting dalam sebuah game, ia diperlukan sebagai dasar dan pondasi untuk menyongkong berbagai elemen lain yang akan dihadirkan. Dari seri Assassin’s Creed pertama hingga Origins yang dirilis tahun lalu, Franchise Assassin’s Creed memiliki cerita yang saling terhubung satu sama lain, bahkan dengan game garapan Ubisoft yang lain, seperti Far Cry dan Watch Dogs, mereka berada dalam satu universe yang sama. Tak hanya itu, setiap judul seri Assassin’s Creed juga memiliki dasar cerita yang sangat menarik untuk diikuti. Pada beberapa seri, ia bahkan menghadirkan storyline yang sangat istimewa dan tidak akan pernah mudah dilupakan para gamer.

BACA JUGA  Mengapa Kamu Harus Mencoba Rainbow Six: Siege - Salah Satu FPS Kompetitif Terbaik Saat Ini?
Assassin’s Creed 2 menyuguhkan salah satu cerita terbaik dalam sejarah industri game.
Assassin’s Creed IV Black Flag menjadi salah satu game yang menyimpan ending termanis.
Dalam Assassin’s Creed Rogue, kalian akan memerankan sosok Templar yang notabene merupakan musuh bebyutan para Assassin, dan hasilnya?, ia mampu menampilkan sebuah plot cerita yang menarik dan unik.
Assassin’s Creed dalam Watch Dogs 2

Dengan berbagai pesona & daya tarik yang dihadirkan, franchise Assassin’s Creed memang menjadi salah satu frachise yang pantas untuk diikuti dan dimainkan. Banyak sekali rumor yang telah beredar mengenai seri selanjutnya, apapun tema yang akan diambilnya, semoga saja ia bisa tampil menghadirkan pengalaman bermain yang solid dan sesuai harapan para penggemarnya.


Like it? Share with your friends!

Di Gamebrott COMMUNITY Nulis artikel GAMING dibayarGIVE ME MONEY !
+