5 Alasan Kenapa Kamu Harus Memainkan Final Fantasy XIV: A Realm Reborn Online

Final Fantasy XIV A Realm Reborns gamebrott 21

Sudah hampir 20 tahun Indonesia mempunyai publisher game online Korea. Mari kita bernostalgia sejenak, saya masih ingat saat masa kejayaan Ragnarok Online (RO) dulu, game MMORPG yang dulu sempat booming di Indonesia dan merupakan salah satu game online yang memiliki komunitas paling solid di Indonesia. Tidak sedikit gamer Indonesia yang mendapatkan teman baru, komunitas baru, bahkan pasangan hidup hingga membentuk rumah tangga di dunia nyata hanya karena bermain RO. Game online ini mulai ditinggalkan oleh gamer “senior” Indonesia sejak LYTO membuka server F2P. Kemunculan publisher-publisher game online baru yang siap bersaing merebut perhatian para gamer Indonesia-pun tak pelak menjadi alasan dari para gamer untuk meninggalkan RO.

Daya tarik Ragnarok Online Indonesia terletak pada kebebasan leveling / hunt dan komunitasnya yang sangat solid. Player bebas levelling dengan berburu monster dimanapun dan kapanpun mereka mau tanpa harus terikat oleh quest apapun. Selain itu, komunitas dan guild RO yang sangat ramah dan siap membantu para newbie semakin menambah keseruan game ini. Berbeda dengan komunitas game online yang sekarang, komunitas RO yang dulu jauh lebih baik karena komunitas yang dulu mengutamakan permainan sehat dan fun, sehingga membuat player betah bermain RO. Sementara, komunitas game online yang sekarang cenderung cuek dan mementingkan tujuan masing-masing. Ditengah situasi komunitas game online Indonesia yang dapat dibilang miris ini, sangat sulit untuk mencari game online dengan komunitas yang kuat seperti RO dulu. Namun jangan bersedih, karena SQUARE-ENIX (SE) telah mengeluarkan Final Fantasy Online yang sangat mengedepankan komunitas.

Berawal dari Final Fantasy XI Online (FFXI) yang menuai banyak kesuksesan, SE kembali membuat seri Final Fantasy Online berjudul Final Fantasy XIV Online (FFXIV). Namun sayang, kesuksesan FFXI tidak dapat diraih kembali oleh SE dengan FFXIV yang diakhiri dengan penutupan servis FFXIV yang dilakukan dengan menamatkan FFXIV (v1.0) dan menjanjikan akan ada seri baru dari FFXIV, yaitu Final Fantasy XIV: A Realm Reborn Online (v2.0). Pemberhentian servis FFXIV menjadikan FFXIV satu-satunya game online yang memiliki endgame.

Setelah tamatnya FFXIV, pada tanggal 27 Agustus 2013 SE merilis Final Fantasy XIV: A Realm Reborn (FFXIV: ARR) untuk PS3 dan PC. FFXIV: ARR merupakan game yang sama sekali berbeda jauh dengan FFXIV, SE mengganti seluruhnya, baik gameplay maupun grafik, sementara cerita FFXIV: ARR adalah lanjutan dari FFXIV. Kemunculan FFXIV: ARR mendapatkan respon yang sangat baik dari para gamer, terbukti hingga artikel ini ditulis FFXIV:ARR telah terjual kurang lebih 4 juta copy setelah versi PS4 FFXIV: ARR rilis. Berkat kesuksesannya, saya pribadi yang awalnya bertanya-tanya dan pesimis akan menariknya game berbayar ini langsung ketagihan setelah saya membeli dan mencobanya sendiri. Lalu, apa yang membuatmu harus memainkan game yang segera memasuki masa ekspansi pertamanya ini? Tenang, saya sudah merangkum 5 poin yang membuatmu harus memainkan game ini.

Note: Screenshot yang saya berikan disini adalah screenshot saya sendiri saat saya bermain FFXIV: ARR di PC dengan setting grafik low settings

1. Konten yang Menarik

Salah satu primal yang cukup sulit untuk dikalahkan, Titan.
5 Alasan Kenapa Kamu Harus Memainkan Final Fantasy XIV: A Realm Reborn Online 1

Game ini berisi banyak konten dari Dungeon, Raid, Primal Battle (Boss), dan beberapa konten menarik lain yang sangat berbeda dari game lain. Setiap dungeon dan boss memiliki ciri khas dan trik tersendiri untuk mengalahkan dan melewatinya, disinilah kerjasama tim satu party-mu diuji. Terdapat juga cerita menarik dari dunia FFXIV: ARR yang berhubungan dengan terbukanya tingkat kesulitan hard dari Primal Battle. Endgame raid dari Coil Bahamut-nya pun memaksamu belajar dan berpikir keras bagaimana kerjasama tim sangat dibutuhkan untuk melaluinya, karena coil bahamut merupakan raid tersulit dari raid pada umumnya. Jika kamu memainkan MMORPG untuk mencari content, maka FFXIV: ARR adalah game yang sangat pas buatmu.

Kamu bisa apply untuk melakukan raid, dungeon, dan primal menggunakan Duty Finder (English Lang) / Content Finder (Japan Lang).
5 Alasan Kenapa Kamu Harus Memainkan Final Fantasy XIV: A Realm Reborn Online 2

 

 

 

2. Grafik dan Musik yang Indah

Salah satu keindahan grafik FFXIV: ARR (Grafik saya setting low untuk PC)
5 Alasan Kenapa Kamu Harus Memainkan Final Fantasy XIV: A Realm Reborn Online 3

Meskipun FFXIV: ARR menggunakan engine lama untuk membuatnya, namun FFXIV: ARR memberikanmu grafik yang sangat indah. Mungkin game lain bisa membuatmu terkagum-kagum dengan grafiknya yang keren, namun FFXIV: ARR dapat membuatmu terus takjub bahkan setelah beberapa tahun rilis. Kekuatan grafis FFXIV: ARR terletak di komposisi dan artist-nya. Kamu bisa merasakan bagaimana indahnya dunia FFXIV: ARR dengan berlari menyusuri gurun pasir di sore hari, duduk di tepi pantai, atau menikmati matahari terbit di padang rumput yang indah. Dunia-nya pun dibuat seunik mungkin, kamu akan mengenali sebuah lokasi meskipun SE menggunakan objek yang sama dengan penempatan yang berbeda di lokasi tersebut.

Musik FFXIV: ARR juga tidak dapat dipandang sebelah mata. Kamu akan mendengarkan musik yang dapat membuatmu terhanyut dalam suasana dan membuatmu berimajinasi seolah kamu benar-benar berada dalam dunia FFXIV: ARR.

 

 

3. Update Konten Baru yang Cepat

Event kolaborasi bersama Lightning Final Fantasy XIII
5 Alasan Kenapa Kamu Harus Memainkan Final Fantasy XIV: A Realm Reborn Online 4

 

 

Saya sempat berpikir lama sebelum memberikan uang saya kepada SE demi berlangganan FFXIV: ARR. Namun SE tidak mengecewakan saya, karena SE sangat memperhatikan FFXIV: ARR dan pemainnya dengan memberikan konten-konten baru. SE selalu menambahkan banyak konten setiap kali SE memberikan konten baru. Tidak hanya konten endgame seperti raid dan dungeon, namun SE juga memberikan konten lain untuk para player seperti chocobo raising, gold saucer, personal housing, dan masih banyak lagi.

Event musim semi
5 Alasan Kenapa Kamu Harus Memainkan Final Fantasy XIV: A Realm Reborn Online 5

Selain konten, event musiman akan selalu ada di FFXIV: ARR seperti halloween, natal dan tahun baru, festival musim semi, festival musim panas, seijinshiki (upacara kedewasaan Jepang), kolaborasi dengan game SE lain seperti FFXIII, dan masih banyak lagi. Kamu juga akan mendapatkan item eksklusif yang hanya bisa kamu dapatkan setiap mengikuti event. Item yang kamu dapatkan akan berbeda setiap tahunnya.

 

4. Leveling yang Lebih Variatif & Kegiatan Selain Battle yang Dapat Kamu Lakukan

Salah satu FATE mengalahkan boss.
5 Alasan Kenapa Kamu Harus Memainkan Final Fantasy XIV: A Realm Reborn Online 6

Setiap kali mendengar MMORPG, pasti yang terbesit di pikiran kita adalah hunting / leveling. Meskipun di FFXIV: ARR juga terdapat daily quest seperti MMORPG Korea pada umumnya (meski tidak separah MMO Korea), kenyataannya kamu bisa memilih berbagai cara untuk leveling, salah satu diantaranya adalah FATE atau Full Active Time Event. FATE adalah terobosan baru dari FFXIV: ARR dimana area yang sedang mengalami FATE akan ditandai di map dengan lokasinya yang acak. Setiap FATE memiliki misi yang berbeda-beda, ada kalanya kamu dituntut untuk mengalahkan boss, membasmi puluhan monster yang ada di area FATE hingga kuota tercapai, hingga mengumpulkan item. Saya menyarankan kamu memiliki party untuk menyelesaikan FATE meskipun kamu juga bisa menyelesaikannya sendirian. Selain FATE kamu juga bisa leveling dungeon melalui Duty Finder, dan lagi-lagi kamu harus memiliki party sendiri jika tidak mau menunggu antrian.

Gold Saucer yang di adaptasi dari FFVII yang bisa kamu kunjungi untuk bersenang-senang jika kamu jenuh leveling.
5 Alasan Kenapa Kamu Harus Memainkan Final Fantasy XIV: A Realm Reborn Online 7

 

Jangan sia-siakan konten FFXIV: ARR lainnya. Selain battle, kamu juga bisa menikmati konten FFXIV: ARR lain, salah satunya adalah Manderville Gold Saucer yang diambil dari FFVII, dimana Gold Saucer adalah Las Vegas-nya FFXIV: ARR. Kamu dapat bermain apapun di Gold Saucer, mulai dari balapan chocobo (chocobo racing), hingga permainan kartu Triple Triad yang diambil dari FFVIII dapat kamu nikmati disini. Selain Gold Saucer, kamu juga dapat mencoba Housing layaknya The Sims bersama seluruh anggota free company (guild)mu, dari membeli tanah, membangun rumah, hingga penempatan furnitur rumah.

Semua kegiatan yang saya sebutkan di atas belum termasuk moogle mail, chocobo breeding, perburuan harta karun, dan masih banyak lagi.

 

5. Sistem Job yang Unik

Job yang dapat kamu pakai dalam satu karakter (lihat kotak kuning)
5 Alasan Kenapa Kamu Harus Memainkan Final Fantasy XIV: A Realm Reborn Online 8

Jika MMORPG Korea yang biasa kamu mainkan membutuhkan satu job untuk tiap karakter, di FFXIV: ARR kamu dapat memiliki berbagai macam job untuk satu karakter saja. Kamu tidak perlu repot-repot membuat karakter lagi setelah job pertama sampai pada level cap dan punya equipment terkuat. Job di FFXIV dikategorikan menjadi dua, yang pertama adalah job yang didedikasikan untuk combat yaitu disciple of war dan disciple of magic, dan yang kedua didedikasikan untuk crafter dan collector yaitu disciple of hand dan disciple of land. Kamu dapat berganti job menjadi crafter untuk membuat barang dan menjualnya di tempat lelang jika kamu lelah leveling.

Game yang akan memasuki masa ekspansi bertajuk “Heavensward” ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang rindu komunitas yang solid dan sehat layaknya komunitas RO Indonesia yang dulu. Harga yang ditawarkan game ini-pun sebanding dengan apa yang kamu dapat. Jika kamu masih ragu apakah game ini pantas untuk kamu beli, kamu bisa mencoba trial-nya secara gratis selama 14 hari sebelum memutuskan untuk membelinya atau tidak.

Exit mobile version