5 Alasan Mengapa Panel Download IDM Tidak Muncul di Youtube

in ,

Internet Download Manager adalah salah satu Aplikasi wajib orang di era masa kini, dimana Aplikasi ini sangat mempermudah membantu aktifitas Download/Unduh File apapun secara cepat dan mudah, memang sangat membantu tetapi tidak jarang juga bikin NGELAG se Warnet atau Kantor jika kamu menggunakan Download File Besar menggunakan koneksi fasilitas bersama, karena memang IDM sifatnya menyedot Bandwidth sekitar dan difokuskan kedalam satu koneksi saat mendownload, jadi kadang Aplikasi ini bisa mengganggu pengguna lain jika digunakan secara tidak bijak.

Kebutuhan Tontonan pada masa kini mungkin adalah salah satu hal wajib. terutama jika kamu sangat hobi menghabiskan Me-Time dengan cara me Lockdown diri didalam kamarmu. Memang semua sudah dapat diakses secara Online, namun saya pikir ‘Stok’ Video tontonan Offline juga kudunya harus tetap ada dong didalam Hardisk agar tidak kebingungan kehabisan tontonan saat Internet sedang mati atau sedang pulang ke kampung halaman yang minim akses Internet.

Saya pribadi juga sangat gemar mengoleksi MV (Video Klip) atau Tontonan-tontonan Tutorial yang ada sebagai sarana belajar, kadang memang sengaja saya download agar nantinya tidak bingung dan dapat dibagikan ke orang terdekat jika ada keperluan yang serupa, atau sekedar koleksi aja agar tidak boros Quota saat sedang berada diluar rumah hehe.

Youtube menjadi salah satu sumber Video yang dapat dipanen kontenya, biarpun saya pribadi tidak tahu hal ini Legal atau tidak, namun praktek mendownload MV atau Video Konser hingga Video Edukasi di Youtube rasanya sudah menjadi hal yang biasa dilakukan, terutama menggunakan IDM.

Download MV Lewat Youtube

Dan kali ini untuk kamu yang mengalami masalah dalam penggunaan IDM saat mendownload di Youtube mungkin dapat mengikuti arahan list dibawah, karena hal ini masih banyak yang tidak mengetahuinya, sekiranya hal ini juga dapat kamu beritahukan kepada orang-0rang yang membutuhkan, lucunya hal ini sering terjadi karena hal sepele saja.

Apa sih yang membuat Fitur Download IDM tidak muncul di Youtube?


Extension/Plugin Belum Terpasang Pada Browser

Extension Chrome
Plugins Mozilla

Terkadang hal sepele satu ini menjadi hal yang fatal, cobalah kamu cek pada opsi Extension atau Plugin di Browsermu. Sama dengan gambar diatas, bahwa kamu harus memastikan bahwa kamu sudah mengaktifkan atau enable Add-ons IDM yang tercantum, jika sudah kami jamin IDM mu akan lancar jaya, tapi jangan lupa restart Browsermu kembali dengan cara menutup Browsermu dan buka kembali.


IDM Belum Diaktifkan

Ini juga lucu, IDM belum aktif namun sudah kebingungan, caranya mengetahui IDM mu aktif adalah mudah sekali, kamu hanya perlu melihat di tampilan kanan bawah dalam opsi ‘Hiden Icons’ pada PC atau Laptopmu seperti gambar diatas.

Cara mengaktifkanya mudah, kamu tinggal klik open pada Aplikasi IDM atau Shortcut IDM yang sudah kamu install, kalau sudah aktif barulah kamu dapat menyedot video di Youtube sepuasnya.


Belum Restart PC Setelah Install

Restart PC adalah salah satu syarat dalam penginstalan/pemasangan sebuah Aplikasi pada Komputer, dimana jika syarat tersebut belum kamu lakukan yang kadang Aplikasi tidak akan berjalan, maka dari itu setelah menginstal janganlah lupa untuk Restart PC, maka semua akan berjalan sesuai kemauan.


IDM Belum Diperbarui

Hal sepele satu lagi, Belum update ke versi terbaru memang kadang bukan sebagai masalah serius, namun sangat berbeda jika kamu tidak mengupdate Aplikasinya secara Setahun, kami yakin Aplikasi tersebut tidak akan berfungsi biarpun kamu beli secara Asli kalau setahun tidak di Update, karena Update adalah salah satu keharusan agar Aplikasi dapat berjalan secara lancar.


Aplikasimu Bajakan

Kamu capek mencari-cari Serial Key Activation IDM setiap beberapa bulan sekali? ayolah brott, mungkin sudah saatnya kamu membeli Aplikasi ini secara resmi hehehehehe.


Catatan

5 Hal diatas tentu saja bukan berlaku pada Youtube saja, namun juga pada Situs/Web lain yang ada Videonya, dimana IDM juga dapat mendownload segala Video dari manapun selama terdapat Panel Download diatas Videonya, karena itulah fungsi dari IDM itu sendiri.

Jadi bagi kamu juga yang kebingungan dan mendapati kesulitan menggunakan IDM untuk mendownload di Web lain dapat memperhatikan 5 hal diatas.

Semoga bermanfaat!


Sekian dan Sampai jumpa di tulisan-tulisan saya yang lain.

Leave a Reply

Avatar

Your email address will not be published.