Inilah 5 Aplikasi Pengganti Webcam Alternatif di Android!

Aplikasi Pengganti Webcam

Aplikasi Pengganti Webcam – Sejak memasuki masa pandemi di tahun 2020 kemarin, permintaan webcam di pasar komputer kian meningkat karena kebutuhan online meeting. Meskipun kondisi sekarang sudah kembali berangsur normal, tetap saja masih ada orang yang membutuhkan webcam, apalagi ketika kalian akan melakukan interview online.

Biasanya kualitas webcam di laptop sangat tidak membantu untuk mencapai kualitas gambar yang diinginkan. Apalagi laptop standar yang kualitas webcamnya hanya seadanya. Tetapi tidak sedikit juga orang mengeluarkan duit mereka untuk membeli perangkat webcam ini.

Ada salah satu alternatif untuk kalian yang membutuhkan gambar webcam yang bagus tetapi tak ingin menambah biaya tambahan lagi. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan smartphone android kalian menjadi webcam di laptop.

Apa Saja Aplikasi Pengganti Webcam yang Ada di Android?

Apa Aja Aplikasinya?

Kali ini penulis akan memberikan 5 aplikasi yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan kalian sebelum mengunduhnya. Apa saja aplikasinya? Langsung saja kita bahas.

1. DroidCam

DroidCam

Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan sebagai pengganti webcam. DroidCam menggunakan user interface yang simpel dan mudah dimengerti sehinga penggunanya tidak kebingungan.

Aplikasi ini memang gratis di android, tetapi ada batasan yang diberikan seperti limit maksimal volume mic dan iklan yang muncul. Tenang saja, iklannya sendiri menurut penulis sangat tidak mengangu pengalaman kalian selama mengunakanya.

Jika kalian senang dengan aplikasi ini maka tidak ada salahnya membeli versi pro nya dengan harga yang masih terjangkau. Tentu saja didalam versi pro ini tidak akan ada limit dan iklan yang menggangu sama sekali.

2. IP Webcam

IP Webcam

Selain dari DroidCam, ada juga aplikasi lainnya yang dapat menggantikan fungsi dari sebuah webcam yaitu IP Webcam. Aplikasi ini lebih ditujukan untuk kalian yang memiliki smartphone dengan spesifikasi rendah sehinga tidak memberatkan performa Android kalian ketika digunakan.

Sebenarnya IP Webcam ini lebih ditujukan untuk kebutuhan CCTV karena aplikasi ini juga bisa terhubung dengan aplikasi lain seperti tinycam Monitor atau MJPG Software. Tapi jika kebutuhan kalian hanya untuk webcam saja, maka aplikasi ini bisa masuk ke dalam pertimbangan kalian.

3. Camy

Camy

Aplikasi Camy ini bisa dikatakan sama seperti aplikasi IP Webcam yang ada di atas. Bedanya, Camy ini memiliki fitur yang lebih banyak dibandingkan dengan aplikasi sebelumnya. Minus dari Camy adalah untuk dapat menikmati fitur-fitur tersebut kalian harus mengupgradenya ke versi premium.

Apabila kalian sangat membutuhkan fitur-fitur yang disediakan oleh aplikasi Camy ini dan dipakai dalam jangka waktu yang panjang, tidak ada salahnya mencoba aplikasi webcam yang satu ini. Anggap saja ini investasi jangka panjang.

4. iVCam

iVCam

Selanjutnya adalah aplikasi bernama iVCam. Sama seperti DroidCam, aplikasi ini juga bisa dipakai untuk Android versi jadul atau dibawah android 10 kebawah. Keunggulan lainnya aplikasi yang satu ini adalah mampu mengangkat kualitas video kalian hingga ke resolusi gambar 4K.

Tapi tentu saja, untuk dapat meraih resolusi gambar 4K tersebut dibutuhkan juga smartphone yang mendukung resolusi tersebut. Jadi, jika kalian membutuhkan pengganti webcam dengan kualitas gambar yang bagus, aplikasi ini bisa menjadi salah satu pertimbangan kalian.

5. At Home Camera

At Home Camera

Dari namanya saja kalian pasti bertanya-tanya kenapa penulis memasukkan aplikasi ke daftar ini. Meskipun aplikasi ini paling banyak digunakan oleh para orang tua sebagai pengganti CCTV, tetapi tenang saja aplikasi ini bisa juga digunakan sebagai aplikasi pengganti webcam sebagaimana fungsinya.

Jika kalian niat, kalian bisa menggunakan 4 kamera smartphone sekaligus sebagai webcam tanpa harus upgrade ke versi premium. Namun kelemahan aplikasi ini adalah sulit digunakan karena aplikasi ini tidak dapat berjalan sepenuhnya pada background, sehingga kalian harus mengeluarkan aplikasi ini sendiri saat membersihkan multi task.

Apabila kalian tidak masalah dengan kelemahan aplikasi ini dan ingin mencoba eksperimen dengan 4 kamera smartphone sekaligus, tidak ada salahnya mencobanya brot!

Hal Penting yang Harus Diperhatikan

Fitur yang wajib diaktifkan jika menggunakan kabel USB

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan, apapun aplikasi yang kalian gunakan, pastikan kalian memiliki tripod untuk kamera smartphone kalian agar lebih mudah diposisikan. Selain itu, semua smartphone memiliki kapasitas baterai jadi kalian tidak bisa memakainya dalam waktu yang lama dan bisa membuat smartphone kalian menjadi cepat panas.

Jika kalian menggunakan kabel USB sebagai perantara konektivitas, jangan lupa untuk mengaktifkan USB Debugging dengan cara menekan bagian UI Version secara terus menerus yang kalian bisa cari di setting menu about phone. Selain dengan kabel USB, kalian bisa menggunakan jaringan wifi atau bluetooth sebagai media konektivitas.

Itulah 5 rekomendasi aplikasi pengganti webcam di Android. Apakah menurut kalian lebih memilih cara ini atau membeli perangkat webcam jauh lebih worth it? Silahkan sampaikan pendapat kalian di kolom komentar.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel keren lainnya dari Ifan Frans. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version