5 Aplikasi Pengganti WhatsApp Terbaik 2021

in , ,
Bbi2nbhntwgykfvqxlh237 1024 80
(Image credit: Shutterstock)

Aplikasi pengganti WhatsApp kini tengah banyak dicari oleh masyarakat, terlebih setelah mereka mengumumkan mengenai kebijakan baru terkait membagikan data pengguna kepada induk perusahaanya, yaitu Facebook.

Bagi sebagian besar pengguna yang menggunakan WhatsApp, mungkin merasa tidak nyaman terkait kebijakan WhatsApp mengenai pembagian data kepada Facebook. Sehingga, kini tengah mencari aplikasi pengganti WhatsApp(WA) untuk digunakan sebagai alternatif.

Oleh karena itu, kami akan memberikan beberapa daftar aplikasi perpesanan instan yang dapat menggantikan fungsi WhatsApp selama ini. Beberapa aplikasi perpesanan ini memiliki beberapa fitur yang bahkan WhatsApp tidak miliki.

Daftar 5 Aplikasi Pengganti WhatsApp Terbaik 2021:

1 Telegram

Telegram adalah salah satu aplikasi perpesanan pengganti WhatsApp yang bisa kamu gunakan saat ini. Aplikasi perpesanan ini memiliki beberapa fitur unggulan yang bahkan WhatsApp tidak miliki, sehingga kamu tidak perlu khawatir mengenai kemampuan dari aplikasi itu sendiri.

Selain fitur yang lebih baik dari WhatsApp, Telegram juga disebut memiliki tingkat keamanan yang lebih baik jika dibanding WhatsApp. Sama-sama menggunakan teknologi enkripsi data end-to-end, Telegram kini direkomendasikan oleh banyak pengguna.

2 Signal

Signal adalah sebuah aplikasi perpesanan yang dapat menggantikan fungsi dari WhatsApp rekomendasi kami. Aplikasi perpesanan ini memiliki fitur yang sama dengan WhatsApp, hal ini tidak dapat dipungkiri, sebab pendiri Signal dan WhatsApp adalah orang yang sama.

Dikembangkan pada 2018 lalu, Signal dikembangkan oleh Signal Foundation. Aplikasi ini, selain memiliki fitur yang sama dengan WhatsApp juga telah dilengkapi dengan teknologi enkripsi yang lebih baik. Menurut informasi, Aplikasi ini tidak mengumpulkan data dari para penggunanya sama sekali.

3 BBM Enterprise

BBM Enterpise adalah sebuah aplikasi perpesanan dari BBM yang dikembangkan oleh BBM Limited. Aplikasi ini merupakan aplikasi perpesanan yang dapat kamu gunakan untuk menggantikan fungsi WhatsApp itu sendiri.

Dikembangkan oleh BBM Limited, aplikasi ini diklaim memiliki tingkat keamanan yang yang melindungi privasi dari para penggunanya. Sedikit berbeda dari aplikasi lain, BBM Enterprise tidaklah gratis, mereka mematok harga sebesar Rp 37 ribu setiap 6 bulan sekali.

4 Viber

Viber adalah aplikasi perpesanan dan VoIP populer yang sangat bersaing dengan WhatsApp dalam hal fitur. Pertama, aplikasi ini menawarkan enkripsi end-to-end dalam panggilan, pesan, dan sharing media.

Selain itu, pesan yang disimpan di beberapa perangkat juga dienkripsi, yang membawa kita pada fakta bahwa paket aplikasi perpesanan dalam dukungan multi-platform yang tidak dimiliki WhatsApp. Aplikasi ini juga memiiki fitur unggulan lain yang WhatsApp sendiri tidak punya, yaitu fitur panggilan internasional untuk non pengguna aplikasi(berbayar).

5 Threema

Threema adalah aplikasi perpesanan yang “sangat aman”, yang akan menarik minat Anda jika Anda mengkhawatirkan keamanan Anda di WhatsApp. Aplikasi ini mengenkripsi semua data, termasuk pesan, file bersama, dan bahkan pembaruan status. Meskipun tidak memiliki fitur WhatsApp seperti panggilan suara & video, fitur keamanannya tentu saja mengesankan.

Bersama dengan enkripsi ujung-ke-ujung dalam aplikasi, aplikasi juga tidak mengumpulkan metadata dan menawarkan berbagai opsi cadangan terenkripsi. Threema adalah aplikasi open-source dan memiliki kebijakan privasi yang sangat transparan, jadi keamanan Anda ada di tangan yang aman saat Anda menggunakan aplikasi ini.

Jadi, itu adalah 5 aplikasi pengganti WhatsApp yang bisa kamu gunakan apabila kamu takut mengenai data-data pribadi kamu di WhatsApp.

 

Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki

For tech news, tech review, and press release, please contact me at: [email protected]

Rizki Arif Priyanto Nugroho

Written by Rizki Arif Priyanto Nugroho

Seseorang yang mencoba untuk mengamati tentang perkembangan teknologi dan pecinta ponsel pintar berbasis Android, for more information contact : [email protected]