5 Aplikasi untuk Kembalikan File yang Tidak Sengaja Kehapus!

in ,
Aplikasi Kembalikan File Yang Kehapus
Aplikasi Kembalikan File Yang Kehapus

Tidak ada yang perfect di dunia ini, setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. Karena itulah tidak mengherankan jika kalian tak sengaja menghapus file yang sebenarnya kalian butuhkan. Jika kalian adalah orang yang teledor, sama seperti penulis, berikut penulis akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa digunakan untuk mengembalikan file – file yang tidak sengaja kehapus di HP Android kalian

Note: Penulis membuat daftar aplikasi ini, karena beberapa saat yang lalu ada teman penulis yang tak sengaja menghapus file foto mereka.


1. Dumpster

Screenshot 36


Aplikasi ini mirip dengan Recycle bin yang terdapat secara default pada saat menginstall windows 10 kalian. Aplikasi ini tersedia untuk pengguna android ataupun aplikasi tersebut akan menampung file – file yang tidak sengaja kalian hapus dan mencegah agar file terhapus secara permanent. File seperti Foto, video serta dokumen yang ada di Android kalian bisa kalian restore kembali untuk digunakan kembali kedepannya.

2. DiskDigger

Screenshot 37


DiskDigger kerap digunakan untuk mengembalikan foto ataupun gambar yang telah kalian hapus di memory card ataupun memori penyimpanan internal smartphone kalian. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengembalikan data gambar yang kalian inginkan dan menguploadnya secara langsung di Google Drive, Dropbox, ataupun send melalui email setelah menggunakan aplikasi tersebut. Sayangnya, pengembalian gambar mungkin tidak terlalu jelas tergantung dari seberapa lama kalian telah menghapus file yang ada.

3. RecycleMaster


Meski memiliki rating yang cukup jelek, aplikasi ini cukup berguna untuk kalian yang teledor, sayangnya Aplikasi ini lebih cocok dibilang sebagai Backup apps yang berguna setelah aplikasi ini terinstall, pengguna harus menginstall aplikasi ini terlebih dahulu, dan kemudian aplikasi ini bisa berguna untuk mengembalikan file – file yang terhapus, seperti foto, dokumen dan masih banyak lagi!

4. Undelete


Dengan menggunakan aplikasi undelete ini kalian bisa mengescan dan mendapatkan kembali file yang tidak sengaja kehapus. Penggunanya bisa secara langsung melihat kembali file – file yang secara tak langsung tersembunyi di beberapa file yang tidak terlihat, dan menampilkannya kembali sebagai gambar di galery mu. Aplikasi ini bekerja cukup benar, sayangnya kualitas gambar yang diterima mungkin akan berkurang dibandingkan dengan sebelum terhapus.

5. File Recovery

Screenshot 42


File Recoery adalah aplikasi yang bisa membantumu menemukan file – file yng telah terhapus sebelumnya. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, kalian bisa mendapatkan kemungkinan untuk merestore file yang tidak sengaja kehapus hanya dengan waktu singkat. Tidak perlu menggunakan root, kalian hanya perlu menyecan file yang ada di HP mu dan merestore file, foto,  dan video yang ingin kalian balikan kembali.


Aplikasi yang baru disebutkan diatas merupakan aplikasi untuk kembalikan file yang tidak sengaja kehapus. Aplikasi diatas merupakan aplikasi yang memberikan kemungkinan untuk mengembalikan file yang telah terhapus. Aplikasi ini tidak bisa bekerja 100% untuk mengembalikan file yang hilang hal ini dikarenakan tiap file disimpan selama beberapa waktu saja sebelum terhapus secara permanen. Sehingga file yang sudah terlalu tua, mungkin tidak akan terlihat kembali di aplikasi yang baru disebutkan diatas. Namun pengguna masih bisa mencoba.

Beberapa aplikasi diatas juga memerlukan penggunanya untuk menginstall file diatas sebelum bisa digunakan 100%. Bertujuan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi bukan untuk menjadi solusi untuk hal yang telah terjadi. Namun, ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk menjadi solusi seperti “File Recovery”, dan “Disk Digger”.

Semoga saja 5 aplikasi ini bisa membantu kalian dalam mengembalikan file – file yang telah terhapus.


Baca lagi artikel menarik lainnya dari penulis kita Jay, dan artikel lain seputaran game Mobile! Tertarik melakukan kerjasama? Kontak kita di [email protected]

Avatar

Written by Jay