5 Atlet Esport Indonesia dengan Pendapatan Tertinggi ditahun 2018


Tahun 2018 menjadi tahun terbaik bagi dunia esport di Indonesia dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Karena ditahun 2018 ini esport dipertandingkan dalam Asian Games 2018 yang diadakan di Indonesia. Beragam game online semakin menujukan eksistensinya dan semakin dikenal oleh masyarakat bahwa game dapat dijadikan sebagai cabang olahraga.

Nulis artikel dibayar

Selain itu nama-nama atlet esport Indonesia juga semakin bermunculan dan berani go internasional. Jika sebelumnya mereka hanya seperti katak dalam tempurung karena hanya berani berkiprah di Indonesia saja. Pendapatan dari turnamen-turnamen internasional tentunya lebih banyak dibanding dengan turnamen lokal Indonesia.

Lantas siapa sajakah atlet esport Indonesia yang mempunyai pendapatan tertinggi dari turnamen selama 2018 ini? Berikut daftarnya:


5. Novan “nexok40” Kristianto – $16.600 (sekitar 234 Juta Rupiah)

Novan Kristianto atau lebih dikenal sebagai nexok40 adalah salah satu pemain profesional Hearthstone papan atas di Indonesia. Nama nexok40 melau mengeliat naik daun sejak tahun 2016 silam. Namun dia baru go internasional dan mengikuti ajang bergengsi Hearthstone pada tahun 2017.

Ditahun 2018 ini nexok40 bersama Jothree, DouAhou, dan Rezdan mewakili tim Indonesia untuk berlaga diajang Hearthstone Global Games 2018 dan berhasil masuk top 25 dari 48 negara yang mengikuti turnamen tersebut. Selain itu nexok40 dan kawan-kawan juga sukses mengkantongi uang sebesar 1.100 dolar Amerika.

Hal yang membedakan nexok40 dari pemain Hearthstone Indonesia lainnya adalah karena dia satu-satunya pemain asal Indonesia yang menembus main event WESG yang dilaksanakan awal tahun 2018 kemarin. Bahkan nexok40 berhasil melaju hingga babak perempat final dan mendapatkan total hadiah 8.000 dolar Amerika sendirian.

BACA JUGA  Hearthstone Terbitkan Ekspansi Terbarunya Descent of Dragons, Meta Dragon akan Kembali

4. Kenny “Xepher” Deo – $34.805 (sekitar 487 Juta Rupiah)

Kenny Deo adalah salah satu pemain Dota 2 veteran di Indonesia. Namanya sudah muncul dipermukaan sejak tahun 2014 saat bergabung dengan tim Zero Latitude. Kemampuannya dalam bermain hero-hero Dota 2 juga tidak perlu diragukan lagi. Xepher sempat berganti role didalam tim yang dulunya sebagai offlaner kini lebih dipercaya tampil menjadi seorang support.

Xepher mulai menunjukan taringnya setelah keluar dari Req Regum Qeon dan bergabung bersama InYourDream bermain untuk TNC Tigers. Setelah itu Xepher berhasil menembus turnamen-turnamen besar kelas Internasional dan bahkan berhasil menjuarai DreamLeague Season 10 bersama Tigers.


3. Muhammad “inYourdreaM” Rizky – $37.253 (sekitar 521 Juta Rupiah)

Para pemain Dota 2 Indonesia pasti tahu dengan pemain yang mempunyai nick inYourdreaM. Dia Muhammad Rizky merupakan pemain yang berhasil menembus peringkat satu MMR di server Asia Tenggara. Padahal server Asia Tenggara merupakan server Dota 2 tersulit karena pemainnya yang individualis dan toxic.

Meskipun begitu inYourdreaM masih terbilang baru dikancah profesional Dota 2. Dia sebelumnya bermain untuk Boom ID. Namun karena skill yang terbilang jago banyak tim luar negeri menginginkan jasanya untuk posisi midlane. Fnatic sempat meminjam jasa pemain satu ini untuk posisi AD Carry. Namun hal tersebut tidak berlangsung lama.

BACA JUGA  Diban dari Twitch Lagi, Streamer CSGO Terkenal S1mple Pertimbangkan untuk Keluar dari Twitch

Setelah itu inYourdreaM memilih untuk bergabung bersama Theeban “1437” Siva kedalam tim TNC Tigers yang sekarang menjadi Tigers. inYourdreaM merupakan aktor kunci yang membawa Tigers menjuarai DreamLeague Season 10 dan meloloskan tim tersebut ke Kuala Lumpur Major 2018 kemarin.


2. Hansel “BnTeT” Ferdinand – $57.161 (800 Juta Rupiah)

Hansel “BnTeT” Ferdinand adalah salah satu pemain veteran Indonesia didunia Counter Strike Global Offensive. BnTeT sudah berkiprah diajang profesional CSGO semenjak tahun 2013 lalu bersama Team nxl. Namun performa timnya sering naik turun dan hanya mampu bersaing di level Indonesia dan Asia Tenggara saja.

Setelah itu BnTeT bergonta ganti tim mengarungi pertarungan di dunia CSGO. Jakarta Juggernauts, Fortius Gaming, dan Recca Esports pernah memakai jasa pemain satu ini. Namun sama seperti sebelumnya performa timnya sering kali fluktuatif dan tidak konsisten.

Hingga akhirnya pada awal tahun 2018 TyLoo merekrut BnTeT kedalam rostero timnya. TyLoo sendiri merupakan tim papan atas di Tiongkok. Bersama TyLoo, BnTeT berhasil mebawa tim tersebut menjadi tim papan atas tak sekedar di level Asia namun juga level dunia CSGO.


1. Kevin “xccurate” Susanto – $59.961 (sekitar 840 Juta Rupiah)

Kevin Susanto atau xccurate adalah salah satu atlet esport kebanggaan Indonesia. Xccurate adalah pemain Counter Strike Global Offensive dan sudah berkiprah diajang profesional CSGO dari tahun 2015 silam. Saat itu dia masih bermain bersama tim Jakarta Juggernauts. Setahun kemudia dia bergabung bersama tim barunya Recca Esports.

BACA JUGA  Hasil 2 Kali Kalah dan 1 Kali Seri, Timnas Dota 2 Indonesia Jadi Juru Kunci Grup B di SEA Games 2019

Bersama tim barunya tersebut kemampuan xccurate mulai terlihat. Selama dua tahun xccurate berhasil menjadikan Recca Esports sebagai tim papan atas CSGO dilevel Asia Tenggara atau bahkan Asia. Kemudia pada awal tahun ini xccurate direkrut oleh tim Tiongkok TyLoo.

Hal tersebut membuat TyLoo menjadi tim yang disegani di dunia CSGO. Turnamen-turnamen kelas atas Internasional berhasil mereka tembus. Salah satunya adalah FACEIT Major: London 2018 dan StarSeries & i-League CS:GO Season 6 dimana mereka berhasil menembus 14 besar.

Itulah tadi daftar pemain-pemain atau atlet esport Indonesia yang memiliki pendapatan tertinggi. Pendapatan tersebut adalah murni dari hasil hadiah kemenangan dari turnamen dan sudah dibagi dengan semua anggota tim. Pendapatan tersebut tidak termasuk gaji pemain ataupun uang dari sponsor.

Semoga saja atlet-atlet esport Indonesia lainnya nantinya semakin bermunculan dan go International sekalgius membanggakan nama Indonesia di pentas dunia.


Baca juga artikel terbaru lainnya terkait Esport atau artikel-artikel menarik lainnya dari Roni Istianto.

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item