5 Command Minecraft yang Wajib Kamu Ketahui

in , ,

Command atau perintah merupakan suatu hal dalam Minecraft  yang harus di ketahui bagi pemainnya. Command di Minecraft sama juga berarti cheat. Command ini dapat di akses dengan menulis tanda “/” pada tiap kalimat command yang akan di tulis lalu tekan “enter” untuk mengakhiri. Seperti hal nya cheat, command juga memiliki beberapa fungsi atau efek yang ditimbulkan jika kita mengaktifkannya.

Baca juga: Cara Mudah Download Minecraft Java Edition

Agar kalian bisa menggunakan command di Minecraft, kalian harus setting world terlebih dahulu sebelum memulai game nya. Seperti gambar berikut:

Screenshot 18

Screenshot 19

Jika kalian lupa mengaktifkan Allow Cheats pada saat membuat world, kalian masih bisa mengaktifkan nya dengan klik esc” untuk membuka menu setting, lalu klik Open To LAN, lalu aktifkan Allow Cheats, kemudian klik Start LAN World. Dan kalian sudah bisa memakai cheats atau command pada world kalian. Untuk lebih jelas nya lihat gambar dibawah:

Screenshot 20

Sebenarnya command di Minecraft ini banyak. Namun yang akan saya sebutkan disni hanyalah beberapa saja yang perlu diketahui atau yang wajib nya saja dan yang pasti sering di pakai di Minecraft. Apa saja itu langsung saja let’s go cekitbrott!

1. Waktu

Di Minecraft kalian bisa mengatur waktu sesuka hati. Berikut command nya:
/time set day (mengatur waktu ke siang hari)
/time set night (mengatur waktu ke malam hari)

2. Cuaca

Di Minecraft kalian juga bisa mengatur cuaca entah itu hujan, petir atau cerah. Berikut command nya:
/weather rain (mengatur cuaca hujan)
/weather thunder (mengatur cuaca petir/badai)
/weather clear (mengatur cuaca ke normal/cerah. Karena cuaca default Minecraft memang cerah)

3. Menghapus Inventory

Jika kalian merasa inventory kalian penuh saat bermain mode creative, kalian bisa menghapus semua nya dengan instan tanpa harus mengklik satu persatu item. Berikut command nya:
/clear

4. Mengubah Mode Game

Di Minecraft kalian juga bisa mengubah mode game tanpa harus setting dari luar lagi. Entah itu ingin ubah ke creative, survival, atau mode spectator (PC). Kalau langsung menuju ke mode hardcore kayanya tidak bisa deh. Dan berikut command nya:
/gamemode 0 (mengubah ke mode survival. Itu angka nol ya, bukan huruf o)
/gamemode 1 (mengubah ke mode creative)
/gamemode 2 (mengubah ke mode adventure. Mungkin ini ya mode hardcore, tapi saya tidak tau pasti karna belum coba)
/gamemode 3 (mengubah ke mode spectator atau penonton. Pada mode ini pemain bisa tembus melewati blok blok)

5. Spawn Command Block

Command Block merupakan block yang tidak ada di inventory dan hanya bisa dimunculkan atau didapatkan dengan command. Command Block ini juga termasuk block yang unik, karena dengan nya kita bisa memasukkan command kedalam block ini yang bisa berfungsi sebagai inti untuk membuat mesin teleportasi, mesin waktu, pintu kemana saja, dan lain – lain. Sejauh ini yang saya tau command block hanya tersedia di Minecraft Java Edition. Untuk versi lain saya kurang tau. Berikut command untuk mendapatkan command block:
/give <username kalian di Minecraft> command_block

Screenshot 21

Screenshot 22

Nah mungkin segitu saja dulu post saya kali ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam pengetikan atau penyampaian. Dan terimakasih sudah membaca ?

#budayakanmembaca


Artikel ini adalah salah satu tulisan dari kontributor yang sebelumnya diterbitkan di Gamebrott Community.

For any further collaboration, Contact me at [email protected]

Andi Permana

Written by Andi Permana

I am thou... Thou art I...