5 Cutscene Rahasia dalam Video Game yang Paling Unik dan Menarik

D9kkev9 9c20f650 53d6 497e 8747 12e8f8cea836 1

By UnitySpectre on DevianArt

Awalnya, pembuatan video game mungkin hanya ditujukan untuk berfokus pada aspek gameplaynya saja. Namun, seiring perkembangannya, beberapa developer game pun berinovasi dengan memasukan sebuah cerita dengan tujuan untuk menampilkan sesuatu yang unik dan baru sembari memberikan skenario yang lebih jelas.

Hal tersebut pun terus berkembang, hingga sejumlah game modern saat ini umumnya memiliki cerita sebagai salah satu aspek utamanya. Beberapa bagian cerita biasanya ditampilkan melalui adegan khusus bernama cutscene yang berisi penjelasan skenario yang disajikan layaknya sebuah film.

Keunikan dari segmen cutscene dalam video game adalah adanya beberapa adegan rahasia yang hanya dapat diakses melalui cara-cara tertentu. Sebagian cutscene tersebut umumnya memang tidak terlalu berpengaruh terhadap cerita utamanya (biasanya hanya sebagai easter eggs). Namun, sebagian lainnya justru memiliki poin yang penting terhadap narasi utamanya hingga dapat berpengaruh terhadap keselurahan jalan cerita. Sebagai contohnya, berikut 5 cutscene rahasia dalam video game beserta penjelasan cara mendapatkannya.

Peringatkan! Beberapa list berikut mengandung Spoiler!

1. Far Cry 4 – Secret Ending

Seri Far Cry memang memiliki ciri khas dunia open world yang luas dengan bermacam-macam konten unik didalamnya. Salah satu alasan developer menyajikan map yang luas adalah supaya game dapat dimainkan dalam waktu yang lama tanpa merasa bosan. Namun, siapa sangka bahwa di salah satu serinya yaitu Far Cry 4 dapat diselesaikan hanya dalam hitungan menit?

Pada bagian prolog game, nantinya pemain akan diajak ke ruang makan dan diperintahkan untuk menunggu disana. Tentunya, saat pertama kali bermain, pastinya pemain akan langsung berjalan untuk mencari jalan keluar.

Namun, apabila kalian menunggu diam selama 15 menit, nantinya akan muncul adegan cutscene dimana sang karakter utama yaitu Ajay Ghale akan diantarkan ke tempat untuk meletakan abu mendiang ibunya oleh sang antagonis yaitu Pagan Min. Sesudah abu sudah diletakan, permainan pun akan selesai dan langsung menuju bagian credit.

2. Batman Arkham Knight – Full Knightfall Protocol

Batman Arkham Series dapat dikatakan sebagai seri game superhero terbaik sepanjang masa. Tak hanya dari aspek gameplaynya saja, game karya Rocksteady tersebut juga diapresiasi berkat jalan ceritanya yang epik.

Salah satu contohnya seperti Batman Arkham Knight yang memberikan pengalaman cerita yang fantastis. Terutama pada bagian ending dimana nantinya identitas asli dari Batman akan disebarkan ke seluruh dunia oleh Scarecrow. Hal tersebut membuat Batman terpaksa untuk menjalankan “Knightfall Protocol” yang merupakan rencana terakhir untuk menghancurkan Wayne Manor termasuk sang Batman sendiri demi melindungi kota Gotham.

Namun, ending akan sedikit berbeda apabila pemain menyelesaikan game hingga 100%. Dimana nantinya akan ada cutscene tambahan yang menjelaskan apa yang terjadi setelah kejadian Knightfall Protocol. Untuk mendapatkan ending ini, pemain harus menyelesaikan semua misi sampingan dan menangkap seluruh musuh kedalam penjara. Apabila sudah berhasil, maka ending ini akan muncul di akhir game.

3. God of War (2018) – Thor

God of War merupakan salah satu seri game eksklusif dari Sony yang cukup populer. Latar settingnya yang unik serta sajian gameplay dan ceritanya yang menarik sering kali mendapat resepsi yang baik dari para kritikus maupun gamer secara umum.

Namun, pada game terakhirnya, sepertinya Santa Monica Studios selaku developer ingin sedikit mengubah tema dari game terdahulunya. Dimana sang karakter utama yaitu Kratos tak lagi bertarung melawan dewa dari mitologi Yunani namun kini berpindah ke legenda dari Norwegia.

Berbicara tentang mitologi Norwegia pastinya tidak asing lagi dengan karakter Thor. Salah satu dewa terkuat yang memiliki senjata palu berama Mjolnir yang ikonis. Di sepanjang game, karakter Thor memang belum menampilkan wujudnya lantaran cerita lebih terfokus ke Atreus, anak dari Kratos. Namun, di akhir game apabila pemain kembali ke rumah, nantinya akan muncul adegan tambahan dimana karakter yang ditunggu-tunggu yaitu Thor akhirnya menampakan dirinya bersamaan dengan senjata palunya yang ikonis.

2. Metal Gear Solid V – Happy Birthday

Selain gameplaynya, seri Metal Gear Solid juga dikenal melalui cutscene nya yang unik dan berbeda. Hal tersebut karena dalam sejumlah skenario akan ditampilkan beberapa adegan komedi yang “nyeleneh”, bahkan saat momen-momen yang serius. Meskipun terdengar aneh, namun hal tersebut justru yang membuat game menjadi populer di kalangan para gamer.

Salah satu contohnya yaitu dalam game Metal Gear Solid V: The Phantom Pain dimana terdapat cutscene yang hanya terjadi pada tanggal tertentu. Pada awal game, nantinya pemain diharuskan untuk memasukan informasi tanggal lahir. Tanggal tersebut memang tidak ada hubungannya dengan cerita utama. Namun, apabila pemain bermain di tanggal tersebut, nantinya akan muncul cutscene dimana karakter Big Boss mendapat kejutan ulang tahun dari anggota Diamond Dogs.

1. Silent Hill 2 – Dog Ending

Meskipun Silent Hill 2 sering kali dinobatkan sebagai salah satu game dengan genre psychological horror terbaik sepanjang masa. Hal tersebut tidak menghentikannya untuk menambahkan beberapa adegan yang terkesan konyol, contohnya seperti adegan Dog Ending yang tak hanya lucu namun juga menjadi salah satu ending game yang paling ikonis.

Untuk mendapatkan ending ini, pemain harus sudah menyelesaikan 3 ending lainnya yaitu In Leave, In Water dan Maria Ending. Apabila sudah berhasil mendapatkan ketiganya, pemain dapat mengakses sebuah kunci bernama Dog Key yang dapat diperoleh di lokasi Rosewater park.

Setelah mendapatkan kunci, pemain dapat mengunjungi Lakeview Hotel, tepatnya ke lantai 3 di Observation Room. Nantinya sebuah Cutscene akan tampil yang menjelaskan bahwa seluruh tragedi yang terjadi di sepanjang game dikendalikan oleh seekor anjing. Setelahnya, akan muncul credit yang dengan iringan sebuah musik yang terkesan “menyeleneh”.


Itulah beberapa cutscene rahasia yang unik dalam video game. Sejumlah cutscene tersebut juga memang memiliki tujuan yang bermacam-macam. Ada yang mungkin untuk memperdalam cerita atau mungkin hanya sekedar untuk “lucu-lucuan” saja sebagai hadiah bagi pemain yang telah berhasil menemukannya. Namun, tentunya hal ini juga menimbulkan pertanyaan apakah ada game lainnya yang memiliki cutscene tersembunyi dan masih menunggu untuk ditemukan? Untuk itu, kita tunggu saja kedepannya.


Baca juga artikel-artikel serta berita terkini lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version