5 Engine yang Bisa Kamu Pakai Gratis untuk Bikin Game

in ,

Kamu mungkin punya ide-ide untuk menghasilkan sebuah video game yang keren dan bisa dinikmati banyak orang. Namun, merealisasikan ide-ide game menjadi produk nyata tersebut tentu memiliki proses yang tidak mudah dan seringkali memakan waktu yang cukup lama. Dimana hal ini seringkali membuat kita juga bingung harus mulai dari mana.

Sebelumnya saya telah memberikan sedikit saran dan insight apa-apa saja yang sejatinya baik untuk dilakukan ketika ingin membuat video game. Salah satunya adalah mencari engine pembuatan game yang bisa digunakan sekaligus sebagai medium pembelajaran.

Maka dari itu, berikut ini beberapa engine pembuatan game yang tentunya bisa kamu pakai secara gratis.

1. Solar2D

Solar2d
Interface Solar2D

Sebelumnya bernama Corona SDK. Solar2D merupakan engine yang difokuskan untuk pengembangan game 2D. Sering dimanfaatkan oleh berbagai developer untuk membuat rapid prototyping hingga pengembangan cross-platform.

Solar2D juga terbilang engine yang cukup user-friendly, serta miliki komunitas aktif yang senantiasa menuntun jiwa-jiwa yang tertarik belajar pemrograman dalam lingkup video game. Solar2D juga miliki marketplace maupun jasa penerbitan jika kamu ingin mempromosikan dan menjual game yang kamu buat.

Link: Solar2D

2. Defold

Defold
Interface Defold

Masih berbicara soal engine yang difokuskan untuk pengembangan game 2D, Defold dimarketingkan sebagai engine yang terbaik dalam menghadirkan game browser dan mobile. Defold juga miliki fitur seperti Version Control dan Team Management untuk memudahkan proses pengembangan.

Defold menghadirkan rangkaian tutorial yang terbilang cukup mudah diikuti, dimana kamu akan belajar hal-hal dasar hingga menengah, seperti membuat game platformer dari awal. Lebih dari 40.000 developer yang aktif dalam komunitasnya juga senantiasa membantumu lewat forum Defold.

Link: Defold

3. Godot

Godot
Interface Godot

Walau memang banyak digunakan untuk pengembangan game 2D, Godot juga kerap digunakan untuk pengembangan game 3D, terutama semenjak muncul versi 3.0 yang menghadirkan berbagai fitur baru yang mampu menyaingi engine yang lebih modern.

Godot juga sering dibilang sebagai engine dengan sistem scene dan node terbaik, dimana dapat membantumu menghadirkan rangkaian kode pemrograman yang lebih terorganisir. Terdapat juga tools untuk membuat animasi dan scripting editor yang mempermudah proses pembuatan game.

Link: Godot

4. Armory

Armory
Interface Armory

Armory merupakan salah satu pilihan terbaik jika ingin menghadirkan game 3D. Memiliki intergrasi penuh dengan software Blender, dimana kamu juga dapat belajar membuat aset-aset 3D dan mengimportnya dengan mudah ke dalam Armory.

Walau memang mengembangkan game dalam Armory terbilang membutuhkan pengetahuan pemrograman lebih, integrasinya dengan Blender yang penuh dengan aset-aset 3D yang open-source mungkin akan meringankan sedikit pengerjaan aspek visual dalam game yang kamu buat.

Link: Armory

5. GameSalad

Gamesalad
Interface GameSalad

Jika kamu benar-benar ingin belajar pemrograman dalam lingkup video game dari nol, maka GameSalad bisa jadi alternatifnya. Kamu yang tidak memiliki pengetahuan akan coding akan benar-benar dituntun dari dalam engine satu ini, salah satunya seperti prinsip dasar behaviours.

Perlu diketahui bahwa GameSalad sendiri merupakan engine yang simpel dan difokuskan untuk medium pembelajaran. Sehingga kamu yang miliki ide game dengan mekanisme kompleks mungkin sulit terealisasikan dengan engine ini.

Link: GameSalad

Bonus: Unity & Unreal Engine 4

Unreal Engine 4
Interface Unreal Engine 4

Siapa sih yang nggak kenal sama dua engine yang pastinya sering kamu lihat di banyak splash screen game-game zaman now ini? Unity dan Unreal Engine 4 bisa dibilang merupakan engine yang digunakan oleh berbagai developer, mulai dari yang kecil hingga developer-developer besar yang tiap tahun menghadirkan game AAA.

Komunitas yang sangat aktif serta begitu banyaknya aset-aset open-source yang bisa kamu manfaatkan juga tentunya menjadi engine yang bisa digunakan untuk kamu yang baru belajar. Walau memang membuat game di kedua engine ini gratis, kamu perlu membeli lisensi jika ingin menjual atau telah mendapatkan sejumlah keuntungan tertentu dari gamenya.

Link: Unity | Unreal Engine 4

Itulah beberapa engine pembuatan game yang bisa kamu manfaatkan secara gratis, terutama jika baru pertama kali terjun ke dalam dunia pembuatan video game. Kalo kamu tahu engine lainnya yang tidak kalah bagusnya dengan apa yang saya list di atas, kasih tahu langsung aja di kolom komentar ya!


Baca juga informasi menarik lainnya terkait game Baldur’s Gate 3 atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Andy Julianto

Written by Andy Julianto

Sesosok alien yang gemar berkelana menjelajahi segmentasi game-game RPG dan Indie. Cukup aktif dalam berpetualang di game MMO Guild Wars 2, dan saat ini masih berusaha menyelesaikan game Persona 5 ditengah-tengah kesibukan mengerjakan skripsi #Prioritas. You can contact me via [email protected]