5 Fakta Kuyhaa Situs Software Bajakan Indonesia yang Buat Candu Netizen

fakta kuyhaa situs software bajakan

Fakta Kuyhaa – Pembajakan software di Indonesia terus menjadi isu yang belum mendapat perhatian yang semestinya hingga saat ini. Praktik penggunaan software ilegal atau perangkat bajakan di PC dan Laptop sudah bukan hal yang aneh lagi di Indonesia. Salah satu contoh situs yang populer dalam menyediakan software bajakan di Indonesia adalah Kuyhaa.

Umumnya, situs-situs ini melakukan pembajakan terhadap berbagai jenis software, mulai dari pemutar musik hingga Operating System (OS) atau Sistem Operasi yang berfungsi sebagai pusat pengendalian komputer. Mereka melakukannya tanpa mempertimbangkan risiko keamanan data yang mungkin terancam atau dampak kerugian yang dapat timbul.

Fakta Kuyhaa sebagai Situs Software Bajakan Populer di Indonesia

Dilansir dari Pikiran-Rakyat.comDEPUTI Fasilitasi HKI dan Regulasi Bekraf Ari Juliano Gema, menyebut bahwa kerugian yang ditimbulkan akibat pembajakan di seluruh Indonesia diperkirakan mencapai angka 100 Triliun per tahun.

Inilah 5 fakta Kuyhaa sebagai salah satu situs software bajakan populer di Indonesia yang buat candu netizen!

1. Kuyhaa Terpaksa Ganti Domain Akibat Kominfo

Meski memiliki  lembaga yang bertanggung jawab terhadap pembajakan seperti DKJI, namun belum ada yang lebih efektif dibandingkan Menkominfo kala itu. Menkominfo selaku kementrian yang mengatur bagaimana kita berinteraksi serta berbagi informasi di dunia Internet, nampaknya menganggap bahwa situs tersebut kala itu adalah website yang berbahaya bagi khal layak publik.

Pada tahun 2017 tepatnya pertengahan September, situs ini nyaris tak bisa di akses oleh kebanyakan provider Internet di Indonesia. Dengan bertuliskan larangan masuk berupa internet Positif, Kominfo membatasi website tersebut dengan mayoritas penikmatnya. Hal tersebut memaksa pemilik dari situsnya harus berganti domain. Pengorbanan tersebut tentu melibatkan biaya yang tak gratis tentunya.

Situs software bajakan yang populer di Indonesia ini sendiri bisa dibilang merupakan salah satu penyedia situs software bajakan yang cenderung terbuka dengan audiensnya. Mulai dari narasi cerita yang kerap ia suarakan di situs miliknya, hingga grup facebook tertutup untuk berdiskusi dengan para audiensnya secara pribadi menggunakan akun facebooknya. Dibandingkan Ova ataupun Bagas, situs ini nampaknya tak berusaha menutupi jejak-jejaknya.

2. Menyediakan Tutorial Solusi yang Membantu

Ketika berbicara mengenai tempat download software bajakan mungkin kebanyakan situs akan berfokus pada menyediakan software terlengkap dan tercepat. Namun nampaknya hal yang berbeda justru ditunjukan oleh pemilik situsnya itu sendiri. Selain menyediakan software-software ilegal, website tersebut juga menyediakan tutorial untuk membantu pengguna PC dan juga Laptop, mulai dari tips blogging hingga cara mendiagnosa masalah di komputer milik mereka.

Perlu dinotice juga bahwa situs bajakan software ini juga memperjual belikan lisensi Windows yang mereka claim sebagai original. Dengan harga yang terbilang sangat murah, jika dibandingkan dengan harga retail aslinya, kalian tak perlu lagi repot-repot untuk mengaktivasi. Meski begitu kami belum bisa memastikan versi seperti apa yang dijual oleh website tersebut.

3. Kapan Situs Kuyhaa Dibentuk?

Kapan Situs Dibentuk?

Website satu ini mungkin bisa dibilang menjadi salah satu situs software bajakan tua yang masih eksis hingga saat ini. Website ini sendiri sekarang baru terdaftar domainnya pada tahun 2017 lalu, hal tersebut juga dikonfirmasi oleh website-nya sendiri melalui fanspage resminya di tahun 2017.

Meski begitu situs pembajakan website Kuyhaa pada domain sebelumnya lahir pada tahun 2012. Domain asli website diperkirakan bertahan selama 5 tahun hingga akhirnya harus masuk kedalam blacklist Kominfo.

4. Traffic yang Juga Tinggi

Mampu bertahan hingga sekarang memang membuktikan bahwa situs download software bajakan tersebut merupakan salah satu situs yang cukup besar. Berdasarkan tools yang gunakan, kami menemukan bahwa bagas berada dalam posisi 300 di Indonesia. Dengan pengunjung mencapai 1.5 juta visitor tiap bulannya, sebuah angka yang lumayan besar memang mengingat mereka mampu mendulang 48 ribu viewers tiap harinya.

5. Keuntungan dari Website yang Menggiurkan

Menjalankan bisnis portal download semacam ini memang awalnya terdengar layaknya seorang penyelamat. Karena menyediakan software berbayar secara gratis, terdengar sebagai pekerjaan yang bersifat suka rela. Namun hasil dari pengelolaan website ini nantinya akan diberi balasan oleh Google sebagai penyedia iklan, melalui tools yang kami gunakan kami mendapat sebuah angka yang lumayan cukup besar. Perlu digaris bawahi bahwa tentunya perbedaan tools akan menghasilkan hasil yang berbeda.

Untuk pendapatan perharinya website tersebut mampu meraup sebsar 500 dolar tiap harinya. Sehingga dapat diperkirakan pendapat bisa mendapat 15 ribu dollar atau setara dengan 20 juta rupiah per bulannya.

Nah itu dia 5 fakta menarik tentang situs software bajakan yang populer di Indonesia ini. Apakah kalian masih mengandalkan Kuyhaa dan website sejenis untuk melakukan aktifitas harian di PC kalian ? Semoga kalian cepat-cepat berpindah halauan ya masih banyak kok software alternatif lainnya.


Jika kalian tertarik membaca mengenai Berita game dan teknologi terkait kalian bisa membacanya disini.

Exit mobile version