5 Game Besar yang Lewati Generasi Konsol Masa Kini (PS4 & Xbox One)

pop

Tidak terasa kita sudah mendekati akhir dari generasi konsol masa kini, yakni PS4 besutan Sony dan Xbox One besutan Microsoft. Sudah delapan tahun menemani para fans dalam memainkan berbagai game keren yang ada, kini kedua perusahaan besar tersebut akan memasuki babak baru dalam menghadirkan konsol generasi baru, yakni PS5 dan Xbox Series X yang pastinya diharapkan jauh lebih baik lagi.

Walau konsol pastinya akan terus berkembang, ternyata ada beberapa developer pemilik franchise game besar yang melewatkan perilisan game baru di generasi konsol current-gen atau PS4 dan Xbox One ini. Walau memang tidak sedikit dari mereka yang membawa kembali game-game konsol era sebelumnya ke konsol era sekarang dalam bentuk remaster atau remake, fans tentu berharap akan ada game baru dari masing-masing franchise tersebut.

Berikut 5 franchise game besar yang melewati perilisan di generasi konsol masa ini atau PS4 dan Xbox One. Sebagai catatan, hanya game dengan konten utama singleplayer saja yang masuk dalam list ini.

1. Splinter Cell

Sebagai pemilik hak cipta game-game yang diadaptasi dari karya-karya Tom Clancy’s, Ubisoft bisa dibilang cukup sukses mengememas berbagai bentuk skenario peperangan dan kemiliteran dalam sebuah video game yang menarik. Beberapa diantaranya yang tentunya tidak asing bagi kalian, seperti The Division, Ghost Recon, Rainbow Six dan lain-lain. Namun yang sudah cukup lama tak terlihat adalah Splinter Cell dengan karakter ikoniknya, Sam Fisher.

Instalasi Splinter Cell terakhir kali muncul pada tahun 2013 dengan judul Splinter Cell: Blacklist, namun sampai saat ini tidak sedikit fans yang terus mengharapkan eksistensi dari kelanjutan petualangan Sam Fisher tersebut. Walau tidak bisa dipungkiri bahwa Sam Fisher sendiri juga beberapa kali muncul sebagai Cameo di game Ubisoft lainnya, seperti di Ghost Recon: Wildlands dan yang segera akan hadir di platform mobile, Elite Squad. Rumor akan pengerjaannya sendiri sudah muncul berkali-kali, namun karena Ubisoft sendiri sepertinya sedang sibuk dengan Assassin’s Creed: Valhalla dan Watch Dogs Legion, kemungkinan hadirnya instalasi Splinter Cell berikutnya baru akan muncul di konsol era selanjutnya.

2. Prince of Persia

Semenjak diakusisi oleh Ubisoft, Prince of Persia bisa dibilang memasuki masa emasnya, terutama pada Warrior Within dan Two Thrones. Namun eksistensi serial game ini justru terkesan memudar ketika Assassin’s Creed yang juga dibangun dari elemen permainan Prince of Persia menjadi lebih populer, bahkan kini dianakemaskan oleh Ubisoft.

Ubisoft merilis instalasi utama Prince of Persia terakhir kali pada tahun 2010 dengan judul The Forgotten Sands. Hadir juga dua game Prince of Persia lainnya, seperti remake dari The Shadow and the Flame (1998) yang rilis di tahun 2013, serta game mobile berjudul Prince of Persia: Escape yang rilis di tahun 2015. Baru-baru ini pun fans dihebohkan dengan sebuah bocoran footage game Prince of Persia dengan subjudul Redemption, namun rumornya dibatalkan karena gagal pada saat tahap pitching. Besar kemungkinan Redemption direncanakan akan hadir untuk konsol era sebelumnya maupun current-gen, namun harapan tersebut sirna dan fans nampaknya hanya bisa menunggu eksistensi Prince of Persia baru di konsol next-gen.

3. Dead Space

Sering dianggap sebagai Resident Evil 4 namun berlatar di luar angkasa, Dead Space garapan Visceral bisa dibilang sukses menjadi salah satu game horor terbaik di masa-masa kejayaan PS3 dan Xbox 360, bahkan sampai saat inipun masih cukup digandrungi oleh banyak fans.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Kedigdayaan Dead Space pertama juga berlanjut sampai ke Dead Space 2, namun hal tersebut kian memudar ketika Dead Space 3 menghadirkan serangkaian microntransaction dan perubahan sajian permainannya yang lebih terasa Action. Dead Space 3 sendiri terakhir kali muncul pada tahun 2013 untuk PS3 serta Xbox 360, dan semenjak saat itu minim kabar akan pengembangan Dead Space baru. Hal ini ditambah dengan Visceral yang dibubarkan oleh EA pada tahun 2017 lalu, sehingga semakin kecil harapan akan hadirnya game Dead Space baru, kecuali sang publisher memang berniat menghidupkannya kembali di konsol era mendatang.

4. The Elder Scrolls

Rilis semenjak tahun 2011, The Elders Scrolls V: Skyrim seringkali dianggap sebagai game yang terus diperas oleh Bethesda sampai saat ini. Hadir secara lintas generasi (PS3, PS4, Xbox 360 dan Xbox One) bahkan menyambangi Switch, tidak bisa dipungkiri bahwa komunitasnya sendiri masih sangat aktif, terutama dengan hadirnya berbagai mod yang masih bermunculan tiap harinya.

The Elder Scrolls VI sendiri memang telah diumumkan semenjak E3 2018 lalu, namun sampai saat ini belum ada informasi yang jelas akan plot yang akan diambil maupun visual sinematis dan gameplaynya. Hal ini juga mengingat bahwa Bethesda sendiri nampaknya masih sibuk mempertahankan Fallout 76 yang terbilang kurang disukai oleh banyak fans. Tak ketinggalan, Bethesda sendiri masih miliki game baru lainnya, yakni berjudul Starfield yang juga minim akan kabar. Hal ini tentu bisa dipastikan bahwa The Elder Scrolls VI baru akan hadir di konsol next-gen.

5. Grand Theft Auto

Mengalami nasib yang sama sebagai sapi perah dengan Skyrim, Grand Theft Auto V juga telah rilis lintas generasi, bahkan baru-baru ini diumumkan juga akan hadir untuk konsol next-gen. Rockstar selaku pengembang memang kini dikenal sebagai salah satu developer yang memiliki waktu pengembangan yang cukup lama untuk sebuah game. Namun informasi akan eksistensi dari game baru Grand Theft Auto untuk konsol current-gen ataupun next-gen sendiri tak kunjung mengemuka.

Tidak bisa dipungkiri bahwa Grand Theft Auto Online masih terbilang cukup datangkan cuan bagi Rockstar hingga saat ini, sehingga tidak sedikit yang beranggapan bahwa sang developer malas atau cenderung mengerjakan game lain selama game keluaran tahun 2013 masih berikan untung. Berbagai rumor akan kehadiran GTA VI sendiri telah bermunculan di internet, namun mendekati akhir era konsol masa ini, nampaknya fans baru bisa mengekspektasikan GTA VI di era konsol mendatang.

Itulah 5 game besar atau franchise yang melewatkan era konsol PS4 dan Xbox One. Kira-kira game mana yang kamu sangat harapkan eksistensinya? Atau kamu tahu game-game besar lainnya yang ternyata juga tidak hadir atau melewati konsol current-gen? Yuk, langsung aja share pendapatmu di kolom komentar ya!


Baca juga Listicle menarik lainnya terkait game atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version