5 Game “Burik” Terbaik yang Mungkin Lebih Seru dari Game Zaman Now

in
Minecraft

Don’t judge a book by its cover mungkin adalah sebuah peribahasa yang wajib kamu tanamkan tak hanya dalam kehidupan, namun juga memilih judul video game. Bahwa game dengan tampilan visual burik belum tentu menjadi game yang buruk. Bahwa terdapat banyak aspek lain yang membuatnya memiliki keunggulan dan keseruannya masing-masing dibanding mereka yang miliki tampilan visual menawan dan menggoda.

Keunggulan tersebut tak terbatas dari gameplaynya, namun juga mekanik yang ditawarkan seperti cerita maupun fitur lainnya. Ini menunjukkan bahwa masih banyak oase di tengah gurun pasir yang sangat tandus.

Melalui artikel ini kami telah merangkum sebanyak kurang lebih lima game yang tak kalah seru dari game zaman now meskipun miliki tampilan visual yang bisa disebut burik. Lantas apa saja daftar gamenya? Berikut 5 game burik terbaik tapi mungkin lebih seru dari game zaman now.

5. Terraria

Bertahan hidup dan membangun tempat tinggal adalah salah satu fitur dari Terraria. Kamu tak hanya akan membangun saja, namun juga menggali, bertempur, dan eksplorasi dunianya. Banyak hal yang bisa ditemukan dalam game ini dengan ragam benda yang bisa dibuat sendiri termasuk mesin dan yang lain. Kamu bisa melakukan apapun dalam gamenya dengan kreativitasmu sendiri.

4. Minecraft

Membangun adalah kata kunci yang ditawarkan Minecraft, kamu bisa membangun apapun dari kota, rumah, bahkan robot raksasa. Dunia open worldnya yang luas dengan beragam fitur pilihan bangunan telah disediakan Mojang untuk rangsang kreativitasmu membuat apapun. Kamu bahkan bisa membuat skenariomu sendiri dalam permainan unik.

3. Stardew Valley

Game burik selanjutnya adalah Stardew Valley. Sekilas game ini sangat mirip dengan Harvest Moon atau Story of Seasons namun dengan tampilan visual pixel yang mungkin bisa bikin matamu sakit. Kamu bisa bercocok tanam, beternak, menambang mineral, memasak, memancing, bahkan menikahi pujaan hatimu. Selain permainan solid menyenangkan dan bisa dimainkan bersama temanmu secara online, game yang dibuat oleh satu orang ini juga memiliki cerita unik yang bisa kamu temukan di sepanjang permainannya.

2. Harvest Moon: Back to Nature

Siapa tak kenal Harvest Moon: Back to Nature? Game bertani yang satu ini merupakan salah satu cikal bakal pecahnya tim Natsume menjadi Marvelous yang meneruskan tradisinya melalui Story of Seasons. Kamu bisa bercocok tanam dengan membuat sawah, beternak ayam, domba, dan sapi, serta memelihara kuda maupun anjingmu. Tak sampai di situ saja, kamu juga bisa meminang gadis pujaanmu di desa Mineral dan mengungkap misteri siapa gadis yang menjadi teman masa kecilmu.

1. Final Fantasy VII

Final Fantasy VII adalah salah satu game JRPG yang sukses membuat Squaresoft (kini Square-Enix) nyaris bangkrut saat pengembangannya. Namun game karya Hironobu Sakaguchi, Nobuo Uematsu, dan Tetsuya Nomura ini menjadi salah satu alasan kenapa Square masih bertahan hingga detik ini. Semua berkat penjualannya yang meroket. Game dengan grafis kotak-kotak ini ceritakan petualangan Cloud untuk mengungkap siapa Shinra dan Sephiroth. Dunianya yang luas membuatnya menjadi salah satu game yang terus diperah keberadaannya baik dari PS1-PS2, hingga PS4-PS5.


Itulah lima game burik tapi mungkin lebih seru dari game zaman now. Dari daftar di atas, mana yang menjadi favoritmu? Atau mungkin kamu belum pernah memainkannya sama sekali? Seperti biasa cantumkan semua pendapatmu melalui kolom komentar di bawah.

Saat ini website kami menggunakan Disqus untuk memberikan komentar, kamu bisa scroll ke bawah dan masukkan komentarmu. Kamu tak perlu susah-susah menunggu kami sharing artikel ini di Facebook hanya untuk berkomentar.

Ingin membaca artikel seperti ini lagi? Kamu bisa mengunjungi laman G|List kami untuk tahu apa saja yang ada di industri ini yang mungkin belum pernah diceritakan sama sekali melalui berita atau yang lain.


Artikel ini diterbitkan pertamakali di Dunia Games dengan judul “5 Game ‘Burik’ Terbaik Sepanjang Masa dengan Kualitas Gameplay yang Bagus” yang ditulis oleh Hilmi Ramadhan Subari.

Written by Ayyadana Akbar

Sr. Writer and Video Editor.
Mostly will cover PC/Console Japanese game, RPG, and shooter games.
Contact him at [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published.