5 Game Mobile dengan Gameplay yang Ternyata Tidak ‘Seindah’ Iklannya

in ,

Tidak bisa dipungkiri bahwa mobile game miliki segmentasi pasar yang cukup menguntungkan dalam industri video game. Hal ini tentu dapat dilihat dari berbagai developer yang membawa game-game yang telah mereka rilis di konsol ataupun PC, kemudian menghadirkan port untuk smartphone.

Tentu tidak ada yang salah dengan hal tersebut, namun yang bisa dikatakan cukup mengkhawatirkan adalah bermunculannya banyak game mobile murahan yang asal jadi tanpa konsep yang matang agar mendapatkan keuntungan dengan cepat. Tidak hanya itu, agar game tersebut laku, banyak developer yang menggunakan cara yang tidak etis, yakni menghadirkan iklan-iklan yang tidak sesuai dengan permainan aslinya.

Beberapa diantaranya bahkan menghadirkan seorang aktor yang berpura-pura memainkan gamenya, dimana jika diperhatikan baik-baik, aktor-aktor tersebut hanya menyaksikan sebuah video yang sudah dibuat sedemikian rupa, dan mereka hanya memberikan komentar dan reaksi artificial di dalam iklan tersebut. Dan agaknya, makin kesini para developer-developer tersebut bahkan sengaja membuatnya terlihat nyeleneh, untuk setidaknya dapat menarik perhatian orang-orang yang menonton iklannya.

a
Penulis yakin tentunya banyak dari kamu pernah menyaksikan iklan-iklan misleading tersebut, atau bahkan dikecewakan karena permainannya yang sungguh berbeda dari iklannya. Maka dari itu, berikut penulis coba deretkan beberapa game tersebut beserta perbandingan antara iklan yang disajikan dengan permainan aslinya.


Catatan: game-game yang penulis deretkan di bawah ini tidak selalu hadir sebagai game yang buruk. Namun praktik iklan tidak sesuai ini tentunya bukanlah suatu cara yang baik dalam mempromosikan suatu game dan menggaet para pemain baru.


1. Emperor and Beauties

Jika kamu sudah pernah menyaksikan iklan Game of Sultan yang memang cukup nyeleneh, dimana semua selir-selir sang Sultan jadi hamil secara tiba-tiba, besar kemungkinan kamu juga mengetahui atau pernah menyaksikan iklan Emeperor and Beauties yang nggak kalah nyeleneh. Pada dasarnya, kedua game tersebut sama-sama menghadirkan iklan yang memperlihatkan dirimu sebagai pemain yang diberikan pilihan-pilihan ala choice matter, dan biasanya disertai oleh wanita-wanita cantik untuk diperistrikan.

Gameplay aslinya sendiri memperlihatkan permainan ala makro dan mikro manajemen kerajaanmu, mulai dari menyelesaikan perkara rakyatmu, hingga mengelola pasukan dan para penasihatmu. Tidak ketinggalan tentunya yang menjadi daya tarik utama game ini, yakni membuat bahagia para wanita-wanita yang agaknya selalu menunggu belaianmu.

Iklan (via thienbao2109)

 

Gameplay (via SehatDanKuat)


2. Mafia City

Sempat menjadi sebuah meme berkat PewDiePie, Mafia City miliki segudang iklan nyeleneh yang menunjukkan sebuah situasi ala-ala mafia, dimana pemain dapat memilih sendiri aksi-aksi layaknya game choice matter, dimana kamu yang tadinya cuman butiran debu tiba-tiba langsung jadi petinggi mafia tergantung aksi yang kamu pilih.

Kenyataannya, game ini sendiri hadirkan permainan ala Base Building dan Management, dimana kamu akan membangun fasilitas-fasilitas mafia, dan melatih orang-orang untuk menjadi seorang gangster yang handal. Penulis sendiri tidak menemukan gameplay yang disajikan pada iklan, namun satu hal yang menarik mungkin adalah hadirnya wanita-wanita menggoda iman sebagai bentuk fanservice dari game ini.

Iklan (via Averroes)

 

Gameplay (via DroidGameplaysTV)


3. Legacy of Discord

Sama seperti Mafia City, iklan game Legacy of Discords sempat populer karena masuk dalam video PewDiePie. Namun penulis sendiri juga sangat sering menemukan iklan game ini sekitar 3 atau 4 tahun yang lalu, dimana memperlihatkan karakter-karakter keren yang bisa terbang dan menjelajahi dunia yang luas layaknya game Open World.

Namun ternyata, tidak seindah dan tidak ‘selucu’ mbaknya yang hadir dalam iklan tersebut, Legacy of Discords ternyata menyajikan gameplay dungeon crawler ala game Diablo, dimana pemain akan memasuki level-level dungeon dan membasmi semua musuh-musuh kecil hingga boss yang ada di dalam masing-masing dungeon.

Iklan (via showlegacy619)

 

Gameplay (via PROAPK)


4. Rise of Kingdoms

Besar kemungkinan kamu telah menyaksikan iklan Rise of Kingdoms dengan mem-feature beberapa YouTube lokal, salah satunya seperti MiawAug. Walau memang iklan tersebut memperlihatkan gameplay yang asli, beberapa iklan Rise of Kingdoms memperlihatkan iklan-iklan yang jauh berbeda dengan aslinya.

Seperti melalui video di bawah ini misalnya, begitu banyak iklan yang berbeda-beda, dimana diperlihatkan pemain dapat menggerakan karakternya sendiri, mencuri makanan, melawan monster, dan sebagainya. Padahal gameplay aslinya mungkin tidak asing bagi kamu, yakni tidak berbeda jauh dengan gameplay ala Clash of Clans.

• Iklan & Gameplay (via I3Stars)


5. Lords Mobile

Sama seperti Rise of Kingdoms, Lord Mobile juga miliki banyak iklan yang berbeda-beda dari waktu ke waktu. Namun satu yang sukses menghibur dan mungkin jadi salah satu iklan terfavorit penulis, adalah ketika muncul iklan dimana hadir seorang wanitayang nampaknya asal Indonesia, dimana dirinya seolah-olah memainkan game Lords Mobile, namun alih-alih fokus pada pertempuran, dirinya justru menghadap ke kamera saat pertempuran sedang berlangsung dan mengucapkan V for Victory. Dimana hal ini justru terlihat jelas bahwa dirinya tidak memainkan game tersebut.

Gameplay aslinya sendiri mungkin sering kamu temui pada berbagai game mobile RPG, dimana karaktermu akan menyerang secara otomatis, dan kamu dapat mengeluarkan kemampuan karaktermu dengan menekan potretnya. Namun yang jadi sajian utama game ini adalah perang dalam skala yang lebih besar, dimana terdapat sistem moral yang dapat mempengaruhi para pasukanmu. Tidak ketinggalan, hadirnya elemen city builder, dimana kamu dapat membangun berbagai bangunan untuk keperluan pasukanmu.

Iklan (via yingmu game)

 

Gameplay (via PROAPK)


Beberapa game di atas tentu hanya segelintir dari banyak game lainnya yang juga menggunakan iklan yang tidak sesuai dengan gameplaynya. Tentu sebagai pemain, hal-hal seperti ini sudah seharusnya kita tidak dukung, sekaligus sebagai pembelajaran untuk memilah game-game mana yang lebih pantas untuk dimainkan.

Nah, dari 5 game di atas, kira-kira mana menurutmu yang paling nyeleneh atau nggak sesuai sama gameplay aslinya brott? Atau justru beberapa game-game di atas tetap mampu menghadirkan gameplay yang menarik terlepas dari iklannya? Atau kamu tahu game mobile lainnya dengan iklan yang sangat berbeda dari gameplay aslinya? Yuk, langsung aja share di kolom komentar.


Baca juga informasi Listicle menarik lainnya atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto.

Andy Julianto

Written by Andy Julianto

Sesosok alien yang gemar berkelana menjelajahi segmentasi game-game RPG dan Indie. Cukup aktif dalam berpetualang di game MMO Guild Wars 2, dan saat ini masih berusaha menyelesaikan game Persona 5 ditengah-tengah kesibukan mengerjakan skripsi #Prioritas. You can contact me via [email protected]