5 Game Simulasi Bisnis Tycoon Yang Mungkin Belum Pernah Kamu Mainkan


Add Friend

Game Tycoon adalah jenis game simulasi dimana player diharuskan untuk mengelola bisnis dari nol hingga ber omzet milyaran setiap hari nya, mengurusi keuangan, masalah, resiko & hal – hal yang bikin kamu bisa bangkrut (game over). Game bergenre ini cocok banget buat kamu yang berjiwa entrepreneur atau yang mempunyai mimpi menjadi pengusaha sukses. Namanya juga game simulasi ya, mekanik nya hampir sesuai realita dengan menjalankan bisnis di dunia nyata.

 

1. Big Biz Tycoon

Di game ini kamu akan menjadi pemilik sebuah kantor & perusahaan yang bergerak di bidang produsen segala macam produk seperti membuat game, software bisnis, peralatan militer, obat – obatan, pakaian, mainan, buku, peralatan olahraga dan lain – lain.

Kamu diharuskan untuk ngatur karyawan sesuai keahliannya, melakukan riset untuk mengembangkan produk & memasarkan nya. Fitur lainnya kamu bisa nge dekorasi kantor sesuai selera. Oh iya, cara lain untuk menghasilkan uang dengan cara jual beli saham.


2. Donald Trump’s Real Estate Tycoon

Tenang, game ini sudah dirilis dari tahun 2002 kok. Sebelum tuh muka orang di cover game nya jadi presiden & juga dia gak kampret – kampret amat kok kayak sekarang udah jadi presiden US. Kamu akan menjadi seorang pengusaha real estate / properti. Sesuai judul nya. Tujuan game ini adalah menyalip kekayaan si Raja Properti Donald Trump. Jenis properti yang dapat kamu bangun seperti bangunan komersil, hotel, perkantoran & kawasan perumahan.

BACA JUGA  Game Simulasi Kereta Api, Densha de Go! Tuju Pasar Jepang

Di game ini pak Donald Trump baik kok (inget, game ini dirilis 2002), dia bakal kasih kamu tips & wejangan biar kamu sukses berbisnis properti. Punya cita – cita bangun perusahaan kayak Agung Sedayu Grup atau Ciputra Land cocok main game ini.


3. Mall Tycoon

Mall adalah tempat dimana kamu bisa pacaran, ajak keluarga belanja, kenyangin perut, hangout bareng teman, nonton bioskop & tempat tujuan youtuber lokal record video prank. Ga bisa tergantikan deh mall ini walaupun udah banyak marketplace digital kayak tokopedia atau bukalapak karena rasanya beda lah ya.

Di game ini kamu akan menjadi pengelola mall yang ngurusin keuangan, nambahin fasilitas untuk kenyamanan pengunjung mall, merekrut karyawan seperti petugas kebersihan, security, teknisi, ngatur posisi tata letak brand toko yang menyewa space & lainnya. Pas deh buat yang punya cita – cita bangun pusat perbelanjaan di kotamu.

BACA JUGA  Game Simulasi Kereta Api, Densha de Go! Tuju Pasar Jepang

4. Atlantis Tycoon

Game tycoon satu ini emang agak ga real sih. tapi mekanik nya hampir mirip sama game Simcity dimana kamu sebagai walikota urusin pendanaan, fasilitas untuk warga, transportasi, sumber daya. Tapi… bangun kota nya di dasar laut. Nahloh

Ya, karena letak nya di dasar laut inilah kota kamu punya penghasilan tambahan dari kunjungan turis yang beli tiket untuk masuk ke kota mu sebagai tujuan wisata. Game ini cocok buat kamu yang punya pola pikir out the box seperti si bapak Elon Musk yang punya cita – cita mengkolonisasi planet mars. Who know eh di masa depan seperti apa ya khan.


5. Virtual Resort: Spring Break

Tempat liburan favorit yang pasti nya punya udara sejuk sepoi – sepoi, hangat & beriklim tropis khan ya. Di game ini kamu akan menjadi pemilik sekaligus pengelola sebuah resort. Kamu di haruskan mengatur fasilitas hiburan seperti konser musik, casino, & bar supaya para tamu tetep happy & enjoy saat mengisi waltu liburan nya. Salah satu masalah yang muncul di game ini adalah para tamu yang muntah di kolam renang & terkapar karena mabuk berat kebanyakan minum miras.

BACA JUGA  Game Simulasi Kereta Api, Densha de Go! Tuju Pasar Jepang

Cocok buat kamu yang punya cita – cita punya bisnis resort di tempat wisata kayak bali, lombok dan lainnya di Indonesia yang banyak tempat luar biasa keren ga kalah sama luar negeri.


Ada banyak macem bisnis yang bisa kamu pilih untuk mimpimu di masa depan, fungsi dari mainin game – game diatas untuk ngelatih & belajar supaya tau apa aja yang musti kamu urusin. Kayak masalah yang muncul, mengelola keuangan, bikin karyawan atau team mu happy & produktif bekerja bareng kamu, bikin customer / klien / pengunjung kamu puas dengan produk / jasa / pelayanan bisnis yang dikelola.

Kalau ntar bakal terjadi, kamu udah tau apa yang dilakuin & belajar dari kesalahan yang kamu buat disaat dulu pernah memainkan game – game simulasi bisnis tersebut dimasa depan. GOODLUCK