5 Game yang Dirilis Secara “Eksklusif” di Indonesia

Indo 00

Bukan hal yang baru lagi ketika ada sebuah game yang hanya dirilis di negara tertentu. Ke eksklusifan tersebut biasanya meliputi tempat perilisan, bahasa yang digunakan ataupun konten-konten yang terdapat di dalam game itu terbatas untuk suatu negara atau region saja. Namun bagimana jadinya jika ke eksklusifan suatu game tersebut diakibatkan oleh ulah tangan-tangan usil modder lokal yang merubah konten dalam game tersebut secara menyeluruh. Keusilan modder tersebut bukan tanpa alasan, karena hanya game-game yang memiliki popularitas tinggi di Indonesia saja yang dirubah baik secara konten dalam game ataupun bahasanya saja. Berikut adalah daftar 5 game yang hanya dirilis secara eksklusif di Indonesia, berkat tangan-tangan usil modder.

1.Guitar Hero dengan Kearifan Lokal

Game buatan pengembang RedOctane dan Harmonix yang memulai debutnya di platfrom PS2 pada tahun 2005, pada langsung mendapat sambutan hangat dari seluruh dunia karena menawarkan konsep game bergenre ryhtem dengan musik-musik rock and roll tahun 90’an. Berkat kesuksesan itulah game ini tidak lepas dari tangan-tangan modder-modder lokal yang merubah keseluruhan lagu dalam game Guitar Hero menjadi lagu-lagu populer Indonesia. Sudah puluhan judul game Guitar Hero “karya” modder lokal dengan judul Guitar Hero Indonesia Top Hits, hingga Guitar Hero Top Hits Spesial Hari Raya Ramadhan dan Natal.

2.Resident Evil 3 : Nemesis

Bagi kamu-kamu pecinta gamer horror pastinya tidak akan pernah lupa dengan terror yang diberikan oleh Nemesis, yang bisa tiba-tiba muncul menganggu petualangan kamu. Game buatan Capcom ini sendiri merupakan game bergenre horror shooter, dengan tema utama zombie apocalypse,dimana kamu akan berperan sebagai Jill Valentine yang harus keluar dari Raccon City. Game ini sendiri menawarkan berbagai macam keseuran seperti terror nemesis yang akan semakin memacu adrenalin mu ataupun pilihan-pilihan dialog yang harus kamu pilih dengan cepat yang akan memiliki konsekunesi dalam permainan. Berkat berbagai fitur menarik itulah para modder-modder lokal dengan tangan usilnya, merubah keseruan bahasa dalam game ini, Sepertinya hal tersebut bukan tanpa alasan karena game ini sendiri memiliki popularitas yang cukup tinggi bagi para gamer-gamer di Indoensia.

3.Harvestmoon Back to Nature

Siapa yang tak kenal dengan game yang menawarkan simulasi berkebun yang dikombinasikan dengan sebuah dating sim ini. Game besutan Natsume ini bisa dibilang merupakan salah satu game legendaris, karena hampir semua gamer  pernah memainkannya ,khususnya yang pernah mecicipi console PS1. Mengawali debutnya pada Desember 1999, game ini berhasil menarik para gamer-gamer Indonesia, sehingga banyak bermunculan berbagai  macam guide book ataupun walkthrough untuk game ini. Namun sepertinya, para modder melihat hal tersebut sebagai sebuah peluang, terbatasnya akses walkthrough pada saat itu dan secara gameplay Harvestmoon Back to Nature sendiri merupakan sebuah game yang memiliki konsekuensi pilihan dalam dialog-dialognya, para modder tersebut merubah hampir keseluruhan bahasa dalam game ini.

4.GTA San Andreas Rasa Indonesia

Semua orang pasti sudah tidak asing lagi dengan game kontroversial buatan Rockstar yang satu ini. Game yang dirilis pada tahun 2004 ini, karena saking populernya hingga sekarang game ini sendiri masih banyak dimainkan karena menawarkan keseruan dan berbagai hal menarik di gamenya. Bukan hal asing lagi bahwa banyak pemain yang sering nambahkan berbagai macam mod-mod yang merubah isi fitur,bahasa, bahkan menambahkan misi baru untuk game buatan Rockstar yang satu ini, berkat ulah-ulah para modder. Di Indonesia sendiri modder-modder lokal berlomba-lomba menciptakan berbagai macam mod yang merupakan ciri khas Indonesia, seperti menambahkan berbagai hal seperti kendaran, pakaian, tempat-tempat khas Indonesia seperti tugu Monas dan Candi Borobudur. Saking parahnya lagi, Modder-modder lokal ini berhasil mencipatkan sebuah game GTA San Andreas dengan cita rasa Indonesia dengan judul “GTA Extreme Indonesia” dan merubah nama Carl Jonhson menjadi Ucok.

5.PES dan Wining Eleven yang Berpangkat-pangkat

Bisa dibilang sepakbola adalah hiburan rakyat di Indonesia, hal ini juga berlaku juga di dunia game Indonesia. Banyak para gamer lokal yang sangat memfavoritakan game bergenre bola yang satu ini. Jika kamu adalah anak rental, pasti sudah tidak asing lagi jika menemukan pemandangan sebuah tempat rental memainkan satu game yang sama, yaitu PES atau Wining Eleven. Sebenarnya keisengan para modder-modder lokal sudah dimulai sejak game Wining Eleven di console PS1, dimana para modder tersebut mengganti lagu tema utama dari game Wining Eleven kala itu. Seiring berjalannya waktu, keisengan para modder ini semakin menjadi-jadi, dari yang pertama merubah tema lagu game Wining Eleven/PES, akhirnya mereka merubah total keseluruhan bahasa dalam game, bahkan menambahkan tim-tim ke yang berlaga di Indonesia, Timnas Indonesia, serta mengedit tampilan para pemain semirip mungkin dengan pemain aslinya. Lebih parahnya lagi, mereka juga merubah comentator dalam game besutan Konami ini kedalam bahasa Indonesia, selain itu mereka juga menambahkan chant-chant khas supporter bola Indonesia, seperti lagu garuda di dada ku. Karena saking rajinnya para modder ini membuat hal baru untuk game Wining Eleven/PES, game ini sendiri sampai memiliki berpuluh-puluh pangkat.

Tentunya game-game tersebut tidak benar-benar eksklusif ataupun secara resmi diluncurkan di Indoneisa. Game-game tersebut diubah sedemikian rupa oleh para modder-modder lokal, karena game-game diatas memiliki popularitas yang tinggi di Indonesia. Hayoo ngaku! pasti kalian-kalian pernah memainkan salah satu judul game diatas.

Exit mobile version