5 Game yang Memiliki Tema Tentang Cinta dan Kehidupan

in , , , , ,

Penulis sadar bulan Februari, bulan kasih sayang, masih jauh. Kendati bukan berarti Kita berhenti menyebarkan cinta kasih di bulan September. Kita tetap harus saling berbagi cinta dan kasih sayang terhadap orang-orang terdekat. Itu artinya, Kita bisa mengungkapkan rasa cinta secara terbuka tidak pada hari-hari tertentu saja.   

Kita tak bisa memungkiri bahwa romansa, cinta, atau asmara itu selalu dekat dan lekat dengan hidup kita.  Kita belajar dan memahaminya melalui kehidupan sosial, televisi, bahkan.. video game. Ya, video game. Dan dari semua hal itu, kesamaan yang muncul adalah cinta membuat kita betah berlama-lama terhubung pada sesuatu apabila kita nyaman dengan hal tersebut.

Kisah-kisah cinta di dunia fiksi yang ada di video game, terkadang tidak kalah emosionalnya dengan kisah nyata. Ada pula cerita sebuah game yang lebih teras dramatis dan sulit dilupakan. Tidak heran sejumlah gamer menyukai genre ini karena bisa lebih menggugah jiwa humanis pemain. Pasti menjad hal yang menantang bagi pengembang sebuah game tersebut dalam menciptakan ikatan emosional yang kuat antara para tokoh di dalam game dengan pemainnya. Tujuannya satu, menghasilkan nuansa permainan yang intens dan emosional, di mana kedua elemen tersebut akan meninggalkan pengalaman bermain yang sulit dilupakan.

Berikut penulis sajikan daftar lima judul game dengan tema cinta dan kehidupan yang menjadi fokus utamanya. Kelima judul berikut dipilih berdasarkan sejumlah respon positif gamer di internet yang rata-rata mengungkapkan bahwa game-game berikut memiliki satu atau dua momen tak terlupakan–layaknya mantan atau apapun yang pernah meninggalkan kesan mendalam.


Florence

Florence dikembangkan oleh developer asal Australia; Mountains. Tidak mengherankan berkat banyaknya respon positif terhadap Florence, gim pun ini berhasil menyabet trofi BAFTA Awards tahun 2019. Nilai jual yang ditawarkan Florence adalah kisah cinta antara sepasang pria dan wanita, layaknya Kita semua, di mana seorang gadis bernama Florence Yeoh menjalin asmara dengan Krish, seorang pemain Cello. Dari awal permainan, gim ini akan membawa Kalian menelusuri pusaran kehidupan sehari-hari juga romansa Yeoh dengan pendekatan mekanik permainan yang sederhana dan unik. Di masa karantina seperti ini, Florence layak untuk Kalian mainkan,karena gim ini cocok menjadi killing time yang tepat. Penyuguhan cerita yang penuh emosional tidak serta merta menyajikan mekanik permainan yang rumit. Kini, selain dirilis pada mobile, Florence juga dapat kalian beli di platform Windows dan konsol Nintendo Switch.


Final Fantasy X

Game yang telah dirilis satu dekade lebih ini meninggalkan pengalaman bermain yang begitu mendalam. Kisah Final Fantasy X layaknya dongeng dari negeri seberang sana untuk menemani istirahat di malam panjang. Petualangan Tidus dan Yuna dipenuhi intrik dan konflik, juga romansa. Momen demi momen dibangun secara pelan-pelan sejak awal.

Maka dari itu, pantas jika Final Fantasy X termasuk ke dalam deretan judul gim RPG yang memorable di tahun para era 2000-an. Namun, meski game ini memiliki playtime yang tidak sebentar, namun mengikuti kisah petualangannya benar-benar worth the time, terlebih di masa karantina ini. Final Fantasy X kini sudah dirilis dalam format remaster pada konsol current-gen secara fisik maupun digital.


Stardew Valley

Eric “ConcernedApe” Barone adalah pria jenius dibalik game unik ini. Ia mengembangkan Stardew Valley selama lima tahun lamanya, sendirian. Ide awalnya adalah tentang simulasi bermain di ladang ala gim Harvest Moon. Stardew Valley menceritakan kisah sang tokoh utama yang pergi untuk kembali ke tanah pertanian mendiang kakeknya. Nama ladang tersebut adalah Stardew Valley. Selain mengatur perkebunan, Kalian akan membangun interaksi sosial hingga kisah cinta dengan NPC tertentu yang membuat gim ini lebih humanis meski dalam format grafis jadul. Stardew Valley bisa Kalian beli baik di konsol maupun mobile.


To The Moon

To The Moon merupakan game petualangan unik dengan sajian grafis 16-bit. Gim yang dikembangkan oleh pengembang asal Kanada, Freebird Games, pernah masuk ke dalam nominasi Canadian Videogame Award pada 2011 silam. Kalian akan bermain sebagai Johnny Wyles yang tidak tahu mengapa ingin sekali pergi ke Bulan. Di sinilah di mana cerita permainan dibangun menjadi lebih menarik di seputar kisah Wyles dan River. Game yang dirilis pada 2011 ini memiliki unsur cerita yang penuh emosional, cinta, dan romansa. To The Moon telah dirilis untuk platform PC, Nintendo Switch, dan mobile.


Monument Valley Series

Game bergenre puzzle ini sukses di pasaran sejak perilisannya pada tahun 2014 silam. Ustwo Games, pengembang indie gim asal developer pun merasakan dampak positifnya. Game ini berbayar dan dapat Kalian undur di platform mobile. Sama seperti Florence, Monument Valley juga memenangkan BAFTA Game Award for British Game dan kategori mobile. Selalu membawa tantangan. Grafis indah. spesifikasi gim tidak berat. Kalian yang menyukai tantangan puzzle dan menyelami dunia misterius sekaligus penuh emosi, perlu mengunduh gim, atau memainkan ulang, baik di platform Android maupun iOS. Agak disayangkan apabila sebagai penggemar gim puzzle interaktif, Kalian melewatkan Monument Valley, khususnya di masa karantina ini.


Restu Saputra

Written by Restu Saputra

Jazz music can tricks your head

You guys have any thought, collaborate, or just want to say hello? Contact : [email protected]