5 Hal yang Harus Kamu Ketahui dari Battlefield 1!

cover

Sepertinya masih belum ada habisnya untuk membicarakan Battlefield 1 saat ini. Mungkin kamu semua sudah melihat trailernya berulang kali. Atau mungkin kamu juga sudah melihat analisa trailer yang ada di artikel sebelumnya. Info baru datang dari beberapa orang yang datang langsung ke acara perkenalan Battlefield 1 tersebut. Undangan eksklusif tersebut memberi mereka info lebih terhadap game ini. Seperti dilansir oleh situs VG247, bahwa orang-orang yang datang ke acara oleh DICE tersebut mendapat info-info lebih lanjut dari game bersetting Perang Dunia Pertama ini. Meskipun mereka tidak boleh membocorkan terlalu banyak dari apa yang mereka dapatkan di sana.

1. Pertarungan Tangan Kosong Menjadi Perhatian

DICE mengembangkan serangan jarak dekat/melee di dalam Battlefield 1 menjadi bukan hanya sekedar “menusuk musuh”. Keberadaan senjata-senjata jarak dekat seperti sekop, pemukul berduri, dan senjata lainnya akan membuat eksekusi jarak dekat dalam Battlefield 1 nantinya bervariasi. Setiap senjata memiliki aspek positif dan negatif saat digunakan di pertarungan. Karena beberapa senjata bersifat lebih ringan dan yang lain lebih berat. Hal ini nantinya berdampak pada damage serta waktu reaksi yang diperlukan untuk mengeksekusi satu serangan. Tentu saja senjata ringan memberikan damage lebih kecil, tapi waktu yang diperlukan lebih singkat.

Hal ini nantinya akan merubah gaya bermainmu dimana pendekatan serangan jarak dekat bukanlah sebuah kesempatan yang datang di saat-saat tertentu saja, seperti ketika kamu mampu mencapai musuh yang tidak sadar akan kehadiranmu. Tapi menjadi sebuah opsi yang bisa kamu ambil dalam menyerang musuh. Perlu diingat penggunaan senjata pada masa perang dunia pertama tidak semudah di era modern. Dimana peluru yang terbatas mungkin akan memaksamu menggunakan serangan melee ini

 

2. Variasi Kendaraan Memiliki Kemampuan Berbeda-beda

Tidak afdol membicarakan Battlefield tanpa membicarakan kendaraan-kendaraan yang ada di dalamnya. Dan pada Battlefield 1 ini kamu masih akan berhadapan dengan variasi kendaraan yang sangat beragam. Bahkan, kamu akan menjumpai kendaraan mulai paling dasar seperti kuda, hingga tank dengan berbagai ukuran. Varian kendaraan yang hadir nantinya juga tidak hanya sekedar tampilan dimana seperti pada seri sebelumnya semua kendaraan terasa “sama”. Pada Battlefield 1 tiap kendaraan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bahkan, tiap kendaraan akan memiliki ability yang berbeda-beda yang memiliki keuntungan masing-masing saat menggunakannya. Jadi pemilihan jenis kendaraan akan sangat berpengaruh pada progress pertempuran nantinya.

Pengemudi kendaraan kini juga menjadi kelas tersendiri di dalam Battlefield 1. Tidak seperti seri-seri sebelumnya dimana setiap orang bebas dan bisa mengakses semua kendaraan dengan seenak hati. Pada Battlefied 1 pengemudi tank dan pilot pesawat adalah kelas tersendiri, sehingga pemain yang memilih untuk mengemudikannya harus menggunakan kendaraan tersebut secara maksimal dalam peperangan. Peperangan antar kendaraan, terutama pesawat atau sering disebut dog fight pada Battlefield 1 nantinya akan lebih sulit dari seri sebelumnya. Karena tidak seperti pada seri ketiga dan keempat, dimana proses membidik dan mengunci sasaran dilakukan secara otomatis. Pada game ini nantinya semua hal itu dilakukan secara manual, sehingga skill dan kemampuan para pemain yang menentukan bagaimana pertempuran akan terjadi.

 

3. Pengaturan Kelas Baru dalam Mode Multiplayer

Pada video 5 menit extra gameplay yang tidak dipertunjukkan pada saat livestream menunjukkan bahwa pembagian kelas di Battlefield 1 di rework ulang. Kini, pembagian kelasnya menjadi  Assault, Medic, Scout dan Support. Sedikit berbeda dari seri-seri sebelumnya, namun juga memberikan keseimbangan yang lebih baik terhadap tugas-tugas dari tiap kelas. Seperti medic yang sebelumnya menjadi satu kelas dengan assault yang notabene adalah penyerang utama, kini menjadi kelas tersendiri yang dapat memaksimalkan tugasnya dalam hal menyediakan bantuan medis di pertempuran. Sedangkan assault kini memiliki akses ke senjata peledak, ranjau anti-tank, dan sejenisnya yang mampu menghancurkan kendaraan.

Salah satu kelas yang absen adalah engineer yang dulu memiliki akses dalam memperbaiki kendaraan yang rusak di dalam medan pertempuran dan mampu menggunakan rocket launcher. Belum ada kepastian dari DICE apakah nantinya akan ada kelas pengganti yang sama dengan engineer atau tidak. Dan apabila memang tidak ada kelas engineer, maka penggunaan kendaraan akan menjadi suatu hal yang riskan. Dimana para pemain lain juga harus berusaha membuat kendaraan-kendaraan yang ada mampu bertahan selama mungkin dan menghancurkan musuh sebanyak mungkin.

 

4. Kehancuran Yang Lebih Masif

Bila pada seri ke 4 kehancuran yang bisa didapat dari sebuah medan perang mampu mempengaruhi pertempuran secara langsung seperti merobohkan jalanan ke dalam parkir basement dll. Maka kehancuran yang akan terjadi pada Battlefield 1 nantinya akan lebih masif. Seperti yang bisa dilihat di dalam trailer bahwa pesawat yang jatuh menabrak sebuah kincir angin dapat menghancurkan bangunan tersebut dan melontarkan pesawat tersebut berkeping-keping. DICE mengkonfirmasi bahwa Levolution yang akan hadir dalam Battlefield 1 nantinya lebih beragam dan memiliki efek perubahan pada pola pertempuran yang berbeda pula.

Peningkatan kehancuran juga terjadi pada kendaraan, dimana bagian kendaraan yang hancur akan berpengaruh pada performa atau handling dari kendaraan tersebut secara langsung. Ambil contoh pesawat Fokker yang kamu gunakan tertembak pada bagian sayap kanan, maka pesawat yang kamu naiki akan mudah oleng dan membuatmu akan lebih mudah dikejar. Hal ini juga akan berpengaruh pada semua jenis kendaraan. Entah apakah kuda juga termasuk kendaraan yang memiliki efek kerusakan atau tidak.

 

5. Penggunaan Gas Mask Menjadi Krusial

Pada trailer perdana Battlefield kita dapat melihat satu scene dimana terdapat gas yang memenuhi satu area di dalam hutan. Memang, pada Perang Dunia Pertama penggunaan senjata kimia bukan hal yang aneh. Namun di dalam Battlefield, hal ini nantinya juga akan menjadi sebuah game-changer. Dimana kita memiliki kebebasan untuk mengambil taktik selanjutnya. Menembus area gas kimia tersebut menggunakan masker gas, atau berputar mencari jalan lain. Hal ini juga dapat digunakan untuk menjebak musuh dengan mengarahkan mereka ke jalur lain lewat gas kimia tersebut.

Penggunaan masker juga nantinya akan mempengaruhi area penglihatan yang akan kamu miliki. Sehingga ketika memakai masker gas, akan semakin sulit untuk kamu mengetahui lokasi musuh dan membidiknya secara cepat. Hal ini menjadikan penggunaan masker menjadi sebuah dilema krusial. Apakah kamu akan melepas masker gas tersebut namun beresiko terkena bom gas kimia tersebut atau memakainya terus.

 

Berikut tadi adalah 5 info eksklusif terbaru dari game Battlefied 1. Sebuah ironi yang cukup unik, dimana setting Perang Dunia yang dulu sudah pernah digunakan menjadi terasa sangat fresh untuk seri Battlefield ini. Bahkan menjadi permintaan yang dikabulkan oleh para penggemar game FPS di seluruh dunia yang kelihatannya sudah sangat jenuh dengan setting perang futuristik.

Battlefield 1 nantinya akan dirilis pada 21 Oktober 2016 untuk PC, Playstation 4, dan Xbox One. Dan bagi kamu yang membeli bundel Early Enlister Deluxe Edition akan bisa bermain 3 hari cepat dari edisi standar, plus berbagai in-game bonus.

Exit mobile version