5 Hal yang Perlu Kamu Ketahui dari Game Batman Terbaru Gotham Knights

in ,

Sepertinya DC benar-benar menyikapi perilisan console next-gen dengan serius. Pasalnya melalui ajang DC FanDome beberapa waktu yang lalu mereka telah menyiapkan dua game yang direncanakan akan dirilis pada tahun 2021 dan 2022, dimana bisa dipastikan game Suicide Squad : Kill The Justice Legaue dan Gotham Knights akan dirilis diconsole PS5 dan XBOX series X.

Dari kedua game yang diumumkan, sepertinya Gotham Knights bisa kita gali lebih dalam, mengingat pada ajang DC FanDome, pihak WB Montreal memperlihatkan trailer serta gameplay dari game yang satu. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, mimin akan berbaik hati membahas beberapa hal yang bisa kita antisipasi baik dari segi cerita, gameplay, maupun beberapa fitur yang akan dihadirkan oleh game Gotham Knights.


1.Story : Kematian Batman dan Reuni Keluarga

Gotham Knights Video Game

Satu Langkah yang cukup berani diambil oleh DC terhadap 2 game terbarunya, dimana mereka tidak menampilkan sang protagonis utama dari franchisenya. Mereka lebih memilih untuk menampilkan sang antagonis digame Suicide Squad : Kill The Justice Legaue dan anggota Bat-Family pada game Gotham Knights sebagai playable character. Seperti yang kita ketahui dari trailer Gotham Knight, cerita sendiri akan berfokus pada Bat-Family, dimana Batman diceritakan telah tewas.

Tugas Batman sendiri akan diambil alih oleh “anak-anaknya” yaitu BatGirl, Red Hood, NightWing, dan Robin. Alur ceritanya sendiri bakal berfokus pada hubungan serta kemampuan para anggota dari Bat-Family untuk menjaga keamanan Gotham. Jika mengacu pada cerita versi Komik, kematian Batman sendiri terdapat pada issue Batman: Battle for the Cowl yang dirilis pada tahun 2009, dimana kota Ghotam dilanda kekacuan setelah kematian dari sang manusia kelelawar tersebut.


2.Klasik Antagonis dan Court of Owl Sebagai Hidangan Utama

Dalam cuplikan gameplay yang beredar kita bisa melihat bahwa game Gotham Knight akan menghadirkan para antagonis klasik dari dunia Batman. Sejauh ini Gotham Knight baru memerkan Mr.Frezze sebagai salah satu musuh yang akan turut ambil bagian dari kekacuan kota Gotham pasca kematian Batman. Hal ini bisa menjadi sinyal bahwa akan banyak musuh-musuh Batman seperti  Scarecrow, Jane Doe, Firefly, Poison Ivy, Killer Croc dan Two Face yang tentunya akan hadir dalam game ini.

Batman Court Of Owls 1234215 1280x0

Meskipun begitu, sepertinya segala kekaucan game ini akan berfokus pada salah satu Major Antagonis, yaitu Court of Owl yang merupakan organisasi rahasia yang bersembunyi dibalik gelapnya Kota Gotham. Dengan hadirnya Court of Owl, bisa dipastikan bahwa para anggotanya yang disebut Talons juga akan hadir meramaikan game ini. Peran Court of Owl sendiri akan menjadi seperti mastermind, yang menjadi dalang kematian Batman dan semua kekacuan yang terjadi di Kota Gotham. Sayangnya belum ada konfirmasi lebih lanjut apakah supervillain sekelas Joker. Penguin, dan Bane akan hadir dalam game Gotham Knights.


3.Gotham Knight = Arkham Trilogy dengan Sentuhan Co-Op

Jika berbicara gameplay sepertinya Gotham Knight tidaklah jauh berbeda dengan game Arkham Knight. Dunia Open World, berbagai misi sampingan, elemen stealth, dan berjuta aktivitas lain yang bisa kamu temukan dengan mengeksplor dunia yang begitu luas. Meskipun begitu Gotham Knight dipastikan memiliki fitur yang tidak dimiliki oleh game Batman Arkham series, dimana game yang satu ini akan mendukung Co-Op Mode.

Screenshot 24

Meskipin fitur Co-Op dalam Gotham Knight tidak akan sekompleks game-game seperti Destiny yang mengharuskan kerjasama tim, mengingat game yang satu ini tetap akan berfokus pada story dan sepenuhnya bisa dimainkan secara singleplayer. Namun fitur Co-Op ini menjadi sebuah pembeda yang akan membuat pengalaman bermain game Gotham Knight lebih menarik.

Maxresdefault (2)

Terlihat dari gameplay yang beredar, kemungkinan besar saat bermain secara singleplayer kamu dapat dengan leluasa beganti karakter. Selain itu combact dalam game ini sendiri juga ditampilkan lebih cepat dan intens, yang didukung dengan berbagai gadgets-gadgets canggih dari franchise Batman.


4.Upgrade, Level Up, dan Mekanimse RPG lainnya

Screenshot 25

Seperti dalam game Arkham Trilogi sebelumnya, kemungkinan besar Gotham Knights juga akan menghadirkan beberapa fitur upgrades, kustomisasi, abilities, dan level up. Namun, dari gameplay yang diperlihatkan diajang DC FanDome, sepertinya Gotham Knights akan memiliki system upgrade yang cukup kompleks dibanding seri Arkham Games. Dalam teaser gameplay tersebut, diperlihatkan bahwa, setiap kali Batgirl membunuh musuhnya, maka akan ada jumlah XP yang didapatkan.

Screenshot 26

Sehingga kemungkinan besar, system RPG dari game Gotham Knights akan cukup kental, karena kamu tidak hanya akan fokus pada meningkatkan kemampuan dari item, serta kemampuan mu saja, namun base level karakter mu juga perlu kamu tingkatkan dengan terus menerus bertarung ataupun melakukan banyak misi. Kemungkinan besar game ini juga akan memiliki mekanisme yang hampir sama dengan game Marvels Avanger yang akan dirilis bulan September nanti, baik secara Co-Op atau Level Up sistem.


5.Game Dengan Banyak Potensi

Screenshot 27

Berbicara tentang potensi, tentunya Gotham Knight masih memiliki beberapa fitur yang mungkin masih disembunyikan atau akan diupdate secara bekala saat perilisannya. Seperti memunculkan karakter-karakter major seperti Batman ataupun Joker, atau menambahkan cerita tambahan. Mengingat game ini sendiri pada dasarnya merupakan game single player yang akan berfokus pada story, kemungkinan besar potensi yang bisa dikembangkan oleh game ini adalah fitur Co-Op. Fitur multiplayer ini tentunya bisa digali lebih dalam dengan fitur campaign yang akan memberikan berbagai keuntungan seperti membuka item baru atau kemampuan baru.

Batman Gotham Knights Court Of Owls 1234272 1280x0

Tentunya masih banyak fitur yang belum dipamerkan oleh pihak pengembang mengingat tanggal perilisannya sendiri direncanakan pada tahun 2021, kemungkinan besar Gotham Knight masih menyimpan banyak kejutan. Mari kita tunggu saja


Itulah hal-hal yang mungkin sedikit kita lihat dari beredarnya Trailer serta gameplay yang dipamerkan oleh pihak pengembang diajang DC FanDome. Apapun itu tentunya tahun 2020-2022 adalah tahunnya para superhero di Industri Video game, pasalnya dalam kurun waktu tersebut baik DC maupun Marvel sama-sama merilis gamenya untuk meramaikan perang console next-gen.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Video Game serta artikel keren lainnya dari Andi Permana.

For any further collaboration, Contact me at [email protected]

Andi Permana

Written by Andi Permana

Semenjak aku megenal kerja lembur,aku berhenti percaya dengan sarapan pagi dan cinta pada pandangan pertama!