5 Jenis Kapal Perang Dalam World of Warships

in , , ,

Sebagai sebuah game simulasi kapal perang tentunya World of Warships selalu mencoba menghadrikan sebuah pertempuran yang penuh aksi serta pengalaman mengendarai kapal perang didalam video game. Tentunya guna membuat pengalaman tersebut menjadi semakin nyata, Wargaming selaku pengembang mecoba berbagai jenis-jenis kapal dari dunia nyata kedalam game. Total ada 5 jenis kelas kapal yang dihadirkan pengembang, salah satunya adalah kapal selam yang baru saja ditambahkan pada update beberpa waktu yang lalu. Kapal-kapal tersebut tentunya memiliki beberapa jenis senjata serta cara bermain yang berbeda pula. Dimana setiap kapal memerlukan strategi yang berbeda pula untuk bisa dimaksimalkan kemampuannya dan memenangkan permainan. 

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini Gamebrott akan membahas 5 kelas kapal yang ada dalam World of Warships, serta strategi yang tempat saat kamu menggunkan berbagai jenis kelas kapal yang ada.


Bagi para pemain yang ingin mendapatkan berbagai keuntungan saat memainkan game World of Warships, bisa langsung memainkannya dan mendownloadnya melalui link dibawah ini. Selain itu gunakan Promocode yang kami cantumkan dibawah ini, untuk mendapatkan keuntungan  : 

-3x Premium Ships

-7-Day Premium Account

-500 Gold

-1,000,000 Silver

Link Download : World of Warships

Promocode : WIN2020

Ayoo tunggu apalagi! Segera mainkan World of Warships dan saksikan aksi-aski menarik dari petempuran kapal perang!


1.Destroyer – Sang Kapal Penghancur

Destroyer sendiri bisa dibilang menjadi kelas kapal yang wajib kamu kuasai, dikarenkan kapal ini memiliki mekanisme gameplay yang cocok bagi kamu yang baru memainkan World of Warships. Dengan kecepatan, daya jelajah, serta kemampuan bertahan dan menyerang yang bisa dibilang seimbang, Destroyer menjadi jenis kapal paling sering digunakan oleh para pemain. Secara gameplay, kapal ini menjadi begitu berbahaya karena secara alami memiliki kecepatan, sehingga dengan mudah mampu mendeteksi kapal-kapal musuh. Dengan kecepatan tersebutlah, kapal Destroyer bisa dengan mudah keluar dan masuk kedalam medan petempuran, sembari menembakan torpedo yang menjadi senjata utamanya untuk menenggelamkan kapal lawan.

Meskipun memiliki daya hancur yang lebih kecil dibanding kelas-kelas kapal yang lain, namun torpedo miliki Destroyer mampu memberikan kerusakan kesemua jenis kapal yang ada dalam World of Warships. Selain itu kemampuan smoke screen yang dimiliki oleh kapal yang satu ini bisa menjadi sebuah pertahanan yang sempuran untuk menganggu serta melindung kapal-kapal sekutu mu dari serangan lawan. Kunci utama bermain dengan kapal Destroyer adalah kemampuan mu bermanuver dengan kecepatan yang dia miliki serta memanfaatkan kemampuan smoke screen untuk bertahan dari serangan lawan.

Menarik untuk kelas kapal Destroyer setiap negera memiliki keunikan tersendiri dalam World of Warships. Dimana kapal-kapal Destoryer, Amerika memiliki senjata yang lengkap dan daya hancur tinggi, sedangkan kapal Destroyer asal Jepang memiliki akan lebih sulit dideteksi oleh lawan.

  • Tips Bermain Menggunakan Destroyer :

-Kemampuan utama Destroyer adalah kecepatan serta manuvernya yang cepat. Manfaatkan hal tersebut untuk mendekat ke musuh

-Selalu jaga jarak! Destroyer sangat mudah ditenggelamakan, namun daya hancur torpedonya akan meningkat drastis saat jarak dengan musuh semakin dekat.

-Manfaatkan pulau-pulau kecil di peta untuk bersembunyi

-Jangan terlalu sering menggunakan mode Binocular


2.Cruisers – Kapal Multifungsi

Cruisers sendiri bisa dibilang merupakan kapal multifungsi yang bakal menjadi counter sekaligus musuh alami bagi kapal-kapal Destroyer. Meskipun secara kemampuan Cruisers sendiri tidaklah terlalu istimewa, namun peran kapal penjelajah yang satu ini begitu krusial karena mampu memerankan peran yang begitu vital. Peran utama kapal Cruisers sendiri adalah menghancurkan kapal-kapal Destroyer milik lawan, sekaligus menghancurkan pesawat-pesawat musuh menggunakan tembakan AA yang dimilikinya.

Tanggung jawab sebagai pengemudi kapal Cruisers sendiri adalah memastikan setiap kapal sekutu tetap bertahan selama mungkin dalam permainan, dengan terus memantau jalannya medan perang. Sehingga kemampuan mu membaca permainan akan menjadi kunci kemenangan. Cruisers sendiri mampu mengisi banyak peran dalam permainan, baik sebagai kapal menyerang ataupun bertahan, karena memiliki keseimbangan baik menyerang ataupun bertahan. Namun kapal ini sendiri sejatinya adalah kapal serba bisa yang mampu menyesuaikan dengan kondisi medan perang.

Setiap negara sendiri memiliki keunikan Cruisers yang berbeda-beda pula, seperti Kriegsmarine miliki German yang memiliki Precise Aiming System yang membuat tembakan mu lebih akurat saat menembak, ataupun kapal miliki Italia yang memiliki pertahanan yang lebih kuat dibanding kapal-kapal Cruisers dari negara lain.

  • Tips Bermain Dengan Cruisers :

-Selalu perhatikan peta, karena tugas mu adalah menyerang dan bertahan

-Selalu awasi kapal sekutu disekitar

-Hindari kelas kapal Battleships musuh. Tugas utama mu adalah melindungi kapal sekutu dari serangan

-Maksimal senjata AA untuk menghancurkan pesawat-pesawat lawan.


3.Battleships – Sang Raksasa Penuh Senjata

Battleships sendiri adalah kapal perang raksasa yang dirancang untuk mendominasi jalannya pertempuran. Dengan karakteristiknya dengan armor tebal, senjata lengkap dan berdaya hancur tinggi, membuat Battleships dirancang sebagai kapal yang mengandalkan kekuatan. Sehingga strategi yang digunakan oleh Battleships sendiri tergolong mudah karena bertugas menghancurkan kapal-kapal lawan dengan senjatanya. Bisa dibilang Battleships sendiri adalah kapal dengan persenjataan super lengkap, mulai dari serangan jarak jauh yang mampu membidik kapal-kapal lawan, hingga senjata AA untuk menyerang pesawat-pesawat musuh.

Kunci bermain menggunakan Battleships sendiri adalah terus menjaga jarak dan menghancurkan lawan dari jarak jauh. Dikarenakan, dibalik daya hancurnya serta pertahanannya yang luarbiasa, kelemahan utama dari jenis kapal dari kelas Battleships adalah kecepatan bermanuver yang rendah, serta reload time senjata yang membutuhkan waktu cukup lama. Sehingga jarak serang menjadi kunci utama dalam menggunakan kelas kapal yang satu ini. Walaupun kapal ini bisa bertahan dari serangan musuh karena armornya yang kuat, cara paling efektif menggunakan Battleships adalah tetap berada dibelakang garis pertempuran sembari memanfaatkan daya hancurnya yang luar biasa untuk menenggelamkan kapal-kapal musuh.

Meskipun dirancang sebagai kapal penghancur dengan armor yang tebal, negara-negara dalam World of Warships tetap memiliki keunggulan masih-masih dari segi Battleships. Seperti Jepang yang memiliki Yamato dengan daya hancur tinggi, dan kapal dari US Navy yang merupakan kapal yang memiliki akurasi paling tinggi dalam urusan serangan jarak jauh.

  • Tips Bermain Battleships :

-Sabar dan hancurkan lawan mu dari garis belakang pertempuran.

-Ketepatan menembak adalah kunci. Dengan cara bermain memanfaatkan jarak, serta reload time yang memakan waktu, kamu harus bijak dalam menyerang.

-Rencanakan rute mu. Jangan sampai kamu terjebak kedalam area musuh, karena secara manuver dan kecepatan kelas kapal ini tergolong lambat

-Gunakan area terbuka untuk bertarung. Hindari area dengan pulau-pulau kecil dan selalu manfaatkan serangan jarak jauh.


4.Aircraft Carrier – Sang Ahli Strategi yang Berbahaya

Bisa dibilang kelas kapal Aircraft Carrier didesain dengan kemampunan yang unik dan menawarkan permainan yang menarik bagi kamu yang doyan dengan gaya bermain penuh strategi. Pasalnya jenis kapal yang satu ini memilik cara bermain yang sangat berbeda dengan kelas kapal-kapal yang ada dalam game World of Warships. Pasalnya kemampuan Aircraft Carrier sendiri mampu menjangkau dan menyerang musuh yang ada di peta dengan pesawat-pesawat yang dimilikinya.. Kemampuan menyarang inilah yang bisa dimanfaatkan untuk menghancurkan musuh sekaligus memberikan informasi dimana lokasi musuh berada ada.

Aircraft Carrier sendiri bisa dibilang kapal yang memiliki senjata yang cukup lengkap tergantung jenis strategi apa yang akan kamu gunakan. Total ada jenis empat pesawat diantaranya, adalah Torpedo Bombers, Dive Bombers, dan Fighters. Setiap pesawat tersebut akan memiliki peran tertentu dan kegunaanya dalam serangan, berikut adalah kegunaan jenis-jenis pesawat dari Aircraft Carrier.

-Torpedo Bombers, melepaskan serangan torpedo dengan daya hancur tinggi. Meskipun gerakannya tergolong lambat namun damage yang diakibatnya bersifat damage overtime, sehingga memberikan kerusakan terus menerus.

-Dive Bombers, Hampir sama dengan pesawat Torpedo Bombers, namun kerusakan yang disebabkan menyebabkan efek kebakaran dan damage yang diakibatkan besifat damage overtime

-Fighters,  Jika dibandingkan Torpedo dan Dive Bombers yang difungsikan untuk menyerang, maka jenis pesawat Fighters lebih difungsikan sebagai alat pertahanan. Dimana Fighters mampu melindungi kapal sekutu sembari menyerang kapal-kapal Destroyer dan Cruiser lawan yang mencoba menyerang.

Dengan kemampuan menjangkau musuh yang berada diseluruh area map, maka posisi menjadi kunci saat bermain dengan Aircraft Carrier. Dengan tetap berdiam dari jarak yang aman sembari mengumpulkan informasi lokasi musuh, maka kekurangan utama dari kelas kapal ini yang terletak pada kemampuan bertahannya yang lemah dapat tertutupi.

  • Tips Bermain Aircraft Carrier 

-Manfaatkan kemampuan Aircraft Carrier yang bisa menyerang seluruh kapal di map, dengan tetap berdiam diri diarea aman.

-Maksimalkan berbagai jenis kemampuan pesawat yang dimiliki oleh Aircraft Carrier baik untuk menyerang dan bertahan

-Jangan terlalu takut untuk menyerang! Meskipun serangan mu tidak mengenai musuh, namun serangan dari Aircraft Carrier bisa difungsikan untuk mencari posisi kapal musuh.


5.Submarine – Kapal Penghancur dari Dasar Laut

Hal utama yang harus kamu kuasai untuk sukses menggunakan Submarine, adalah menguasai kemampuan manuver/pergerakan kapal yang satu ini. Berbeda pada class kapal pada umumnya yang menggunakan WASD sebagai control utamanya dalam bermanuver, kapal selama sendiri memiliki beberapa tambahan tombol untuk bisa naik kepermukaan dengan F dan C untuk menyelama dalam air. Sedangkan untuk mengkunci posisi kapal kamu perlu menekan Ctrl + F atau Ctrl + C. Sehingga dalam menggunakan Submarine kemampuan manuver mu akan memegang kunci permainanlalui mode Submarine Battles, tentunya kelas kapal yang satu ini menarik untuk dibahas. 

Kedua mode ini memiliki kemampuan serta pengguaannya yang berbeda pula.Saat dipermukaan sendiri kamu akan memiliki keuntungan yang memudahkan mu untuk mengetahui lokasi musuh mu dengan leluasa, mengingat jarak padang yang ditampilakan lebih jelas. Sehingga saat kamu berada dimode atas air sendiri lebih ditujukan untuk mengamati lokasi dan menentukan strategi apa yang tepat untuk mengalahkan musuh-musuh mu.Sedangkan dalam mode menyelam sendiri, lebih ditujukan sebagai mode menyerang, mengingat saat kamu berada pada kedalamana 6 hingga 30 meter, posisi kapal mu akan lebih sulit untuk dideteksi oleh kapal musuh, sehingga kamu bisa dengan mudah menyerang. Selain itu saat memasuki mode menyelam sendiri hanya bisa diketahui oleh kapal selam miliki musuh saja.

Dimana saat diatas air sendiri adalah saat yang tepat untuk menentukan lokasi kapal musuh dan mengatur strategi pennyerangan. Sedangkan untuk mode menyelam sendiri, dikhususkan untuk mengeksekusi kapal-kapal musuh. Sehingga kemampuan bermanuver.

  • Tips Bermain Submarine :

-Hemat baterai mu! Fungsi baterai di kapal selam sendiri difungsikan sebagai daya utama kapal yang satu ini. Dimana kamu tidak bisa dengan terus menerus bergerak dengan kecepatan penuh dalam kondisi menyelam ataupun menggunakan Sonar Ping.

-Gunakan Sonar Ping untuk mengunci lawan dan memaksimalkan serangan torpedo mu.

-Serang musuh yang berada dalam garis lurus. Torpedo dari Submarine sendiri hanya mampu menjangkau musuh yang ada didepan mu.

-Incar kapal kapal dengan ukuran besar.


Tentunya semua kelas kapal tersebut memiliki fungsi serta kemampuan yang berbeda pula dalam permainan. Walapun begitu sertategi terbaik dalam memenagkan pertempuran adalah komunikasi yang baik antar para pemain dan kemampuan mu memaksimalkan kemampuan yang dimiliki oleh kapal-kapal yang ada didalam World of Warships.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Video Game serta artikel keren lainnya dari Andi Permana.
For any further collaboration, Contact me at author@gamebrott.com

Andi Permana

Written by Andi Permana

Semenjak aku megenal kerja lembur,aku berhenti percaya dengan sarapan pagi dan cinta pada pandangan pertama!