5 Kacamata Virtual Reality Terbaru dan Terbaik yang Harus Kamu Coba

944524541440111

Pesatnya perkembangan teknologi ternyata juga mempengaruhi dunia game. Saat ini, banyak perusahaan yang tengah mengembangkan berbagai teknologi virtual reality, salah satunya adalah perangkat berbentuk kacamatavirtual reality. Kacamata ini memungkinkan para gamer untuk bermain game dengan jauh lebih asik karena mereka seolah bisa masuk dan benar-benar ada di dalam game-nya. Bagi kamu yang penasaran, berikut akan kami bahas beberapa kacamata virtual reality yang biasa digunakan oleh para gamer.

1. FOVE VR

Image by hypergrid bussiness

Kacamata virtual reality pertama yang sebaiknya dicoba para gamer adalah FOVE VR. Dalam event Comic Con yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu, Yuka Kojima (sang CEO FOVE) mengungkapkan beberapa kelebihan FOVE VR, di antaranya adalah adanya dukungan dari sejumlah aplikasi penting dari FOVE, depth-of field yang responsif dan sensor infra merah yang memonitor mata pemakainya. Beberapa kelebihan tersebut tentunya membuat dunia virtual yang kamu lihat akan tampak lebih nyata. Kerennya lagi, sensor yang terdapat di FOVE VR juga memungkinkan pemakainya untuk mengontrol perangkat melalui gerakan mata. Perangkat ini juga dilengkapi oleh fitur head-tracking sehingga ke arah manapun pemakainya melirik, pandangan layar akan otomatis mengikutinya. Selain itu, kacamata yang dijuluki ‘The World’s First Eye Tracking VR Headset’ ini juga memiliki tampilan layar yang beresolusi tinggi yang berukuran 5.7 inci serta dengan sudut pandang 100 derajat.

 

2. Microsoft HoloLens

Image by surface

Kacamata virtual reality dari Microsoft ini memang tidak dikhususkan untuk gaming, namun pihak Microsoft tengah mengembangkan HoloLens dengan cara meminjamkannya kepada pengembang games VR. Sehingga, bisa kita harapkan jika kedepannya kacamata virtual reality ini akan men-support banyak games VR yang ada.

Salah satu kelebihan HoloLens adalah fiturnya yang memungkinkan penggunanya untuk berjalan ‘di dalam’ duniaaugmented reality. Ya, kamu bisa menyentuh objek di dalam dunia virtual seakan objek tersebut benar-benar nyata dan cocok untuk digunakan oleh para designer untuk merancang rumah, digunakan calon dokter untuk latihan bedah dan lain sebagainya. Lalu, bagaimana jika fungsi ini diterapkan dalam game? Pasti sangat seru. Bayangkan saja, kamu akan bisa menebas monster di game Warcraft dengan tanganmu sendiri, atau menjadi Batman yang menangkap para penjahat di game Batman: Arkham VR.

 

3. HTC Vive Pre

Image by gamespot

HTC juga ikut andil dalam persaingan kacamata virtual reality ini. Produknya yang bernama HTC Vive disambut dengan cukup baik dan berhasil mendapatkan nominasi sebagai Best Hardware di ajang Gamescom 2015. Kini, HTC telah meng-update kacamata virtual reality-nya menjadi lebih canggih dalam HTC Vive Pre. Kacamata virtual realitygenerasi kedua dari HTC ini dibuat untuk mencapai satu misi, yaitu meminimalisir kebutuhan kabel dari perangkat VR tersebut. Perbedaan lainnya adalah tampilannya yang dibuat semakin ramping, desain tali kekang yang lebih stabil dan sistem visual yang semakin tajam dan mendetail.

HTC Vive Pre merupakan perangkat VR pertama yang mendukung Stream VR. Selain itu, HTC Vive Pre juga dilengkapi fitur Full Room Scale 360 Degree Solution dan Tracked Controllers. Hal ini memungkinkan para gameruntuk berkeliling ke dunia di dalam Vive dalam sekejap.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

 

4. Sony PlayStation VR

Image by anandtech

Kacamata virtual reality yang memiliki layar 5,7 inci dan resolusi Full HD ini mengandalkan sensor accelerometerdan gyroscope untuk menantang perangkat kacamata virtual reality lainnya. Adapun kelebihan Sony PlayStasion VR adalah layarnya yang cukup lebar, yaitu 5,7 inci dengan resolusi Full HD. Selain itu, kacamata virtual reality ini juga akan men-support game yang sebelumnya ada untuk perangkat PlayStation. Beberapa judul game yang sudah bisa dimainkan dengan kacamata PlayStation VR adalah Monster Escape, Cat N Mouse, Ghost House dan sebagainya.

 

5. Oculus Rift

Image by forbes

Oculus Rift merupakan produk kacamata virtual reality yang paling diunggulkan, bahkan banyak pakar yang memprediksi bahwa Oculus Rift akan mendominasi penjualan kacamata VR tahun ini. Tidak tanggung-tanggung, kacamata ini mampu menyajikan sudut pandang 360 derajat dan memiliki dua layar yang langsung membidik kedua mata penggunanya.  Kerennya lagi, Oculus Rift telah men-support beberapa game menarik, seperti EVE: Valkrye, Doom 3: BFG Edition dan sebagainya. Bahkan, di akhir tahun ini pengguna Oculus Rift akan mendapatkan lebih dari 100 judul game baru yang bisa dimainkan dalam format VR. Hal tersebut dimungkinkan karena Oculus Rift juga membuat SDK (Software Development Kit) yang bisa digunkan para developer game untuk mengintegrasikan game mereka dengan perangkat tersebut.

Itu dia beberapa kacamata virtual reality yang akan sangat rugi jika kamu lewatkan. Jika kamu tertarik untuk mencoba bagaimana rasanya memakai kacamata virtual reality, kamu bisa di acara Colony Collection Market: Toys & Games yang akan dilaksanakan di Jakarta Convention Center pada tanggal 3-4 Desember 2016. Di acara tahunan yang diselenggarakan oleh Colony ini, kamu juga bisa berburu barang-barang menarik seperti untuk dikoleksi. Selain itu, kamu juga dapat bertemu dengan tokoh-tokoh ikonik di dunia toys & games, mengikuti berbagai kegiatan seru seperti kompetisi cosplay, rare item auction, games virtual reality dan juga mencoba motion sensor yang sedang hits.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi website Colony Collection Market atau hubungi cs@colony.co.id.

Sumber: colony.co.id

(Reviewed by Elvina Tineke)
Kolaborasi Gamebrott Media & PT Colony Komunitas Kolektindo.

Exit mobile version