5 Makanan Ikonis dalam Video Game yang Cocok untuk Menu Buka Puasa

in , ,
Download

Makanan memang sudah sering menjadi suatu aspek penting dalam video game. Biasanya, makanan dalam game bertujuan untuk keperluan healing, mendapatkan kekuatan bahkan untuk menyelesaikan suatu misi atau level. Berkat kepopulerannya, kini sudah banyak game yang menggunakan makanan sebagai tema utama seperti seri Overcooked dan Cooking Mama.

Meskipun makanan dalam video game hanyalah objek fiksi belaka, namun berkat kemajuan teknologi dalam industri video game membuat penampilan makanan semakin realistis dan terlihat menggiurkan, para pemain bisa berkhayal apakah rasa dari makanan virtual tersebut memang senikmat penampilannya.

Hal itu pun akhirnya mendorong banyak fans bisa coba membuatnya secara sungguhan, dan tentu kalian pun juga bisa. Terlebih dari hadirnya bulan Ramadhan ini, ada sejumlah kreasi menu-menu menarik yang bisa menjadi pilihan alternatif takjil buka puasa apabila mungkin kalian sudah bosan berbuka dengan menu yang itu-itu saja.

Untuk itu, penulis akan memberikan rekomendasi 5 makanan populer di video game yang cocok dijadikan menu berbuka yang tentunya unik dan menarik untuk dicoba.

5. Cake/Candle Cake – Minecraft

Screenshot 2

Fans Minecraft pasti sudah tak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Kue dengan bentuk kotak dan dekorasi yang unik menjadikannya cukup ikonis hingga membuat para fansnya menjadi penasaran seperti apa rasanya apabila memang dibuat sungguhan.

Awalnya, Notch selaku developer dari Minecraft berjanji akan menambahkan item baru berupa cake apabila gamenya menang dalam di ajang 2010 Indie of the Year Awards. Keinginan Notch pun tercapai dan cake akhirnya ditambahkan sebagai item food dalam Minecraft versi Beta 2.1.

Dalam gamenya, cake dapat dibuat di atas Crafting Table menggunakan bahan-bahan seperti 3 bucket susu, 2 gula, 1 telur dan 3 buah gandum. Sepertinya resep tersebut juga dapat diaplikasikan apabila kalian tertarik untuk membuatnya secara langsung. Atau kalian bisa mengunjungi situs ini untuk melihat resepnya secara lengkap.

Bentuknya yang unik dan rasanya yang sudah pasti manis dan lembut membuatnya sangat cocok sebagai menu buka puasa. Terlebih dengan ukurannya yang besar membuatnya sangat pas untuk disantap bersama dengan teman dan keluarga.

4. Sea Salt Ice Cream – Kingdom Hearts

Screenshot 1

Siapa sangka perpaduan antara JRPG dengan sejumlah karakter Disney membuat Kingdom Hearts mampu meraih kepopuleran. Ceritanya yang mengadaptasi tema parallel universe menjadi keunikan tersendiri bagi seri Kingdom Hearts. Hingga keunikannya tersebut akhirnya membentuk sebuah fanbase yang cukup besar.

Namun, “hambar” rasanya apabila membicarakan Kingdom Hearts tanpa menyinggung salah satu makanan ikonis di game tersebut yaitu Sea Salt Ice Cream. Sesuai dengan namanya, Sea Salt Ice Cream dikatakan memiliki kombinasi rasa manis es krim dipadukan dengan sedikit rasa asin layaknya air laut.

Tentunya, es krim yang identik dengan rasanya yang segar dan dingin membuatnya cocok untuk menjadi santapan berbuka puasa, terlebih apabila kalian yang sudah menahan haus di cuaca yang panas. Jika kalian pernah membuat es krim, maka prosesnya pun hampir sama, hanya saja ditambahkan sedikit garam sebagai sensasi rasa asin. Untuk lebih jelasnya, berikut artikel WikiHow mengenai cara pembuatannya.

3. Karlabos Cream Croquettes – Final Fantasy XV

Screenshot 3

Salah satu keunikan dari game Final Fantasy XV datang dari model 3D sejumlah makanan yang terlihat sangat detail dan realistis. Namun, bukanlah hal yang mustahil untuk membuatnya karena sejumlah makanan yang ada di dalam game memang dimodelkan berdasarkan makanan sungguhan yang dibuat oleh chef ternama.

Salah satu makanan dalam game yang sangat cocok untuk menu berbuka yaitu Karlabos Cream Croquette. Terbuat dari daging Karlabos dipadu dengan balutan tepung roti membuatnya sangat cocok apabila kalian bosan berbuka dengan gorengan biasa. Jika memang kalian tertarik membuatnya, jangan lupa untuk mengganti daging Karlabos dengan udang atau sejenisnya. Jadi kalian tidak perlu berburu Karlabos hanya untuk dibuat menjadi gorengan.

Untuk resepnya, kalian bisa unduh melalui Final Fantasy XV Cookbook yang merupakan buku masak untuk berbagai makanan dalam game Final Fantasy XV. Klik tautan ini untuk mengunduh file PDF-nya.

2. Black Forest Cake – Portal

Portalcake

Portal merupakan salah satu contoh game yang mampu memanfaatkan suatu hal yang sederhana menjadi sebuah plot yang unik. Dalam gamenya, kue merupakan salah satu aspek utama dalam jalan ceritanya, dimana berawal dari sebuah rayuan kepada pemain hingga timbul plot twist bahwa kue yang dijanjikan hanyalah manipulasi belaka. Hal itulah yang membuat kue black forest dalam game Portal menjadi salah satu makanan yang paling ikonis dalam video game. Hingga kalimat The Cake is a Lie menjadi meme yang cukup viral saat itu.

Selain kepopulerannya, tentunya kue black forest dari game Portal cocok sebagai menu buka puasa. Sama halnya dengan kue dalam Minecraft, ukuran black forest juga dikatakan cukup besar sehingga bisa menjadi santapan untuk berbuka bersama.

Valve selaku developer juga menyembunyikan easter egg yang memaparkan resep untuk membuat kue tersebut di dalam gamenya. Resep dapat ditemukan di berbagai layar komputer dan juga diutarakan oleh Intelligence Core di level terakhir saat melawan GLaDOS. Jika tertarik membuatnya, kalian bisa mengunjungi situs ini untuk melihat resepnya secara lengkap.

1. Sweet Roll – The Elder Scrolls V: Skyrim

Steamworkshop Webupload Previewfile 72151175 Preview

Sweet Roll memanglah hanya sebuah makanan fiksi yang tidak terlalu mempengaruhi gameplay. Meskipun dengan harganya yang hanya 2 gold dan efeknya yang hanya menambah health sebanyak 5 poin, Sweet Roll tetap menjadi salah satu aspek penting dalam game Skyrim.

Tentunya, hal tersebut berkat bentuknya yang unik serta dialog ikonis dari para NPC yaitu “Let me guess, someone stole your Sweet Roll?” yang hingga kini masih menjadi inside joke di kalangan para fans Elder Scrolls. Bahkan, di acara PAX Australia 2016, Bethesda selaku developer sempat membagikan Sweet Roll sungguhan kepada 100 pengunjung pertamanya.

Rasanya yang manis membuatnya cocok untuk dijadikan sebagai hidangan buka puasa. Selain itu, penampilannya yang cukup mirip dengan menu takjil pada umumnya membuat Sweet Roll dapat dijadikan pilihan alternatif yang unik.

Jika tertarik untuk mencobanya sebagai hidangan berbuka puasa, kalian bisa melihat resepnya di buku The Elder Scrolls Official Cookbook yang dibanderol seharga $35.00 atau sekitar Rp509.000. Namun, sebagai alternatif kalian juga bisa mengunjungi channel Youtube Binging with Babish untuk melihat proses pembuatannya secara langsung.


Itulah beberapa makanan yang cocok untuk dijadikan menu buka puasa. Tentunya, masih banyak makanan lainnya mengenai video game yang bisa menjadi alternatif takjil untuk berbuka. Jadi kalian tidak perlu terikat dengan artikel ini untuk membuatnya.

Selain itu, kalian juga bisa mengubah atau mengkreasikan sendiri sesuai selera apabila mungkin ingin mengubah bentuk atau bahannya sesuai selera. Yang pasti, buat yang banyak agar bisa bisa disantap bersama dengan teman atau keluarga saat berbuka puasa.


Baca juga kumpulan listicle-listicle lain serta berita terkini lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Written by Lauda Ifram

Enjoy gaming but suck at it.

Leave a Reply

Your email address will not be published.