5 Manfaat Yang Bisa Kamu Dapatkan Dari Bermain Video Games

in

Industri game kini telah berkembang dan menjadi besar tahun demi tahu nya, tidak hanya bermain game melalui konsol, kini jaman sudah modern sekarang siapapun bisa memainkanya diberbagai media seperti tablet, smartphone dan pc. Game-game di era sekarang juga lebih interaktif dengan pemainya daripada game jaman jaman dahulu di tahun 90’an.

Disamping hal yang negatif, ada juga benefit-benefit positif yang bisa kita dapatkan dalan bermain game:

1. Bermain Game Dapat Meningkatkan Memori

AC2_Clay_Desmond_Memory_Match

Menurut penelitian dari University of California untuk orang yang memainkan game, Hippocampus atau bagian dari sistem limbik, yang bertanggung jawab untuk emosi, perilaku, memori dan penciuman dapat ditingkatkan dengan memainkan game 3D. Dari penelitianya didapatkan, orang yang memainkan game 3D daya kinerja memori akan meningkat hingga 12 persen.

2. Dapat Meningkatkan Koordinasi

Dota 2

Dalam game-game yang membutuhkan kecepatan dan ketelitian seperti game FPS, MOBA, Music Video Game dsb, dapat menigkatkan koordinasi organ tubuh kita. Bahkan, bermain game dianggap telah membantu dokter dimeja operasi, karena diakui mereka yang bermain game mempunyai keterampilan yang lebih baik dan koordinasi tangan dan mata yang baik, terutama untuk operasi robot dan minimal invasif.

Menurut penelitian Dr. Rosser, dokter yang memainkan game 3 jam lebih dalam seminggu, memiliki kesalahan 37 persen lebih sedikit, 27 persen penanganan lebih cepat, dan 42 persen lebih baik dalam hal bedah Laparoscopy dari pada dokter yang tidak pernah main game.

3. Bagus Untuk Meningkatkan Fungsi Kognitif

screen shot 2015-07-30 at 10.56.29 am

Peneliti Adam Eichenbaum, Daphne Bavelier, dan C. Shawn Hijau menyatakan penelitian mereka terhadap efek positif dari video game, menurut mereka main game dapat memberikan mental-mental mendasar seperti persepsi, perhatian, memori, dan pengambilan keputusan yang dapat memberikan manfaat yang bagus terhadap kinerja sistem otak kita.

4. Dapat Menurunkan Stress Dan Depresi Berlebihan

462466_bejeweled2xbla

Sudah hal yang lumrah kalau bermain game dapat menurunkan stress dan depresi bahkan menghilangkan, karena pada dasarnya manusia bermain game hanya untuk kesenangan. Ketika manusia bermain game maka otak mereka akan fokus kedalam game dan dapat mengurangi tekanan-tekanan yang ada didalam pikiran manusia.

5. Tajam Dalam Pengambilan Keputusan

call-of-duty-ghosts-pc-screenshot-3840x2160-004

Para ilmuwan telah menemukan bahwa gamer memiliki kemampuan untuk membuat keputusan yang cepat dan akurat. Dalam penelitian Daphne Bavelier, ahli syaraf kognitif di University of Rochester, menunjukkan bahwa orang yang bermain video game action memiliki reaksi yang lebih cepat daripada mereka yang tidak bermain game. Video game action yang dimaksud adalah seperti game FPS, yang dimana pemain tidak akan tahu dimana letak musuh berada. Dalam penelitian lanjutanya dari gamer vs non-gamer juga membuktikan, 11 relawan gamer mampu membuat keputusan lebih cepat dari pada 12 non-gamer.

Galih Kresnawan

Written by Galih Kresnawan

Chief Editor. Senior Content Writer. Noob at almost every games. Certified Memes Maker | Work HARD, Play HARDER!! | Contact me at [email protected]