5 Prediksi Teknologi Smartphone Yang Akan Populer Di Tahun 2020

in ,

Saat ini perkembangan teknologi pada smartphone sangatlah pesat. Bahkan setiap tahun perkembanganya sangatlah cepat, karena perkembangan teknologi smartphone yang sangat cepat ini menjadikan vendor-vendor ponsel mengeluarkan poduk-produk barunya hampir setiap bulan.

Pada tahun 2019 lalu, kita sudah banyak sekali melihat teknologi-teknologi baru yang ditambahkan pada smartphone yang dikeluarkan setiap vendor. Mulai dari  layar punch hole, kemudian ada pop-up camera dan perang megapiksel antar vendor.

Nah, ditahun 2020 ini, saya akan mencoba untuk memprediksi trend teknologi smartphone yang akan populer ditahun 2020. Prediksi yang saya buat berdasarkan beberapa faktor, seperti market demand, perkembangan teknologi ditahun 2019. Jadi, bukan sekedar karangan tak berdasar belaka.

Namun, tentu saja prediksi ini tidaklah 100% akurat, mengingat manusia adalah tempatnya salah dan kebenaran mutlak hanyalah milik tuhan semata. Maka maafkan saya jika dikemudian hari ada beberapa point yang meleset.

Langsung saja, berikut 5 Prediksi smartphone yang akan populer ditahun 2020 versi Gamebroot;

1 Smartphone 5G Murah

Pada tahun 2019 lalu, teknologi 5G sudah mulai banyak diterapkan pada beberapa negara maju. Negara-negara yang teknenal seperti China, Korea dan Amerika ini mulai menerapkan teknologi jaringan 5G. Dan menurut prediksi, pada tahun 2020 akan makin banyak negara di Dunia yang menerapkan teknologi jaringan 5G.

Karena semakin banyaknya yang menerapkan teknologi ini, tentu saja menjadikan banyak vendor berlomba-lomba mengeluarkan ponsel yang mendukung teknologi jaringan 5G ini. Sebut saja Xiaomi, yang sudah mengeluarkan beberapa ponsel yang mendukung konektivitas 5G pada beberapa ponselnya. Nah, permasalahanya saat ini harga ponsel 5G sangatlah mahal dipasaran, maka tahun 2020 menjadi sebuah era  baru bagi ponsel-ponsel yang mendukung 5G.

Pada tahun 2020, menurut saya, akan banyak keluar ponsel 5G dengan harga murah(setidaknya tak semahal ponsel 5G yang saat ini ada dipasaran). Hal ini bisa saya pastikan setelah mediatek merilis sebuah SoC 5G dengan harga yang murah yaitu Dimensity 800, setelah itu Qualcomm juga merilis hal yang sama melalui Snapdragon 765.


2 Teknologi Kamera Yang Makin Berkembang

Saat ini teknologi kamera pada smartphone masih menjadi salah satu acuan sebuah smartphone itu bagus atau tidak. Masih sama dengan trend pada tahun 2019, pada tahun 2020 ini perang kamera dengan resolusi besar dan jumlah kamera akan semakin sengit. Terlebih seperti Xiaomi yang baru saja meluncurkan Mi Note 10 Pro yang memiliki resolusi kamera sebesar 108MP.

Saat ini, beberapa vendor telah juga telah mendaftarkan sebuah paten yaitu kamera depan Under Display. Dengan begitu, nantinya layar depan ponsel itu tak akan lagi memiliki lubang untuk kamera ataupun notch yang menurut sebagian orang sangat mengganggu.


3 Standar Pengisian Cepat Baru

Tahun 2019 setiap vendor smartphone berlomba-lomba menerapkan teknologi fast charging pada setiap ponsel-ponsel miliknya. Standar pengisian cepat pada tahun 2019 adalah 18W yang diterapkan hampir disemua ponsel yang sudah mendukung teknologi fast charging tersebut.

Nah, tahun 2020 ini menurut saya, teknologi fast charging masih menjadi salah satu faktor sebuah ponsel itu bagus atau tidak. Namun sedikit berbeda pada tahun 2019, sepertinya pada tahun 2020 standar teknologi fast charging akan semakin tinggi. Jika tahun 2019 standarnya adalah 18W, maka bisa jadi ditahun 2020 standar pengisianya berubah menjadi 30W-50W. Standar baru ini akan sangat berpengaruh, terlebih pada lini ponsel Flagship pada setiap Vendor ponsel yang ada di dunia.


4 Layar Smartphone Dengan Refresh Rate Tinggi

Jika tahun 2019 layar dengan refresh rate tinggi masih menjadi sebuah hal istimewa dan hanya terdapat pada smartphone dengan kelas Flagship. Maka, tahun 2020 nampaknya, layar smartphone yang miliki refresh rate tinggi juga akan tersedia pada ponsel-ponsel kelas menengah.

Layar smartphone dengan refresh rate 90hz akan menjadi sebuah standar setiap smartphone yang akan dirilis pada tahun 2020(terutama pada lini smartphone Flagship). Teknologi ini akan menjadi salah satu aspek dan standar baru setiap vendor untuk saling bersaing dipasaran.


5 Teknologi Layar Lipat

Teknologi layar lipat atau yang biasa disebut dengan foldable, pada tahun 2020 akan menjadi semakin populer. Tak seperti pada tahun 2019 yang hanya sedikit vendor smartphone yang berani mengeluarkan smartphone dengan layar lipat, maka tahun 2020 teknologi ini akan mulai diterapkan oleh banyak vendor smartphone.

Teknologi smartphone layar lipat ini akan menjadi salah satu trend dan populer, salah satu vendor yang sukses mengeluarkan ponsel ini adalah Samsung melalui Smasung Galaxy Fold miliknya. Walaupun sempat terjadi masalah dan ditarik dari pasaran.

Setelah itu, salah satu vendor ponsel, yaitu Motorola juga mengeluarkan produk yang sama. Namun berbeda dengan Samsung, ponsel lipat dari Motorola bisa dilipat secara vertikal dan diberi nama dengan Motorola RAZR 2019.


Jadi, itu adalah beberapa trend teknologi smartphone yang akan populer ditahun 2020 ini. Tentu saja seperti pada pembuka’an diawal, prediksi ini tidaklah 100% akurat karena kebenaran mutlak hanya milik tuhan semata. Sehingga apabila ada kesalahan saya mohon maaf.

 

Jika kalian sudi, jangan lupa untuk membaca artikel atau berita lain tentang tech dari Rizki

Rizki Arif Priyanto Nugroho

Written by Rizki Arif Priyanto Nugroho

Seseorang yang mencoba untuk mengamati tentang perkembangan teknologi dan pecinta ponsel pintar berbasis Android, for more information contact : [email protected]