5 Rekomendasi Aplikasi Parental Control untuk Pengguna Android

in , , ,
5 Aplikasi Parental Control Di Android

Penggunaan smartphone atau ponsel pintar saat ini sudah mulai tidak terkendali. Ponsel pintar bisa digunakan dengan bebas oleh siapapun dari anak-anak hingga orang dewasa. Hal ini karena gaya hidup dan kebutuhan setiap individu yang sudah bergantung pada gadget mereka.

Orang tua saat ini sudah membiasakan anaknya dalam menggunakan smartphone yang berujung kecanduan. Apabila anak-anak tidak dipantau dalam eksplorasinya, banyak hal-hal yang tidak diinginkan bisa terjadi. Seperti yang lagi ramai diperbincangkan saat ini, yakni tentang seorang anak yang mampu melakukan top up game online dengan sejumlah uang di sebuah supermarket tanpa sepengetahuan orang tua mereka. Kurangnya pemantauan terhadap aktivitas anak saat menggunakan smartphone menjadi satu faktor penyebab.

Saat ini, untungnya orang tua sudah dimudahkan dengan kemunculan aplikasi yang dapat memantau tingkah laku anak dengan ponselnya. Sehingga orang tua dapat mencegah sedini mungkin aktivitas-aktivitas yang seharusnya tidak dilakukan oleh anak mereka saat bermain di smartphone. Berikut 5 rekomendasi aplikasi parental control yang bisa kalian coba untuk para pengguna Android.

1. Kid’s Shell

Kids Shell Parental Control

Dengan memanfaatkan aplikasi Kid’s Shell Parental Control, orang tua dapat mengatur aplikasi yang dibolehkan untuk diakses seorang anak dalam satu menu atau tampilan. Penggunaannya pun lebih mudah. Anak tidak bisa memasang aplikasi sembarangan, karena sebelumnya harus dilakukan melalui persetujuan dari orang tua, dan juga anak tidak bisa melihat iklan plus saling berkirim pesan tanpa pengetahuan orang tua.

Fitur pendukung:

  • Tombol Locked Home
  • Password matematika untuk Parent mode dan exit
  • Lebih dari 48 aplikasi yang diperbolehkan

Kids Zone Parental Controls

Kids Zone

Kids Zone Parental Control merupakan aplikasi yang memungkinkan orang tua untuk membuat profil khusus pada penggunaan smartphone anak. Dalam pembuatan setiap profilnya, orang tua dapat mengatur aplikasi apa saja yang diizinkan untuk diakses oleh anak. Selain itu, bisa menambahkan wallpaper unik juga, lho. Pada Kid’s Zone mode juga bisa di-setup password untuk mencegah anak mengganti larangan yang telah ditentukan.

Selain itu, juga ada fitur untuk sesi time out atau membatasi waktu penggunaan. Jika batas waktu penggunaan smartphone yang telah ditentukan habis, maka anak tidak bisa menggunakan smarpthone hingga waktu yang telah ditentukan.

Fitur pendukung :

  • Membuat PIN yang dibutuhkan untuk membuka smartphone.
  • Dapat mengganti default PIN sehingga anak remaja Anda tidak bisa mengakses smartphone-nya.

3. Kids Place – Parental Control

Kids Place Parental Control

Kids place memiliki fitur child lock yang dapat melindungi dan mencegah anak untuk membuka aplikasi mobile, mengunduh aplikasi baru, melakukan panggilan telpon dan sms, hingga hal-hal yang berkaitan dengan pembayaran yang tidak diizinkan. Terdapat fitur restart bagi orang tua yang berguna saat anak tidak sengaja keluar dari aplikasi yang sedang berjalan.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa melakukan pemblokiran telepon dan melakukan disable semua sinyal WiFi. Saat melakukan pemasangan pada ponsel dan memakai aplikasi ini untuk pertama kalinya, orang tua diwajibkan untuk setup password untuk alasan keamanan.

Fitur pendukung :

  • Blokir panggilan telepon
  • Disable signal WiFi
  • Mengatur waktu penggunaan
  • Dapat support beberapa profil pengguna.

4. Family Time Parental Control

Familytime App Android

Family Time Parental Control hadir dengan dua aplikasi mobile terpisah yang memungkinkan orang tua untuk mengontrol aktivitas anak pada smartphone tanpa melihat anak yang sedang bermain secara langsung. Orang tua dapat mengaksesnya dari dashboard smartphone dan laptop. Dari dashboard yang ditampilkan, orang tua dapat mengakses seperti kontak, riwayat panggilan, aplikasi yang terpasang, tempat yang pernah dikunjungi, hingga website yang pernah diakses oleh anak.

Fitur pendukung :

  • Blokir pemasangan aplikasi baru
  • Pengaturan waktu penggunaan
  • Melihat report aktivitas
  • SOS/tombol Panik – Menerima sinyal SOS dari perangkat anak secara detail lengkap dengan posisinya.
  • PickMeUp Alerts merupakan fitur yang bisa digunakan saat anak membutuhkan jemputan dari orang tua.

5. Screen Time Parental Control

Screen Time Parental Control

Screen Time Parental Control merupakan aplikasi yang memungkinkan orang tua untuk mengatur waktu penggunaan ponsel mereka. Orang tua dapat mengatur aplikasi apa saja yang diizinkan untuk diakses dan dipasang pada ponsel anak. Termasuk melakukan pemblokiran akses game ketika sudah memasuki waktu tidur namun tetap membiarkan akses untuk aplikasi membaca. Hal ini memungkinkan anak untuk fokus mengerjaan tugas tanpa takut mereka memainkan game hingga larut.

Fitur pendukung :

  • Pause & Play – Memberikan waktu tambahan bagi anak Anda untuk memakai smartphone mereka.
  • Time Limits – Mengatur waktu yang diperbolehkan pada aplikasi mobile yang ingin Anda batasi.

Sebagai orang tua, kakak, atau paman/bibi untuk keponakanmu, sudahkah kamu memanfaatkan aplikasi yang tersedia untuk memantau aktivitas anak di bawah umur dalam menggunakan ponselnya? Segera lakukan pencegahan sedini mungkin terhadap tingkah laku negatif anak di dunia maya dengan memantau penggunaan ponsel yang mereka miliki.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Elvina Yanti. For further information and other inquiries, you can contact us via author[email protected]

Written by Elvina Yanti

Leave a Reply

Your email address will not be published.