5 Stealth Games Yang Wajib Kamu Mainkan

ACS SC GamesCom OverlookingDemoArea Watermark 1438731077

Banyak genre game pada zaman ini terutama beberapa genre yang tidak asing di telinga Kita. Mungkin salah satu dari banyaknya genre ada yang Anda tidak disukai, namun tetap semuanya tergantung pada selera Anda. Bagaimana dengan genre yang satu ini, yaitu genre Stealth yang ternyata masih jarang dijumpai. Stealth game menuntut Anda untuk bermain secara diam-diam seperti menyatu dengan gelapnya bayangan untuk menyelesaikan misinya. Biasanya Anda akan dipersenjatai dengan Pisau kecil ataupun tangan kosong untuk digunakan pada jarak dekat dan untuk jarak jauh biasanya Anda dipersenjatai dengan panah ataupun pistol yang diberi peredam. Tidak hanya itu saja, stealth game biasanya mengandung unsur supernatural dan bisa juga non-supernatural. Berikut beberapa stealth game yang wajib Anda mainkan.

1. Dishonored

Kerja keras sang Developer Arkane Studios dan Publishernya Bethesda Softworks telah membuktikan bahwa stealth game bisa mendapat rating tinggi, Dishonored mendapatkan rating 91/100 dari metacritic dan salah satu reviewer ternama seperti IGN memberi nilai 9.2/10 pada game bertemakan steampunk ini. Pada game Dishonored ini Anda akan bermain sebagai Corvo Attano yaitu Royal Protector seorang Empress atau seorang pemimpin bernama Jassamine Kaldwin di suatu tempat yang bernama kota Dunwall. Anda disini tidak akan bermain sebagai Royal Protector yang ternyata di awal cerita Anda disebut sebagai penghianat karena dituduh membunuh Jassamine Kaldwin, namun kenyataannya yang terjadi adalah penyerangan secara mendadak oleh salah satu orang yang mendapatkan kekuatan supernatural dari Outsider yaitu Daud yang menyebabkan Jassamine Kaldwin meninggal dunia dan anaknya bernama Emily Kaldwin diculik. Setelah itu Corvo diberikan kekuatan supernatural oleh Outsider dan akan dipergunakan untuk menyelamatkan Emily Kaldwin.

Anda akan dipersenjatai dengan berbagai jenis senjata seperti pedang, crossbow, pistol, bom peledak, bom asap, dan jebakan. Adapun senjata supernatural yang dimiliki oleh Corvo terdapat dua jenis yaitu kemampuan aktif dan pasif. Contoh dari kemampuan aktif yaitu Blink, Dark Vision, Devouring Swarm, Possession, Bend Time, dan Windblast. Adapun kemampuan pasifnya antara lain adalah Vitality, Agility, Blood Thristy, dan Shadow Kill. Kedua jenis kemampuan tersebut dapat di tingkatkan sesuai keinginan Anda. Anda akan diberikan kebebasan untuk memilih jalur yang akan diambil, cara membunuh dan menentukan alur cerita.

“Revenge Solves Everything” – Dishonored

 

2. Hitman

Bermain Sebagai seorang yang lahir dengan penggabungan DNA dari 5 orang paling bermasalah di dunia, Namanya dipanggil bedasarkan dua digit terakhir pada barcode dibelakang kepalanya. Memiliki tugas sebagai pembunuh yang kuat, cerdas, dan cepat dengan tangan tetap keadaan bersih, Dialah Agent 47 dari seri Hitman. Game Hitman lahir digandeng oleh sang Developer yaitu IO Interactive yang hingga sekarang ini memiliki 8 seri Hitman dari yang paling pertama lahir adalah Hitman: Codename 47 tahun 2000 dengan publisher Eidos Interactive dan yang akhir-akhir ini muncul di E3 2015 adalah Hitman dengan publisher Square Enix. Pada tahun 2002 seri Hitman 2: Silent Assassin mendapat rating paling tinggi dari 6 seri lainnya yang sudah lahir yaitu 87/100 dari metacritic.

Anda akan dituntut bermain penuh secara sembunyi-sembunyi dengan cara yang elit, melumpuhkan musuh dari belakang dan membunuh secara sempurna. Anda akan dipersenjatai dengan pistol menggunakan peredam yang selalu digunakan untuk membunuh targetnya, Anda juga dibekali dengan kawat super kuat untuk melumpuhkan musuh Anda. Saat dalam sebuah misi Anda dapat menggunakan barang-barang disekitar Anda seperti botol, alarm mobil, bata dan tang untuk mengalihkan perhatian musuh yang menghalangi jalan Anda. Semakin banyak Anda menyelesaikan misi maka semakin banyak senjata dan kemampuan tambahan yang akan Anda dapatkan.

“There is no place for me here, I will choose the truth I like” – Agent 47

 

3. Assassin’s Creed

Game yang bertemakan di kejadian masa lalu, Anda akan bermain sebagai seorang assassin. Game ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda, Assassin’s Creed telah lahir dengan 22 seri (9 seri utama) dan hampir semua seri digandeng oleh Ubisoft selaku Developer sekaligus Publishernya. Assassin’s Creed memiliki Rating tinggi dan yang paling tinggi dimiliki oleh Assassin’s Creed 2 (PS3) yaitu 91/100. Beda karakter utama maka beda pula tujuan utamanya, contohnya seperti karakter yang diatas bernama Ezio Auditore da Firenze yang memiliki satu tujuan yaitu Freedom. Walaupun game berbasis Open World tapi Assassin’s Creed tetap mengutamakan genre utama yaitu cara bermain secara stealth. Game yang tidak hanya melakukan sebuah misi khusus, namun Anda juga dapat berkeliling berburu, mencari target sampingan, dan mencari harta terpendam.

Anda akan dipersenjatai dengan sebilah pisau unik yang tersembunyi di lengannya, Anda juga dapat menggunakan pistol, panah, pedang, senapan, Dart, Hook, bom asap, dan bom peledak. Tidak lupa juga kemampuan umum yang dimiliki oleh seorang assassin yaitu Eagle Vision yang dapat memfokuskan diri pada target, musuh dan jejak. Anda juga dapat mengganti pakaian yang akan Anda pakai dan juga terdapat baju khusus seperti baju templar yang memiliki kemampuan tambahan. sembunyi-sembunyi menyatu dengan bayangan ataupun bertarung layaknya seorang berserker, semua tergantung pada Anda.

“Everything is permitted? I like the sound of that. Talking how I like and acting how I please.” – Edward Kenway from Assassin’s Creed IV: Black Flag

 

4. Metal Gear Solid

Sedikit berbeda dari yang lainnya, Developer sekaligus Publisher ternama dari Jepang yaitu Konami dan Perancang yang sudah melegenda dari pembuatan game Metal Gear yaitu Hideo Kojima telah membuktikan bahwa Jepang mampu bersaing di dunia dalam hal video game. Metal Gear Solid mendapat rating yang sangat tinggi di platform Playstation yaitu 94/100 dari metacritic dan Metal Gear Solid telah mendapat nilai sempurna dari beberapa reviewer ternama seperti AllGame(5/5), EGM(40/40), dan PSM(10/10). Anda akan bermain sebagai seorang yang berada di dalam pasukan khusus yang memiliki kemampuan fisik yang sangat kuat, dipersenjatai dengan senjata api dan dilengkapi oleh teknologi yang sangat canggih.

Anda akan diberikan sebilah pisau untuk jarak dekat, Pistol menggunakan peredam dan senjata laras panjang yang biasanya dilengkapi dengan peredam. Anda juga dapat merubah atribut yang ada pada senjata yang akan Anda gunakan dan juga atribut pada diri Anda. Adapun gadget yang dapat Anda gunakan untuk membunuh, mendeteksi, ataupun melumpuhkan musuh misalnya flashbang, ECM jammer, bom asap, locator, dan C4. Pada Metal Gear Solid V: The Phantom Pain yang akan rilis tahun 2016 gameplaynya tetap sama namun sedikit berbeda dengan pendahulunya karena akan dicampur dengan mode Open World. Dengan begitu Anda diberi kebebasan untuk menelusuri peta dan menjalankan misi secara diam-diam atau terjadi baku tembak jika dalam keadaan terdesak.

“A strong man doesn’t need to read the future, he makes his own.” – Solid Snake

 

5. Tom Clancy’s Splinter Cell

Satu lagi game keluaran Ubisoft yang memiliki rating tinggi dan bergenre stealth yaitu game Tom Clancy’s Splinter Cell lahir tahun 2002. Hingga sekarang, Tom Clancy’s Splinter Cell memiliki multiplatform dari mulai Android, OS X, Mobile Phone, sampai PS3. Tom Clancy’s Splinter Cell memiliki 7 seri dan seri yang mendapatkan rating paling tinggi dari metacritic adalah Tom Clancy’s Splinter Cell: Chaos Theory pada platform Xbox yaitu 94/100.

Anda akan bermain sebagai Sam Fisher yaitu agen khusus yang sangat terlatih dari sub-divisi National Security Agency. Dengan dagger, gadget dan senjata api yang selalu digunakannya di pertempuran. Sam Fisher mampu membawa 3 senjata api sekaligus dari mulai pistol, primary weapon dan secondary weapon yang dapat Anda beli di shop. Adapun gadget yang dapat digunakannya untuk memancing, membunuh, mendeteksi ataupun melumpuhkan musuh contohnya night vision, flashbang, bom peledak, dan EMP. Pada Tom Clancy’s Splinter Cell: Blacklist Anda mampu menentukan cara bermain Anda sendiri dari mulai Ghost mode yang selalu menggunakan non-lethal atau melumpuhkan musuh tanpa terdeteksi, Panther mode yang selalu membunuh dengan menggunakan senjata berperedam ataupun menggunakan dagger namun tetap tidak terdeteksi, ataupun Assault mode yang selalu bermain secara terang-terangan menghadapi musuh sehingga menyebabkan baku tembak. Tom Clancy’s Splinter Cell memberi kebebasan bagaimana cara Anda bermain dan memilih jalur yang akan Anda lewati.

“Few presidents have ever granted the Fifth Freedom. It’s the right to defend our laws, by breaking them. To safeguard secrets, by stealing them. To save lives, by taking them. To do whatever it takes to protect our country. The Fifth Freedom is mine alone. I am Sam Fisher. I am a Splinter Cell.” – Sam Fisher

Exit mobile version