5 VR Game Controller Yang Membuatmu Masuk Dalam Dunia Game

in

Bagi kalian para gamer, tentunya memiliki sebuah impian di mana suatu saat nanti kalian dapat memainkan game-game favorit kalian secara live. Suatu sistem yang memungkinkan kita seakan terbawa masuk ke dalam dimensi game tersebut. Lebih dari sekedar mengendalikan game dengan pergerakan jari tangan menggunakan mouse, keyboard atau joystick. Namun lebih dari itu, suatu keadaan di mana kita hampir tidak bisa membedakan lagi antara kenyataan dan game.

Dan pada era penuh kecangihan seperti sekarang ini, impian tersebut sangat mungkin untuk diwujudkan. Terbukti dengan adanya berbagai penemuan luar biasa yang akhir-akhir ini diperbincangkan masyarakat luas. Penemuan-penemuan tersebut tak terbatas hanya pada sisi software, namun juga pada bagian hardware, terutama mengenai controller game saat ini yang menjanjikan pengalaman virtual reality (VR).

Berikut ulasan beberapa game controller yang membuat pengalaman nge-game kita menjadi sebuah virtual reality (VR).

1. Oculus

Oculus merupakan suatu device menyerupai kacamata yang memungkinkan seseorang untuk melihat keadaan di dalam dunia game seperti melihat di dunia nyata. Mirip seperti yang ada pada animasi 3D “.Hack//The Movie” yang mengisahkan perjalanan masuk ke dalam dunia game melalui device berbentuk kacamata.

Oculus sendiri hadir membawa beberapa product mulai dari yang dapat disambungkan dengan console game, hingga yang dibuat untuk smartphone. Untuk lebih jelasnya tentang cara kerja alat ini, bisa kalian simak pada video berikut.

 

2. Virtuix Omni

Setelah segi visual kita terpuaskan oleh kehadiran Oculus, sekarang giliran Virtuix Omni yang memanjakan pergerakan tubuh kita waktu bermain game. Alat ini memungkinkan bergerak dengan begitu leluasa sembari memainkan game-game favorit kita. Kita bisa berjalan, berlari, membidik musuh dan sebagainya. Apa yang kita lakukan, maka itulah yang ikut dilakukan oleh karakter dalam game yang kita mainkan. Menarik bukan? Jadi bisa dibilang bahwa untuk memainkan game, kitapun harus melakukannya dalam kehidupan nyata.

Sebagai contoh, saat kita memainkan game “Call of Duty” kitapun harus ikut berlarian untuk menyerbu musuh. Eits, namun jangan khawatir! alat ini berbentuk seperti portal penahan badan kita yang membuat setiap aktifitas yang kita lakukan tidak akan keluar dari radius zona yang telah ditentukan.

Bahkan bisa jadi beberapa tahun ke depan, banyak tempat penyewaan game online menerapkan penggunaan alat ini sehingga kita bisa melakukan turnamen game dengan begitu realistis. Bagaimana? masih penasaran terhadap sistem kerja alat ini? simak saja video demo berikut.

https://www.youtube.com/watch?v=PHL4xAeMiRg

 

3. Cyberith

Tak jauh berbeda dengan VIrtuix Omni, alat yang satu ini pun memberikan keleluasaan gerak kepada para penggunanya. Cyberith juga dapat dipadukan dengan hardware-hardware controller lainnya untuk lebih membuat player termanjakan. Alat ini sangat cocok digunakan untuk memainkan game-game horror, racing, MMORPG dan sejenisnya.

Saat memainkan game bergenre racing, player tidak akan merasa capek karena telah ada alat penahan yang memungkinkan kita untuk duduk seperti posisi sedang menyetir mobil sesungguhnya. Simaklah video berikut untuk lebih jelasnya

 

4. Sixense

Selanjutnya, ada Sixense dengan product-product menariknya yang ditawarkan. Controller yang ditawarkan di sini adalah berupa alat genggam yang diadopsi dari joystick, namun dengan fitur yang lebih lengkap. Selain itu ada juga alat yang berfungsi untuk mendeteksi pergerakan kepala seperti anggukan, gelengan kepaladan sebagainya.

Di sini juga telah disediakan beberapa game khusus untuk mencoba product-product dari Sixense seperti simulasi pertarungan pedang atau simulasi berbelanja pakaian. Untuk lebih jelasnya tentang demonya, simaklah video berikut.

 

5. PrioVR

Yang terakhir, ada sebuah controller game yang terbilang cukup kompleks yakni PrioVR. Alat ini dipasangkan ke hampir seluruh tubuh player yang nantinya merekam segala aktifitas dan pergerakan player. Bentuknya memang terlihat sedikit ribet, tapi jika kalian adalah penggemar game fighting, maka alat ini sangat direkomendasikan untuk dicoba.

Segala aktifitas dari anggota gerak kita terrekam dan kemudian diimplementasikan ke dalam game, seperti itulah prinsip kerja alat ini. Kita berjalan, berlari, memukul, menghindar, menendang dan sebagainya, akan diaplikasikan ke dalam game yang kita mainkan. Berikut video demonya.

Okay, itulah beberapa VR game controller yang mampu memberikan pengalaman nge-game kalian menjadi sangat spektakuler. Dan tidak menutup kemungkinan untuk beberapa tahun ke depan, akan ditemukan controller sejenis Nerve Gear seperti pada anime “Sword Art Online” yang dapat memasukkan ingatan kita ke dalam dunia game yang sesungguhnya.

Galih Kresnawan

Written by Galih Kresnawan

Chief Editor. Senior Content Writer. Noob at almost every games. Certified Memes Maker | Work HARD, Play HARDER!! | Contact me at [email protected]

Leave a Reply

Avatar

Your email address will not be published.