50.000 Pemain Minecraft Diserang Malware yang Bisa Melenyapkan Isi Hard Drivemu

in ,

Meski game-game battle Royale sekarang sedang menjamur di kalangan para gamer, hal tersebut tetap tidak cukup untuk mengurangi kepopuleran game Minecraft di penjuru dunia. Namun sayangnya kami punya berita buruk yang sekiranya akan membuat kalian was-was dalam memainkan game yang bisa membebaskan kalian untuk menciptakan dunia impianmu.

Melalui blog anti virus Avast, dilaporkan bahwa sekitar 50 ribu player Minecraft saat ini telah terkena virus malware berbahaya. Malware tersebut dapat memformat secara langsung seisi hard drivemu, menghapus data backup beserta system program yang ada di PCmu. Lalu Tourstart.exe atau pesan error ketika hard drive terformat juga dapat mempengaruhi sistem kinerja komputer kalian. Pihak avast sendiri akhirnya berhasil mengidentifikasi jenis script powershell berbahaya itu yang datang dari beberapa file skin avatar Minecraft dengan format PNG.

Kode script dari malwarenya

Menurut Avast, kode malware di atas sebenarnya tidaklah terlalu sulit untuk ditangani. Sehingga mereka mengasumsikan bahwa si pelaku penyebar virus bukanlah seorang kriminal dunia maya kelas kakap. Tapi tetap saja hal ini dirasa sangat menjengkelkan bagi para korban yang sudah terlanjur kena. Lalu yang menjadi tanda tanya tersendiri adalah kenapa skin yang terinfeksi oleh malware ini dapat terupload dengan bebas di situs Minecraft ? Pihak Avast juga telah mengontak Mojang (developer Minecraft) demi menginfokan hal tersebut, dan untungnya Mojang saat ini sudah langsung bertindak untuk memperbaiki sistem keamanan di website dan game Minecraft.

Berikut kami lampirkan contoh skin-skin di bawah yang sebaiknya kalian hindari atau jangan didownload karena terindikasi mengandung jenis malware tersebut. Lebih aman lagi untuk melakukan antivirus scan di tiap skin yang hendak kalian download.

Skin-skin avatar yang mengandung malware

Selain melenyapkan, juga ngeledekin ?

Selain dapat meludeskan data di komputermu, para pemain minecraft yang kena kabarnya juga mendapat sebuah pesan bernada trolling di akun inbox game mereka masing-masing, beberapa contohnya seperti:

  • “You Are Nailed, Buy A New Computer This Is A Piece Of Sh*t”
  • “You have maxed your internet usage for a lifetime”
  • “Your a** got glued”

Hmm jahat sekali ya ? Oke, jadi kami peringatkan sekali lagi bagi kalian yang sedang aktif bermain Minecraft untuk selalu waspada dalam mendownload skin-skin yang terlihat mencurigakan dan semacamnya.

Sumber: blog Avast

Ido Limando

Written by Ido Limando

Just an ordinary gamer who currently in love with Warframe. Also Football, Badminton, and Pro Wrestling enthusiast. Contact: [email protected]