6 Alasan Kenapa Cheat Hadir dalam Video Game Single-Player

in
Image Credit: AlltimeGaming

Jika kamu memainkan video game dari zaman Nintendo pertama maupun PlayStation pertama, maka kamu akan sangat familiar dengan beberapa kode sakti yang miliki nama keren yakni “cheat”. Dengan kode ini, kamu bisa membuka semua karakter like a boss. Karaktermu juga bisa diterjang oleh serangan apapun tanpa bisa mati juga berkat cheat. Bahkan, terkadang terdapat kode yang bisa memanggil beberapa unit seperti yang mungkin pernah kamu lakukan di Grand Theft Auto.

Pada umumnya, cheat bisa dimasukkan di main menu dengan menekan tombol tertentu atau mengetik sesuatu dengan menggunakan keyboard. Jika kode tersebut benar, maka kamu dengan mudah bisa mendengar sebuah suara atau melihat notifikasi bahwa kode telah aktif.

Namun dalam bahasa kasarnya, cheat merupakan kode curang yang memungkinkanmu untuk bermain game tanpa terbelenggu oleh aturan gamenya. Simplenya, memasukkan kode tersebut merupakan cara terhina yang memungkinkan untuk dilakukan player.

Meskipun sekarang cheat bukan lagi dalam bentuk kode yang dimasukkan secara manual, namun lebih ke proses pengeditan source code menggunakan software atau hacking. Namun, pernahkah kamu bertanya dalam hati, apa sebenarnya fungsi dari kode-kode curang tersebut? Kenapa pihak developer dengan sukarela membagikan kode yang mungkin sebagian besar dari kamu menganggap bakal merusak gamenya?

Berikut kami telah mengumpulkan beberapa alasan kenapa cheat bisa dengan mudahnya beredar di industri video game.

Note: Seperti dalam judul yang telah kami cantumkan, cheat yang kami maksud adalah kode cheat di game single-player, bukan multiplayer.

6. Menguji Beberapa Fitur/Model/Unit untuk Developer


Membuat game bukanlah sesuatu hal yang mudah. Dalam prosesnya terdapat ribuan kode yang saling berkesinambungan agar tercipta game yang bisa bekerja dengan baik. Peletakan-peletakan fitur yang terkunci seiring berjalannya permainan dan ketidakmampuan player untuk menggunakan benda-benda tertentu membuat developer perlu menciptakan cheat.

Hal ini semata-mata hanya untuk menguji beberapa fitur hingga unit agar bekerja dengan baik. Mereka tak mungkin harus melewati level 9 untuk bisa naik mobil A karena banyak sekali mobil yang harus mereka uji misalnya. Dengan cheat, pihak developer akan dengan mudah mencoba semua fitur hingga unit demi memastikan telah bekerja dengan sangat baik.

5. Memberikan Pengalaman Bermain yang Berbeda


Seperti yang kita ketahui, banyak sekali gamer yang memiliki cara bermainnya sendiri dalam game single-player. Namun, tak jarang banyak pula game yang akan terasa hambar tanpa cheat. Grand Theft Auto misalnya. Kamu yang hobi menjelajah dunia open-world yang luas dalam gamenya, tentu takkan pernah puas jika melakukannya dengan mengendarai mobil. Kamu perlu mencari pesawat atau helikopter untuk bisa melihat betapa luas dunia yang telah dibuat Rockstar. Cara tercepatnya? Menggunakan cheat.


Dengan cheat, kamu yang hobi ngerusuh demi menghilangkan stres di Grand Theft Auto juga bisa melakukannya. Jujur, stress saya hilang setelah ngerusuh di Grand Theft Auto dengan menggunakan cheat untuk berikan unlimited ammo, maupun kaya mendadak.

Menggunakan cheat dalam game single player juga bukan serta-merta merusak game yang saya contohkan di atas. Melainkan juga bisa memberikan pengalaman bermain yang berbeda. Dari yang awalnya tanpa cheat terasa membosankan, hingga menjadi sangat seru jika menggunakan kode sakti tersebut.

4. Membuat Proses Debugging Lebih Mudah


Kembali ke proses pengembangan video game. Selain bisa untuk mengecek beberapa fitur maupun unit. Menggunakan cheat merupakan alat yang membantu mempermudah developer untuk mencari bug yang ada.


Jadi, misalnya mereka bisa summon beberapa kendaraan, unit, maupun item tertentu. Mereka akan mengujinya berkali-kali apakah tidak ada bug yang terjadi dalam unit tersebut yang bisa merusak permainan. Bug lain seperti hilangnya item saat melakukan sesuatu juga akan cukup mudah dibasmi dengan cheat.

3. Membantu Mereka yang Kesulitan


Tak selamanya level atau boss dalam game itu mudah untuk ditaklukkan. Kamu butuh kerja keras super gila atau kerja cerdas jika otakmu nyampe. Kesulitan juga tak hanya terjadi dalam gamenya itu sendiri, namun juga orang-orang yang tak miliki waktu untuk menamatkan gamenya karena kesehariannya penuh dengan kegiatan. Baik pekerjaan, mengurus anak, maupun kuliah yang intens.

Dengan cheat, maka game akan lebih mudah ditamatkan meskipun mungkin mereka tak bisa menjelajahi semua seluk beluk dunianya sepertimu agar bisa disebut “gamer sejati”. Beberapa orang yang kesulitan juga akan lebih terbantu dengan cheat tersebut.

2. Sebagai Easter Egg/Hadiah


Kecil namun sangat berharga, itulah cheat dalam bentuk hadiah atau easter egg. Beberapa game memang sengaja memiliki fitur cheat mode yang hanya terbuka jika kamu menamatkan gamenya. Melalui hadiah tersebut, kamu diberikan kesempatan mencoba gamenya dengan level tertinggi misalnya. Hal ini justru jauh lebih baik dibanding harus memberikan hadiah item overpower yang membuat gamenya menjadi tidak seru bagi beberapa orang.

Mode Resident Evil 2 ini di Nintendo64 hanya bisa diakses menggunakan cheat, atau menamatkannya dengan syarat tertentu di platform lain.

Cheat dalam bentuk easter egg juga akan menggugah insting detektif player. Karena dengan begitu, mereka jadi lebih sadar untuk mencari rahasia yang ada dalam gamenya. Jika mereka beruntung, maka mereka akan dapatkan cheatnya. Misalnya cheat untuk memainkan game Spyro di Crash Bandicoot hingga Konami code yang terkenal tersebut. Tak ada yang tahu apakah terdapat developer maupun website yang mencantumkan kode tersebut dan hadirkan easter egg tersembunyi.

1. Sebuah Alat untuk Mempermudah Pengembangan Game

Seperti yang telah saya jelaskan di poin-poin sebelumnya. Cheat ada karena developerlah yang membuatnya. Tujuan utamanya hanya satu: mempermudah dan mempercepat pengembangan video game. Dengan adanya cheat atau dalam bahasa developmentnya “debugger” atau sejenis, mereka akan dengan mudah menemukan bug yang ada dan memastikan semuanya berjalan dengan sempurna agar sampai di tanganmu sebagai produk yang sempurna.

Memang, tak jarang banyak sekali developer yang melepas cheat tersebut ke pasaran. Namun tak sedikit dari mereka yang menarik sebagian besar kode sakti tersebut. Sebuah kasus yang mirip dengan Gran Theft Auto V di mana jumlah cheatnya jauh lebih sedikit dibanding seri-seri sebelumnya.


Itulah enam alasan kenapa cheat hadir dalam video game single-player. Apakah kamu seorang developer yang tengah mengerjakan game atau player yang sedang memainkan banyak game memiliki alasan lain selain yang kami sebutkan di atas? Cantumkan semua alasannya di kolom komentar.

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Have passive ability to easily forgotten by people. Open to try new video games, but still hooked by Apex Legends.

You have PR and Review? Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below (Read his article and scroll until you found this profile).

Leave a Reply

Avatar

Your email address will not be published.