6 Aplikasi Pemutar Musik Terbaik Pada Era-nya

featured image

Pemutar musik atau yang biasa kita sebut dengan music player merupakan salah satu aplikasi yang cukup populer dan sering digunakkan oleh pengguna gadget baik komputer maupun smartphone. Saat ini aplikasi-aplikasi pemutar musik juga sudah cukup banyak mulai dari yang offline maupun streaming. Seperti Joox, Spotify, Deezer, itunes dan beberapa pemutar musik streaming lainnya hingga Google Play Music, pemutar musik bawaan smartphone, Windows Media Player dan beberapa pemutar musik lainnya yang bisa memainkan musik tanpa butuh koneksi internet.

Namun tahukah kalian sebelum aplikasi-aplikasi pemutar musik diatas populer hingga saat ini, dulu di awal perkembangan aplikasi pemutar musik kalian mungkin sempat mengenal beberapa aplikasi pemutar musik yang akan membuat kalian bernostalgia. Sesuai dengan topik pembahasan kita kali ini adalah deretan aplikasi-aplikasi pemutar musik jadul terbaik di jamannya. Simak selengkapnya di bawah ini.

Windows Media Player Old Version

Siapa yang masih ingat dengan tampilan desktop dengan wallpaper pemandangan bukit hijau dengan awan biru. Jika kalian sudah lama menggunakan komputer pasti sempat merasakan sistem operasi yang sangat populer di masanya, yaitu Windows XP. Di sistem operasi ini kalian akan menemukan aplikasi musik player bawaan yaitu Windows Media Player. Aplikasi ini cukup populer sebagai pemutar musik karena, ya itu merupakan aplikasi bawaan kemudian fitur yang ditawarkan juga cukup lengkap. Mulai dari memutar musik, streaming radio yang pada saat itu cukup populer di barat hingga memutar video. Bahkan musik player ini juga bisa menjadi CD player untuk memainkan CD koleksimu. Brott jaman now mungkin belum atau bahkan tidak pernah membuka aplikasi pemutar musik legendaris ini.

 

RealPlayer

Mungkin beberapa dari kalian tidak familiar dengan aplikasi pemutar musik yang satu ini. RealPlayer, aplikasi dengan fitur yang cukup banyak ini mungkin hanya beberapa orang saja yang tahu. Dengan tampilan yang cukup sederhana ini, RealPlayer dapat melakukan streaming berupa audio maupun video secara real-time pada jamannya, Selain itu juga dapat memainkan musik dan video dalam berbagai format pada era-nya, seperti mp3, mpg, avi, wav dan lain sebagainya.

 

Jet Audio

Aplikasi pemutar musik yang satu ini tak kalah populer dari beberapa aplikasi yang telah kita ulas diatas. Jet Audio merupakan aplikasi pemutar musik yang dikembangkan oleh Cowon perusahaan asal Korea Selatan yang telah lama berkecimpung di dunia per audioan sejak tahun 90-an. Fitur dari Jet Audio ini juga cukup lengkap, mulai dari sekedar memutar lagu dengan beberapa dukungan file. User interface atau tampilan Jet Audio juga cukup mudah untuk dipahami, kamu bisa menemukan menu-menu seperti equalizer, visualization, pengaturan playlist hingga tombol pengatur volume yang berbentuk bulat seperti tombol fisik volume di media player di dunia nyata.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

 

Quicktime versi 7.6 (jadul)

Sebelum menjadi aplikasi ekslusif di sistem operasi besutan Apple, yaitu MacOs. Quicktime sempat menjadi salah satu pemutar musik sekaligus beberap media lainnya di sistem operasi yang kebanyakan dipakai pengguna komputer di seluruh dunia, yaitu Windows XP khususnya. Selain mendukung beberapa format media mainstream Quicktime menjadi salah satu aplikasi pemutar musik terbaik pada era-nya.

 

Media Player Classic versi Windows98/Me

Media Player Classic versi jadul ini cukup populer bahkan bisa dibilang terbaik karena kemampuannya tidak membutuhkan resource banyak dari komputer namun performanya sangat baik untuk memutar musik maupun media lain. Dengan tampilannya yang sangat sederhana, hingga kini aplikasi tersebut mash dikembangkan dan mendukung sistem operasi terakhir Microsoft, yaitu Windows 10.

 

Winamp

Ini dia aplikasi legendaris dan terbaik serta populer di jamannya. Jika kalian sering memutar lagu di komputer pasti mengenal aplikasi besutan Nullsoft ini. Ada momen menarik di aplikasi pemutar musik berlogo petir ini, jika kamu pertama kali menginstall Winamp pasti ada satu lagu yang langsung ada di playlist tiba-tiba langsung ada di playlist berjudul Llama Whippin’ Intro karya dari DJ Mike Llama cukup mengagetkan jika kalian menggunakan speaker dengan pengaturan volume saat itu tinggi, untung saja durasinya hanya 5 detik. Selain itu fitur equalizer, pengaturan playlist serta fitur umum lainnya seperti pemutar musik lainnya juga hadir disini. Dan yang lebih menarik lagi adalah dukungan skin yang bisa kalian tambahkan baik dari official maupun buatan komunitas.

 

Bonus

Ultra Mp3 versi Symbian

Sebelum merebaknya smartphone dahulu kala gadget atau lebih tepatnya telepon seluler dirajai oleh produk Nokia yang mengusung sistem operasi Symbian. Sistem operasi ini terbilang cukup sukses dengan dukungan aplikasi yang begitu banyak dari berbagai developer. Salah satunya adalah aplikasi pemutar musik terbaik dan cukup populer pada masanya, yaitu Ultra Mp3. Aplikasi ini mungkin bisa dibilang Winamp versi mobile pada jamannya dengan dukungan fitur yang lengkap hingga skin yang bisa kalian pilih. Mungkin jika diingat-ingat kebelakang banyak konter hp yang menyediakan jasa install aplikasi ini lengkap dengan lagu-lagunya. Jaman dulu mash belum ada Spotify maupun Joox serta aplikasi-aplikasi streaming musik gratis seperti saat ini. Bahkan dulu saking inginnya memiliki koleksi lagu yang banyak kalian harus rela compress file mp3 sekecil mungkin demi playlist yang banyak.

Suka dengan konten seperti ini brott ? kalo iya komen di bawah ya atau ada saran konten seputar teknologi yang menarik lainnya langsung saja diskusi di bawah ya brott. Semoga selalu Happy dengan konten-konten yang kami berikan.

Exit mobile version