6 Aplikasi Video Call Android dan PC untuk Kumpul Lebaran Selama Pandemi COVID-19

in , , , ,

Wabah COVID-19 memang menjadi penghalang bagi banyak orang akibat cara penularannya yang sangat mudah. Oleh karenanya, pemerintah dan organisasi dunia menganjurkan kita semua agar tetap di rumah. Beberapa perusahaan juga bahkan menyarankan agar para pegawainya bekerja dari rumah. Dengan anjuran tersebut, kamu yang ingin mematuhi dan memotong tali penyebaran virus Corona mau tak mau tak pulang kampung lebaran tahun ini.

Namun dengan kecanggihan teknologi, jarak sudah bukan lagi penghalang bagimu untuk berkumpul bersama keluarga meskipun harus di kost. Melalui aplikasi video call, kamu bisa menghubungi kerabat maupun keluargamu dan saling memohon maaf lahir batin, sembari melihat wajah mereka via layar PC maupun ponsel pintarmu. Melepas rasa kangen meskipun tak maksimal, namun semua harus dilakukan agar semuanya kembali normal.

Lalu, apa saja aplikasi yang mampu mengumpulkanmu bersama keluargamu selama pandemi? Berikut 6 aplikasi video call android dan PC untuk kumpul lebaran selama pandemi COVID-19.

6. Skype


Jika kamu telah lama berkecimpung di dunia messenger, Skype adalah salah satu aplikasi pertama yang dukung video call di PC. Karena aplikasi ini awalnya didesain sebagai aplikasi chat dan video call, maka sudah bukan rahasia lagi apabila Skype miliki fitur video call terbaik yang pernah ada. Ia miliki fungsi yang membantu para penggunanya untuk melakukan video call dengan sangat mudah.

Kamu juga bisa lakukan panggilan telpon seperti biasa menggunakan koneksi internet dengan aplikasi ini. Sejak bergabung dengan Microsoft, Skype bisa digunakan menggunakan akun Microsoft live maupun akun google atau iOSmu. Kamu bisa menggunakannya di PC, Android, maupun iOS untuk berkumpul dengan sanak saudaramu maupun temanmu.

5. Google Hangouts


Video call menggunakan Google Hangouts tak perlu menggunakan aplikasi tambahan. Hal ini karena aplikasi tersebut merupakan web-based yang terintegrasi dengan akun Googlemu masing-masing. Google Hangouts mampu lakukan video call hingga 10 orang dengan sangat mudah. Kamu hanya perlu mengundang teman atau keluargamu menggunakan link dan bercengkrama dengan mereka untuk melepas rindu selama masa pandemi.

4. WhatsApp


Siapa tak kenal WhatsApp? Aplikasi yang satu ini memang sangat simple dan populer di kalangan milenial. Hal ini karena ia tawarkan fungsi maksimal untuk chat, voice chat, voice call, hingga video call. Menariknya? Perusahaan yang kini telah diakuisisi Facebook tersebut tak hadirkan iklan sama sekali di aplikasinya.

Kamu bisa lakukan video call bersama teman maupun keluargamu melalui Android maupun iOS. Sayangnya, versi PC hanya bisa tawarkan WhatsApp Web saja.

3. LINE


LINE merupakan salah satu pelopor aplikasi chat dan video call populer di tahun 2012. Aplikasi ini miliki fitur chat, status layaknya Facebook, hingga integrasi kontak selulermu. Salah satu fitur unggulannya adalah LINE Sticker yang kemudian diikuti oleh beberapa aplikasi lain. Menariknya, kamu juga bisa lakukan video call baik hanya berdua maupun satu grup.

Video call dalam satu grup dalam LINE akan miliki support hingga 200 orang. Kamu bisa melakukannya baik di PC maupun ponsel pintarmu masing-masing. Berbeda dengan WhatsApp di mana versi PCnya tidak miliki perbedaan sama sekali dengan WhatsApp Web, versi PC LINE akan miliki fungsi yang kurang lebih sama persis dengan mobilenya. Membuatmu mampu menikmati semua fitur yang diberikan versi mobile.

LINK

2. WeChat


Mencoba untuk bersaing dengan para pemain besar social media, raksasa teknologi Tencent hadirkan WeChat untuk mobile dan PC. Aplikasi ini kurang lebih sama dengan beberapa aplikasi yang telah ada, jika harus dibandingkan ia lebih mendekati WhatsApp. Namun berbeda dengan WhatsApp, WeChat miliki fitur video call baik di PC maupun mobile. Kamu bisa melakukan video call secara individu maupun grup.

Sayangnya, WeChat tak miliki hal yang spesial selain ia bisa diintegrasikan dengan beberapa game yang dipublish oleh Tencent. Dengan kata lain, jika kamu memiliki WeChat, maka kamu bisa mendaftar dan memainkan game milik Tencent yang hanya dipublish di China saja.

1. Facebook Messenger


Nama Facebook rasanya sudah bukan hal asing lagi bagi kamu yang hobi bersocial media. Platform social media buatan Mark Zuckerberg tersebut kini miliki messenger terpisah yang bisa kamu gunakan layaknya aplikasi messenger biasa.

Facebook Messenger bisa hubungkanmu dengan temanmu melalui aplikasi Android/iOS maupun webnya di PC. Kamu bisa lakukan semua hal yang bisa kamu lakukan di Facebook PC melalui aplikasi tersebut. Mulai dari chat biasa hingga video call. Ya, kamu juga bisa melakukan video call di PC asal miliki webcam melalui web-based app-nya.


Itulah 6 aplikasi video call android dan PC untuk kumpul lebaran selama pandemi. Dengan aplikasi tersebut, jarak bukanlah penghalang meskipun kamu terpaksa belum bisa pulang kampung tahun ini. Apakah kami melewatkan aplikasi lain? Kamu bisa cantumkan di komentar setelah artikel ini dipublish di laman Facebook kami.

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Japanese related video games articles. I have no friends. Contact him at author@gamebrott.com