6 Cara Agar Youtube Kamu Berhenti Tawarkan Konten “Spoiler”

maxresdefault 1

Pernahkah kamu mengeluh dan kesal karena banyak Spoiler? Film, Game dan berita terkait yang berhubungan dengan konten terbaru yang biasanya banyak digunakan oleh kaum usil untuk menggoda dan menjahili orang lain dalam ‘Hal apa saja yang terjadi’ pada suatu konten yang biasanya menawarkan pengalaman baru, seperti Game dan Film misalnya. Ibaratnya Kita belum sempat merasakan pengalamanya secara langsung tetapi sudah diumbar secara umum oleh beberapa oknum yang bertujuan usil dan monetizing, pastinya sangat menyesakan terutama untuk kamu yang tidak suka ‘bertani’ dan lebih menghargai suatu karya yang diciptakan dengan membayar royalty resmi.

Seperti Youtube misalnya, jika kita sering melakukan penelusuran berdasarkan apa yang sedang trending dan kita sering kunjungi, ‘Sekiro misalnya’ maka kita akan terus-terusan mendapatkan tayangan Sekiro, padahal kita belum sempat mengalami pengalaman secara langsung dengan Game tersebut, pastinya jadi merasa terganggu ya kan?

Mirisnya, mengapa hal seperti ini muncul di Youtube rekomendasi?

Jawabanya adalah Karena algoritma YouTube itu sendiri, makin kita sering mencari konten terkait, apalagi sedang trending, maka secara langsung Youtube akan memberikan kamu konten-konten terkait yang pastinya Youtube anggap kamu akan menyukainya, dan mempermudah kamu menonton suatu konten yang Youtube pikir ingin kamu tonton pada saat itu, ya mungkin tujuanya baik ingin mempermudah para pengguna, namun tidak sedikit orang terganggu dengan fitur ini karena dianggap ‘pemaksaan’ yang memaksa kita menonton konten yang tidak kita inginkan, atau sedang kita hindari karena berbau ‘spoiler’

Bagaimana cara menghindarinya?

Kami akan berikan kamu 6 tips agar kamu tidak dipaksa Youtube untuk menonton konten yang sedang kamu inginkan. Agar kegiatan Spoiler mania dapat sedikit berkurang, langsung saja kita mulai:

1. Hapus semua riwayat pencarian

Mulailah dengan menghapus seluruh riwayat pencarian Kamu di YouTube terlebih dahulu. Seperti yang kami katakan di atas Semua video yang telah disarankan didasarkan pada perilaku pencarian Kamu. Saat kami menghapus semua riwayat pencarian, Video merekomendasikan tidak akan muncul untuk sementara waktu.

Begini caranya:


2. Matikan pengingat riwayat dan riwayat pencarian

Setelah kami membersihkan riwayat pencarian Apa yang harus kami lakukan selanjutnya adalah tidak mengizinkan Google untuk mengingat semua pencarian dan melihat riwayat kami. Yang akan membantu kita hanya melihat apa yang ingin kita lihat

Begini caranya:


3. Pilih dan Subscribe Konten Creator yang dianggap penting saja.

Ketika kami membersihkan halaman YouTube, sekarang hanya Isi dari saluran yang kami pilih untuk berlangganan dan saluran populer di negara itu, Yang perlu kamu lakukan dari sekarang adalah mengurangi jumlah saluran (Subscribe). Subscribe lah konten creator yang hanya kamu perlukan sebagai tontonan, agar Timeline kamu juga tidak dipenuhi oleh Video yang berkaitan tentang konten favoritmu terlalu banyak, makin banyak kamu Subscribe konten serupa maka makin banyak juga rekomendasi paksaan spoiler yang akan menghadapi kamu.


4. Fitur Saya suka dan penyimpan khusus di ‘Tonton Nanti’

Jika kamu menemukan video yang bagus, kamu dapat menyimpannya melalui topik ini. Untuk membukanya nanti, jadi kamu harus bisa berpuasa sejenak, setidaknya agar kamu juga tidak melulu menyalahkan AI Youtube dan Google karena menyajikan Video yang muncul dimana sebenarnya juga karena aktivitas pencarianmu sendiri.


5. Perhatian!

Rekomendasikan di sisi YouTube masih menggunakan algoritma asli. Dan kamu tidak dapat memblokirnya. Cara terbaik adalah ‘jangan’ mencoba melihat di Youtube perihal konten yang sangat berkaitan denga spoiler tentang game atau cerita film yang belum kamu nikmati. apakah kamu sadar bahwa kamu sebenarnya dimanjakan Youtube?. Atau jika sangat sulit, kamu dapat mengklik “abaikan” untuk memblokir video


6. Gunakan Video Blocker

Ini adalah solusi terakhir. Jika kamu tidak berpikir kamu akan menemukan video yang terkait dengan game itu lagi untuk jangka waktu tertentu Memungkinkan kmau untuk memuat ekstensi Chrome yang disebut Video Blocker. Ini akan membantu memblokir video yang terkait dengan kata kunci tersebut agar tidak muncul di YouTube kamu nantinya.

Dan ini adalah cara untuk mencegah spoiler awal pada platform YouTube yang mungkin merupakan platform yang paling manja. Namun tindakan ini bukan cara terbaik untuk mencegah paksaan rekomendasi. Karena bagaimanapun caranya dalam berbagai rampasan sosial, selalu ada rampasan. Saran yang bagus adalah jika kamu yakin bahwa kamu pasti akan memainkan permainan ini, yang harus kamu lakukan adalah keluar dari semua kegiatan sosial selama beberapa waktu tersebut. Sebelum game dirilis 3 hari untuk menghindari semua rampasan mungkin Saat game selesai, itu tidak akan terbuka.


Source: Konten lokalisasi dari media partner Thailand Gamingdose


Baca juga Artikel dan Berita menarik lainya seputar AOV, Game, dan Tech dari Mohammad Abdul Fatah

Email: abdolefathah@gamebrott.com

Exit mobile version