6 Emulator PS2 Terbaik 2022 di PC dan Android yang Harus Kalian Coba!

Emulator PS2 Terbaik

Konsol PlayStation 2 atau biasa disingkat PS2 menjadi salah satu konsol gaming paling legendaris, fenomenal dan memiliki banyak momen nostalgia bagi para gamer di seluruh dunia. Kenapa tidak, konsol tersebut telah melahirkan banyak game seru yang bahkan menjadi lahirnya sebuah seri franchise game populer yang masih eksis hingga saat ini. Meskipun konsolnya sudah tidak diproduksi lagi, para gamer masih bisa memainkan game-game favorit mereka dengan menggunakan emulator PS2 terbaik di PC maupun perangkat Android.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai 6 emulator PS2 terbaik 2022 di PC dan juga Android yang harus kalian coba. Informasi ini berdasarkan hasil penelusuran penulis berdasarkan pengalaman pribadi menggunakan berbagai daftar emulator PS2 yang populer dan direkomendasikan oleh gamer saat ini.

Sekadar mengingatkan, beberapa nama emulator PS2 yang kalian kenal mungkin tidak masuk dalam daftar ini. Ada beberapa alasan emulator tersebut tidak masuk, seperti emulatornya memiliki malware dan juga aset-aset filenya dikabarkan telah mencuri dari proyek emulator orang lain sehingga tidak direkomendasikan kalian menggunakannya.

Inilah 6 emulator PS2 terbaik 2022 di PC dan Android yang harus kalian coba!

Emulator PS2 Terbaik di PC dan Laptop

6 Emulator PS2 Terbaik 2022 di PC dan Android yang Harus Kalian Coba! 8

Pembahasan pertama yang akan saya bagikan kepada para pembaca adalah emulator PS2 terbaik di PC dan laptop. Ada banyak daftar nama emulator untuk bisa bermain game PS2 yang populer dikalangan para gamer di tahun 2022. Beberapa nama emulator mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalian atau mungkin menggunakan emulator tersebut saat ini.

Namun tidak sedikit pula orang yang tidak tahu mengenai spesifikasi minimum dan rekomendasi PC dan laptop agar bisa memainkan game-game PS2 favorit mereka. Terkadang mereka memaksakan bermain game PS2 di PC maupun laptopnya yang memiliki spesifikasi rendah. Hal ini justru dapat memperpendek umur dan laptop atau PC menjadi cepat rusak karena terlalu dipaksa.

Berikut ini spesifikasi emulator game PS2 PC dan laptop berdasarkan rekomendasi para gamer saat ini:

Spesifikasi Minimum PS2 PC dan Laptop

OS: Windows 7, Ubuntu 18.04, Debian, Arch Linux (64 bit) atau versi yang lebih baru.
CPU: Supports SSE4.1, CPU yang lolos PassMark Single Thread Performance dengan skor mendekati atau lebih dari 1600 dan memiliki 2 physical core yang memiliki hyperthreading.
GPU: Direct3D10 support, OpenGL 3.x support, GPU yang lolos PassMark G3D Mark dengan rating sekitar 3000 seperti GeForce GTX 750, dan 2GB Video Memory.
RAM: 4GB

Spesifikasi Rekomendasi PS2 PC dan Laptop

OS: Windows 10, Ubuntu 19.04/Debian, Arch Linux (semua 64 bit) atau versi yang lebih baru.
CPU: Supports AVX2, CPU yang lolos PassMark Single Thread Performance dengan skor lebih dari 2100 dan memiliki 4 physical core yang memiliki dan/atau tidak memiliki hyperthreading.
GPU: Direct3D11 support, OpenGL 4.5 support, GPU yang lolos PassMark G3D Mark dengan skor sekitar 6000 seperti GeForce GTX 1050 Ti dan 4GB Video Memory.

Rekomendasi Emulator PS2 Terbaik PC dan Laptop

Setelah mengetahui informasi dasar spesifikasi PC dan laptop agar lancar bermain game PS2 dengan emulator, saya akan memberikan informasi dari topik utama pada artikel ini.

Inilah rekomendasi emulator PS2 terbaik di PC dan laptop!

1. hpsx64

Emulator hpsx64 memiliki tampilan simpel dan mudah digunakan

Emulator PS2 terbaik PC dan laptop pertama dalam daftar ini adalah hpsx64. Emulator ini dibuat oleh thegangster256 dimana saat ini proyek emulator miliknya masih tetap aktif dan di update untuk meningkatkan performa emulator PS2 ini.

Emulator PS2 hpsx64 dapat menjalan game-game populer, namun ada kemungkinan performa game-nya akan terasa lambat. Selain menjalankan emulator PS2, hpsx64 juga dapat menjalankan emulator PS1 secara di aplikasi yang sama.

2. DobieStation

Emulator Dobiestation dibuat oleh PSI-Rockin

Selanjutnya ada emulator bernama DopieStation yang dibuat oleh PSI-Rockin. Emulator ini cukup populer dimana game PS2 dapat berjalan dengan akurat. DobieStation lebih fokus pada performa dibandingkan kualitas grafis dimana apabila game mulai terasa lambat, maka emulator akan otomatis akan mengoptimalkan performanya.

Namun sangat disayangkan, emulator DobieStation tampaknya tidak ada update baru untuk meningkat emulator ini dari pengembangnya.

3. Play!

Emulator Play! salah satu emulator yang populer dikalangan gamer

Kemudian ada emulator yang tidak kalah populer dengan DobieStation, yaitu Play! Emulator ini dibuat oleh banyak orang dan membentuk komunitas tim pengembangnya sendiri yang dipimpin oleh Jean-Philip Desjardin. Emulator Play! dapat menjalankan banyak game populer PS2. Tim development juga aktif memberikan banyak informasi resmi mengenai update emulator buatan mereka secara detil.

4. PCSX2

Salah satu emulator game PS2 paling populer dikalangan gamer hingga saat ini

Emulator game PS2 di PC dan laptop terbaik yang paling populer dan menjadi emulator PS2 pertama di dunia adalah PCSX2. Kalian tentunya sudah tidak asing lagi dengan emulator ini, bukan? Emulator ini menghadirkan banyak fitur lengkap yang sangat membantu gamer untuk menjalankan game-game PS2 favorit mereka.

Rekomendasi Emulator PS2 Android Terbaik

Setelah membahas emulator untuk bisa bermain game konsol PS2 di PC dan laptop, selanjutnya saya akan membagikan rekomendasi emulator PS2 Android terbaik untuk kalian. Ada banyak sekali daftar nama emulator yang saya temukan di internet. Namun emulator yang benar-benar sangat direkomendasikan oleh gamer dan juga saya sendiri hanya ada beberapa saja.

Inilah rekomendasi emulator PS2 Android terbaik yang harus kalian coba!

1. Play!

Selain di PC dan laptop, emulator Play! juga tersedia untuk Android

Selain di PC dan laptop, emulator Play! juga tersedia untuk perangkat smartphone Android. Para tim pengembang dengan giat membuat emulator konsol PS2 agar bisa dimainkan dengan lancar untuk para gamer. Hal ini bisa dilihat bagaimana mereka selalu memberikan update secara berkala untuk meningkat performa emularo Play!

2. AetherSX2

Emulator buatan Tahireth menjadi salah satu emulator PS2 Android paling digemari gamer saat ini

Dan emulator PS2 Android terbaik dan juga paling baru dalam aplikasi emulator ini adalah AetherSX2 buatan Tahlreth. Emulator ini merupakan aplikasi gratis yang bisa kalian download di Google Play Store.

Saya sendiri sudah pernah mencoba emulator ini beberapa waktu yang lalu. Meskipun masih dalam tahap pengembangan, namun para gamer sudah bisa mencoba langsung emulator tersebut dengan lancar. Bahkan menurut saya pribadi emulator ini bekerja sangat baik, minim masalah dan tentu saja fitur settingan full yang bisa kalian dapatkan secara gratis jika dibandingkan dengan emulator PS2 Android lain yang sifatnya berbayar.

Itulah informasi mengenai 6 emulator PS2 terbaik 2022 di PC dan Android yang harus kalian coba. Apakah kalian tertarik mencoba salah satu emulator dalam daftar ini selain yang kalian gunakan sekarang?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait EmulatorPS2 atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version