6 Game Dimana Kamu Mengontrol Beberapa Individu Sekaligus

in
Img 06072020 080752 (800 X 450 Pixel)

Dalam beberapa genre seperti fighting dan RPG, gamer diberikan kebebasan untuk memilih karakter sesuai style bermain, karakter ini tentu saja hadir dalam jumlah yang masif, pada umumnya anda diberikan satu karakter untuk menyelesaikan satu playthrough. Namun apa jadinya jika anda diminta mengontrol beberapa karakter atau individu sekaligus? Akankah menyenangkan? Atau menyulitkan? Berikut adalah 6 game dimama kalian mengontrol lebih dari satu individu secara real-time, dan tidak seperti game-game RTS, yang anda kendalikan lebih ke arah individu daripada unit, mereka memiliki personality, trait, dan pros-cons tersendiri.


1. State of Decay series

Img 06072020 080752 (800 X 450 Pixel)

State of Decay merupakan game bertema zombie yang dirilis ekslusif untuk XBOX dan PC, tidak seperti game zombie lainnya, State of Decay cenderung ke arah simulasi daripada shooting gallery atau cinematic. Esensi dari simulasi terasa kental lewat core gameplay-nya dimana anda mengorganisir individu-individu yang anda rektrut untuk membuat komunitas, setiap individu ini memiliki backstory dan skill yang unik satu sama lain. Anda harus bisa mengatur tingkat emosi, konsumsi, dan peran dari setiap individu di komunitas anda.


2. XCOM series

Img 06072020 080833 (800 X 450 Pixel)XCOM adalah organisasi yang ditugaskan untuk membasmi ancaman ektraterestial, oleh karena itu anggota dari XCOM bukan orang sembarangan. Game ini memberikan anda fasilitas untuk merekrut tim yang anda butuhkan untuk menetralisirkan segala ancaman, mereka memiliki class dan skill unik yang bisa anda kostumisasi sesuai kebutuhan anda. Dalam pertempuran anda harus memastikan bahwa langkah yang diambil setiap anggota anda tepat, jika tidak, anggota anda akan mati secara permanen (permadeath).


3. Battlefield 2

Img 06072020 080816 (800 X 450 Pixel)Battlefield 2 merupakan salah satu game FPS modern terbaik di PC, dengan grafis yang memukau dan gameplay sandbox semi-tactical nya yang menarik. Inovasi dalam mode campaign yang diberikan game ini adalah kemampuan untuk mengontrol setiap pasukan dalam peperangan, anda bisa ‘melompat’ dari satu prajurit ke prajurit yang lain sesuai kebutuhan, misal saat anda harus melumpuhkan tank musuh tapi tidak punya senjata berat, anda bisa beralih kepada teman anda yang punya RPG. AI dan sistem command yang mantap semakin mendukung sensasi pertempuran dinamis di game ini.


4. This War of Mine

Img 06072020 080759 (800 X 450 Pixel)TWOM menempatkan anda pada perspektif warga sipil yang terjebak dalam perang, agar dapat selamat, anda harus membangun kelompok. Setiap individu dalam kelompok anda memiliki kemampuan dan kepribadian tersendiri, ada yang mudah menyelinap tapi juga mudah stress, ada yang bisa menghibur tapi lemah dll. Anda harus mengorganisir berbagai hal yang berkaitan dengan trait setiap individu ini dengan baik, seperti siapa yang harus ‘mulung’, berjaga, makan, membangun barikade dll.


5. Valkyria Chronicles saga

Img 06072020 080804 (800 X 450 Pixel)Secara garis besar (dan kasar), Valkyria Chronicles mirip dengan XCOM, mulai dari gameplay turn based, proses perekrutan, dan adanya permadeath, yang membedakan adalah game ini punya perspektif TPS dan anggota anda memiliki kepribadian. Kepribadian ini harus anda manage dengan baik agar dapat bertempur secara efektif, seperti jangan menggunakan anggota dengan trait nokturnal pada pertempuran siang hari atau bawalah anggota country bred pada pertempuran di padang rumput. Semakin anda mengenal anggota anda, semakin baik anda bertempur.


6. Biohazard Revelations 2

Img 06072020 080841 (800 X 450 Pixel)Revelations 2 adalah salah satu seri Biohazard yang underrated, dengan kembalinya sensasi survival horror dan unsur stealth, game ini harusnya lebih dikenal oleh gamer. Selain fitur diatas, game ini juga memberikan gamer kemampuan untuk mengendalikann dua karakter pada setiap skenario, karakter ini memiliki skill yang sangat berguna untuk meningkatkan kemampuan bertahan hidup seperti kemampuan Natalia menemukan item dan musuh tersembunyi atau Moira dengan crowbar yang bisa memberikan damage ekstra. Game ini tentu saja dapat anda mainkan secara co-op untuk mempermudah anda bermain, namun anda akan kehilangan ketegangan dari sensasi menjaga dua nyawa.


Coming Soon: Watch Dogs Legion

Img 06072020 080826 (800 X 450 Pixel)Premis yang ditawarkan WDL cukup menjajikan dengan adanya fitur untuk merekrut dan menggunakan puluhan atau bahkan ratusan hacker di London. Fitur ini tentu saja akan menambah gameplay depht dan replayibility. Semoga Ubisoft juga menambah backstory yang solid kepada setiap karakter agar gamenya lebih terasa hidup.

Avatar

Written by rafi3l