6 Game Di Mana Pilihanmu akan Menentukan Nasibmu

detroit KARA
Disclaimer: Daftar ini hanya beberapa dari banyaknya game yang ada, membuatmu bisa mencari referensi yang mungkin belum atau sudah kamu kenali.

Video game tidak melulu menghadapkan kita pada puzzle yang harus dipecahkan, membunuh semua musuhmu, atau menyelamatkan tuan putri yang ditawan oleh penjahat. Ada kalanya, sebuah video game miliki elemen choice matters, yang mana mengharuskanmu untuk memilih sebuah pilihan yang benar-benar berpengaruh dalam jalannya permainan. Membuat pengalaman bermainmu dengan gamer lain berbeda, tergantung pilihan dialog dan keputusan yang kamu pilih.

Beberapa pilihan tersebut, tak jarang memberikan ending atau konsekuensi yang berbeda di tiap sesinya. Hal ini membuatnya miliki replayability (kemampuan untuk bisa dimainkan berkali-kali, red) yang takkan buatmu bosan tiap kali memainkannya lagi dan lagi. Berikut kami telah merangkum enam game yang miliki elemen tersebut.

1. Divinity: Original Sin II (PC)


Selain miliki konten cerita yang menarik, Divinity: Original Sin II akan menuntutmu untuk menjalankan quest sebebas-bebasnya dengan pilihan yang akan menuntunmu pada ending yang berbeda. Kamu akan miliki tag yang mungkinkanmu untuk memilih pilihan ekstra dengan hasil yang berbeda dari pilihan jawaban biasa. Terkadang pilihan ini bisa menjadi pedang bermata dua yang membuatmu bisa kehilangan anggota party, atau berakhir dengan pertarunganmu melawan NPC.

Game ini miliki lebih dari tiga ending cerita utama, dengan variasi ending karakter orisinal yang berbeda. Terlebih, dengan durasi gamenya yang berkisar antara 80-450 jam permainan yang akan buat fans hardcore game RPG betah berlama-lama di depan monitor, demi menikmati ceritanya dari sudut pandang berbeda.

2. Call of Duty: Black Ops II (PC, PS3, Xbox360, Wii U)


Call of Duty: Black Ops II mungkin adalah game eksperimen di mana Treyarch mencoba untuk mengimplementasikan multiple ending dan branching story pada franchise andalan Activision tersebut.

Pilihan mereka untuk berikan multiple ending rupanya ditanggapi positif oleh para fans, membuat game ini tidak hanya hadirkan action tembak-tembakan yang intens, namun juga ending yang berbeda-beda. Terdapat lebih dari 4 ending di game ini apabila kamu memilih keputusan yang tepat di tiap misinya. Fitur ini membuat gameplaynya menjadi lebih panjang berkisar antara 7 hingga 80 jam tergantung gaya bermainmu masing-masing.

3. Seri The Walking Dead (Semua Platform Termasuk Mobile)


Telltale mungkin salah satu studio yang miliki jam terbang sangat tinggi untuk game drama interaktif. Hal ini dibuktikan dengan kesuksesan seri video game The Walking Dead yang hingga kini telah sampai pada season ketiganya.

Semua pilihanmu di sini akan menentukan rasa percaya NPC padamu, hingga hidup atau matinya karakter lain. Ending di tiap season gamenya akan sangat berpengaruh pada season selanjutnya, jadi kamu harus memilih pilihan dialog yang cocok untuk mendapatkan konklusi yang sesuai ekspektasimu.

4. Until Dawn (PS4 Exclusive)


Game bergenre Horror Thriller ini akan menghadapkanmu kepada pilihan yang sangat sulit. Kamu akan berperan sebagai delapan karakter yang kabur dari pembunuh sadis yang mengejar mereka saat berlibur di sebuah pondok di pegunungan fiksi Blackwood. Beberapa adegan akan memaksamu untuk menghadapi pilihan yang sangat sulit, mulai dari mengorbankan salah satu temanmu untuk dibunuh dengan sadis, menyelamatkannya, atau lari menyelamatkan dirimu sendiri.

Meskipun terlihat sangat sulit untuk tidak membunuh salah satu dari temanmu. Namun game buatan Supermassive Games ini sebenarnya memberikan pilihan agar kamu bisa menyelamatkan semua temanmu. Ya, semua tergantung pilihanmu.

5. The Witcher Series (PC, PS3, PS4, Xbox360, Xbox One)


Menjadi salah satu game RPG barat terbaik tidak lantas menjadikan ceritanya berjalan lurus begitu saja. Meskipun pada awalnya cerita terlihat berjalan lempeng-lempeng saja, namun di tengah permainan banyak pilihan yang benar-benar bawa Geralt ke konklusi hingga ending yang berbeda di seri The Witcher.

Beberapa pilihan bisa berikan Geralt untuk memacari Triss, hingga Ciri yang sudah ia anggap sebagai anaknya sendiri atau tidak sama sekali. Bahkan, “adegan” tersebut bisa saja tidak akan terjadi jika kamu tidak mengeksekusi pilihan dengan tepat. Puncaknya ada pada iterasi ketiga gamenya, yang mungkinkanmu menikmati lebih dari dua ending berbeda sesuai pilihanmu di momen-momen akhir bersama Ciri.

6. Detroit: Become Human (PS4 Exclusive)


Quantic Dream sepertinya memang sangat berpengalaman membuat game drama interaktif. Hal inilah yang ditunjukkan pada promosi Detroit: Become Human. Meskipun game ini baru akan dirilis tahun depan secara eksklusif untuk PlayStation 4, namun mereka telah memberikan beberapa cuplikan gameplaynya yang terlihat lebih menekankan pada pemilihan keputusanmu. Pihak developer mengaku telah membuat ribuan script untuk menghadirkan berbagai kemungkinan yang bisa kamu pilih.

Kamu akan berperan sebagai salah satu dari beberapa Android yang menjadi tokoh di game ini, dimana mereka miliki kisahnya masing-masing, dengan konklusi akhir cerita yang berbeda-beda tergantung pilihan yang kamu pilih. Misalnya, memilih untuk menyelamatkan sandera atau berusaha untuk membunuh tersangka penculikan akan memberikan ending dan dialog yang berbeda yang akan mempengaruhi jalan ceritamu. Menjadikannya salah satu game yang pantas kamu tunggu tahun ini.

Dari keenam daftar di atas, manakah yang buatmu terus penasaran untuk betah memainkan gamenya? Atau mungkin kamu punya daftar game lain atau sedang menunggu salah satu dari daftar di atas untuk dirilis/diskon? Yuk, bagikan pengalamanmu di bawah.

Exit mobile version