6 Game Meta Dimana Kamu Harus Cek Isi Komputermu untuk Lanjut Progres

Metagame

Video game memang merupakan media interaktif, namun interaksi biasanya sebatas pemain mengontrol karakter dan mengatur jalan cerita. Namun game di list kali ini mencoba untuk mematahkan tradisi tersebut. Game pada list ini mencoba untuk berinteraksi dengan pemain lewat memaksa mereka mengecek file dalam folder game untuk petunjuk atau juga “memenangkan” game yang dimainkan.

Berikut ialah 6 game meta yang membuatmu harus rajin cek file di PC untuk “menang”.

1. Oneshot

Oneshot sekilas terlihat seperti tipikal game RPGmaker yang sudah banyak beredar. Namun eksekusinya dalam memberikan cerita terkesan sangat unik karena game melibatkan kamu, si pemain.

Niko menyadari keberadaanmu, dan menganggapmu sebagai semacam tuhan yang menentukan nasibnya. Banyak puzzle di game harus kamu selesaikan dengan bantuan interaksi di luar game dalam bentuk mulai dari file yang dibuat oleh game secara mendadak atau bahkan mengubah wallpaper dari komputermu. Hal ini membuat kamu harus memainkan game ini dalam mode windowed apabila ingin mendapatkan pengalaman terbaik.

Semakin sedikit kamu mengetahui tentang game ini, lebih baik. Maka apabila premis “meta game” telah menarik perhatianmu, silahkan untuk langsung mencoba game satu ini.

2. IMSCARED

IMSCARED ialah game horor dengan visual yang mungkin pixelated, namun menjadi salah satu pengalaman horor yang lebih seram dari mayoritas game horor sekarang yang terlalu berpatokan dengan jumpscare.

Selain dari penggunaan suara dan atmosfir, salah satu yang membuat game ini sangat creepy ialah banyaknya misteri yang harus kamu selesaikan dengan rajin mengecek folder game. Banyak puzzle diberikan petunjuknya lewat file yang game buat secara otomatis, dan game juga dapat mengantarkanmu ke halaman Youtube secara otomatis untuk memberi tahu apa yang harus kamu lakukan selanjutnya.

IMSCARED ialah game horor non-konvensional yang melibatkan PC-mu untuk dapatkan pengalaman penuh dari game, dan tak banyak game lain yang mencoba untuk lakukan hal serupa.

3. Doki Doki Literature Club

Doki Doki Literature Club mungkin sudah menjadi game yang kamu ketahui, setidaknya dari menonton video gameplay yang ada di Youtube. Game ini memang menipu lewat presentasinya, game terlihat seperti game visual novel untuk para horny weaboo secara sekilas, namun semakin lama kamu mainkan, semakin terlihat sisi gelap yang game miliki.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Tanpa mencoba untuk berikan spoiler terlalu banyak untuk yang belum mainkan game, DDLC pada pertengahan akan menjadi meta game yang nantinya salah satu karakter akan berinteraksi kepadamu, mencoba untuk memaksamu untuk terus bermain. Namun jika kamu mencoba untuk menghapus salah satu file di folder game, kamu akan tetap dapat bermain namun dengan sebuah kejutan tersendiri.

4. Inscryption

Inscryption pada dasarnya ialah game kartu dengan sedikit elemen roguelike dan horor. Pada act pertama, game terlihat sangat straightforward. Kamu bermain kartu dengan nanti ada pilihan level mau kemana, sama seperti Slay the Spire atau game kartu roguelike lainnya.

Namun setelah mengakhiri act pertama, game mulai banting stir mencoba implementasi berbagai hal aneh yang membuatmu bertanya-tanya “kok jadi gini game-nya?”. Salah satu momen yang membuat game ini masuk ke dalam daftar berikut ialah pada salah satu miniboss dimana game tak hanya mengambil file tertentu di komputermu, mencoba menjadikannya kartu atau juga wajah untuk si miniboss, tetapi juga kamu nanti akan harus mengorbankan file di dalam komputer untuk dijadikan kartu atau damage output. Memang game tidak sepenuhnya bakal menghapus file yang kamu pilih (bayangkan kamu sengaja taruh file Windows dan mendadak komputer mati), tetapi ilusi yang diberikan sudah cukup untuk memberikan kejutan kepada pemain.

5. File://maniac

File://maniac ialah game detektif dimana kamu mencoba mencari tahu keberadaan seorang pembunuh. Namun kamu tidak akan mencari petunjuk atau melanjutkan cerita lewat dialog bersama NPC atau mengeksplorasi dunia game, melainkan lewat ombrak-ambrik folder dari game itu sendiri.

Sayangnya, game ini tampaknya sudah tidak lanjut pengembangannya dilihat dari semua halaman sosial developer sudah tidak aktif lagi. Namun sebagian porsi dari game masih tetap dapat diakses bagi kamu yang tertarik untuk mencoba.

6. Irisu Syndrome

Irisu Syndrome ialah game puzzle yang dimana setiap kali game over, kamu akan diberikan sedikit konteks cerita. Namun tak hanya lewat gambar yang diberikan di dalam game, tetapi juga file dalam folder game tersebut juga akan berubah.

Tergantung akan seberapa bagus kamu bermain, ada beberapa ending yang dapat dicapai. Semuanya bersifat meta karena sebagian diceritakan lewat teks dan gambar yang dibuat di folder game. Tanpa ingin memberikan spoiler begitu banyak, salah satu ending miliki transisi yang cukup mengerikan dan di luar ekspektasi.


Baca pula informasi lainnya beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version