6 Game Pertama di Dunia, Cikal Bakal Game Modern yang Kalian Kenal Sekarang

Game Pertama Di Dunia

Jika kalian sudah terbiasa dengan game yang punya grafis super megah dan gameplay yang kompleks. Mungkin kalian akan sedikit mengernyitkan dahi begitu melihat game pertama di dunia yang punya kualitas jauh dari imajinasi kalian.

Game yang pertama di dunia sudah hadir sejak abad ke-20 Masehi dan terlihat begitu berbeda dengan game ber-grafis warna-warni seperti yang kalian biasa mainkan sehari-hari. Game dikala itu terlihat sangat simpel dan tidak tersedia bebas seperti zaman sekarang dimana kalian bisa memainkan permainan game dimana saja dan kapan saja.

Game Pertama di Dunia yang Menjadi Pelopor Game Modern Sekarang

Game arcade retro

Berikut ini game pertama di dunia yang menjadi cikal bakal game modern saat sekarang:

1. Tennis for Two (1958)

Tennis For Two

Siapa yang bisa menyangka, ternyata sejarah video games itu sudah begitu jauh sampai ke tahun 50-an yang berarti sudah 60 tahun dari perilisan Tennis For Two hingga game-game grafis photorealistic di tahun 2022.

Game yang pertama di dunia adalah Tennis for Two. Diciptakan oleh seorang fisikawan Amerika William Higinbotham tahun 1958 dan mesin game itu dipajang di pameran publik di Brookhaven National Library. William men-desain game itu dalam beberapa jam dan dalam jangka waktu 3 minggu, dia beserta teknisi Robert V. Dvorak membangun mesin game tersebut.

Tennis For Two memiliki layar oscilloscope dan ukuran mesin sebesar rak lemari. Walaupun banyak yang masih berdebat apakah game dengan nama lain Computer Tennis itu temasuk video game apa bukan. Namun sayangnya mesin game tersebut harus dibongkar setelah pameran tahun 1959 yang komponennya dipakai untuk untuk keperluan lain.

2. Spacewar! (1962)

Spacewar!

Game berikutnya datang dari game Spacewar! buatan Steve Russell di tahun 1962 bersama koleganya dari Massachusetts Institute of Technology Martin Graetz, Wayne Wiitanen, Bob Saunders, Steve Piner dan beberapa orang lainnya.

Game ini dibuat untuk platform komputer PDP-I yang setelahnya menjadi komputer pertama yang bisa memainkan video game. Gamenya pun terlihat sederhana dengan layar yang menunjukkan dua objek berbentuk jarum yang diberi nama the Needle dan the Wedge.

Spacewar! juga bisa dikatakan sebagai salah satu cikal bakal game multiplayer dikarenakan game ini bisa dimainkan dua pemain sekaligus seperti Tennis For Two di atas.

3. Pong (1972)

Pong

Pong adalah sebuah video game bertema sports yag pertama kali diciptakan oleh Atari yang rilis tahun 1972. Game ini menjadi salah satu game arcade yang diciptakan oleh Allan Alcorn. Awalnya Alcorn menciptakan game tersebut sebagai alat bantu olahraga. Namun sang pemilik Atari Nolan Bushnell dan Ted Dabney terkesima dengan kualitas game tersebut dan ingin memproduksi masal permainan game tersebut.

Seperti namanya, game ini adalah sebuah game tenis meja dimana playernya berbentuk garis dua dimensi dan sebuah bola tenis yang nantikan akan dipantulkan oleh kedua pemain. Pemain yang gagal menyambut bola tersebut tidak akan mendapatkan skor.

Game-nya sendiri adalah salah satu game yang sukses secara komersial dan menjadi pondasi untuk game-game modern kedepannya.

4. Gun Fight (1975)

Gun Fight

Jika kalian pernah tahu salah satu game di 1-2-Switch dimana kalian harus adu-adu cepat menembak musuh ala-ala film cowboy, game Gun Fight ini mempunyai tema yang mirip-mirip.

Gun Fight adalah game arcade yang sangat populer di masanya. Game ini didesain oleh Tomohiro Nishikado dan dibuat oleh perusahaan Taito di Jepang. Konsep dari game ini diambil dari game electromechanical dari Sega berjudul sama di tahun 1969. Saking lakunya Gun Fight masuk sebagai sepuluh besar game arcade dengan penjualan terbanyak di tahun 1976 di Jepang.

5. Space Invaders (1978)

Space Invaders

Kalian yang punya gimbot tentu pernah dengar game Space Invaders. Game ini merupakan salah satu game paling populer sepanjang sejarah game. Samapi sudah memunculkan berbagai judul game dengan gameplay yang mirip-mirip saking populernya.

Game ini sangat sederhana dengan mekanisme gameplay dimana kita mengendalikan sebuah kapal luar angkasa dan menembak alien menggunakan laser. Game inilah yang menjadi template untuk game shoot-em-up seperti yang penulis bahas tadi.

Gameplay ang simpel dan menarik ini menjadikan game Space invaders sangat digemari dan menjadi salah satu video game dengan penjualan terbesar yang pernah ada.

6. Pac-Man (1980)

Emote titik dua ve

Pac-Man atau yang dulunya dipanggil Puck Man di Jepang adalah sebuah game arcade bertemakan labirin dan diproduksi oleh Namco. Di game ini kita harus menggerakkan karakter Pac-Man dan memakan titik-titik yang tersebar di penjuru labirin sambil menghindari kejaran ghost atau hantu warna-warni yang menyebabkan game over jika mengenai karakter Pac-Man yang kita kendalikan.

Menurut Toru Iwatani sang pencipta game ini, karakter game initerinspirasi dari kepingan pizza yang kehilangan satu potongannya. Selain itu dia juga mengatakan bentuk karakter Pac-Man diambil dari huruf kanji ‘mulut’ dalam Bahasa Jepang. Game ini juga salah satu game yang paling sukses dan menjadi maskot untuk perusahan Bandai Namco Entertainment hingga sekarang.

Jadi itulah 6 Game pertama di dunia versi Gamebrott. Menurut kalian, game seperti ini menarik atau tidak untuk dimainkan sekarang? Kasih pendapat kalian ya?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Game atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version