6 Game yang Murni Menyajikan Kekerasan

in
Img 09062020 071536 (800 X 450 Pixel)
Img 09062020 071536 (800 X 450 Pixel)

Sudah sejak lama video game dan kekerasan menjadi topik yang tak terpisahkan. Peneliti dari berbagai belahan dunia pun tidak melewatkankan kesempatan ini untuk mengembangkan penelitian mereka, hasilnya pun terlalu variatif untuk digeneralisir. Karena sensivitas topik ini, banyak developer berlomba-lomba untuk memberikan sensor dan batasan kekerasan agar gamenya layak dipublikasikan tapi tetap menghadirkan keseruan, namun apa jadinya jika suatu developer malah memberikan kekerasan ekstra untuk gamenya? Berikut adalah game yang menyajikan kekerasan sebagai fitur utamanya.


1. Postal seriesImg 09062020 071621 (800 X 450 Pixel)

Postal merupakan game dimana fantasi setiap orang dalam melakukan kekerasan dapat terwujud, mulai dari sekedar memukuli pejalan kaki hingga membakar gedung. Pada awalnya game ini dikembangkan untuk tujuan have fun dan tidak dirilis secara luas, seiring perkembangan zaman game ini sedikit merubah tema menjadi komedi satir ekstrim terhadap kekerasan dalam video game. Meskipun penuh kekerasan, anda sebenarnya juga bisa ‘menyelesaikan’ game ini tanpa melakukan tindak kekerasan, menarik bukan?


2. Hatred

Img 09062020 071614 (800 X 450 Pixel)

Sesuai  ini dengan judulnya, Hatred mengisahkan seseorang yang benci dan muak dengan keberadaan manusia sehingga dia berniat untuk memusnahkan sebanyak mungkin manusia di kotanya. Anda akan menyaksikan salah satu genosida virtual terbesar  dimana ‘protagonis’ menembaki, membakar, dan menikam ribuan warga sipil tak berdosa. Namun karena yang anda lawan adalah warga sipil, bukan berarti perjalanan anda akan selalu mulus, penegak hukum dan militer akan selalu siap menghadang aksi yang anda lakukan.


3. Madworld

Img 09062020 071545 (800 X 450 Pixel)

Uang merupakan salah satu alasan mengapa manusia saling menyakiti satu sama lain, dalam game Madworld, uang-lah yang menjadi penyebab segala kegilaan di dunia. Dalam game ini anda berperan sebagai Jack Cayman, seorang mantan marinir yang mengikuti GameShow ‘Deathwatch’ dengan alasan utama untuk mendapat hadiah uang, namun seiring waktu, keinginan akan uang mulai menghilang dan digantikan oleh keinginan murni untuk membunuh. Dengan mounted chainsaw di tangan kanannya, Jack sanggup menghabisi musuhnya dengan cara yang luar biasa sadis, Jack juga bisa menggunakan benda di sekitarnya untuk dijadikan senjata seperti lampu jalan, ban bekas, tempat sampah, bahkan kereta yang sedang lewat.


4. Death by Daylight (killer)

Img 09062020 071552 (800 X 450 Pixel)

DBD merupakan game survival-horror multiplayer yang ‘asimetris’, dimana 4 orang survivor melawan (atau setidaknya melarikan diri) dari seorang killer. Sebagai survivor anda harus memikirkan cara terbaik untuk lolos dari killer, sebagai killer anda harus memikirkan cara tersadis untuk membunuh survivor. DBD memfasilitasi anda dengan 20 killer yang tentu saja memiliki kemampuan sadis yang unik, dengan 20 killer ini anda diberikan kesempatan untuk ‘bereksperimen’ dengan kemampuan killer ini terhadap survivor. Anda bisa menembak, menyeret, menebas, meracuni, menikam dan melakukan berbagai hal sadis lainnya terhadap survivor untuk memastikan mereka tidak bisa bangun lagi untuk melarikann diri.


5. Payback 2 – Sandbox Action Game

Img 09062020 071559 (800 X 450 Pixel)

Payback pertama yang dirilis untuk iOS merupakan salah satu game action mobile yang solid, seri kedua dari game ini tetap solid namun sedikit berlebihan. Game ini merupakan game aksi open-world dimana anda diberi semacam goal dan objektif tertentu yang harus diselesaikan dalam waktu yang terbatas, tidak ada plot atau backstory, hanya ada aksi. Objektif dari game ini sebagian besar adalah misi penghancuran dan tentu saja anda akan difasilitasi dengan senjata maupun kendaraan penghancur. Game ini juga dapat dimainkan secara multiplayer untuk menambah keseruan (dan kehancuran) yang dapat anda lakukan di game ini, yang menarik dari game ini adalah ukuran gamenya yang tidak sampai 1 GB.


6. Carmageddon series

Img 09062020 071606 (800 X 450 Pixel)

Carmageddon menjadi seri game ‘racing’ yang inovatif sekaligus kontroversial di masanya, game ini tetap mengharuskan anda balapan seperti biasa namun dengan tambahan untuk menabrak pejalan kaki dan hewan yang melintas untuk menambah poin. Kekerasan yang disajikan oleh game ini dikhawatirkan beberapa pemerintah negara pada masa itu akan mendorong masyarakat untuk melakukan roadkill, oleh karena itu game ini sempat dilarang rilis oleh beberapa negara seperti India, UK, dan Jerman. Meskipun dengan berbagai kontroversi yang dihadirkan Carmageddon, game ini terhitung sukses sebagai sebuah franchise dengan dirilisnya 5 seri utama, 6 seri spin-off, dan satu seri komik.

Avatar

Written by rafi3l