6 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Bila Game PC Barumu Bermasalah

simpson

Hal apa yang paling membahagiakan gamer PC? Salah satunya tentu saja ketika ada game baru yang dirilis. Apalagi jika game tersebut adalah game favorit yang memang ditunggu-tunggu. Namun terkadang kenyataan tak seindah itu, banyak problem menghadang ketika game tersebut rilis, dari banyaknya bug, portingan yang buruk, sampai PC yang tak mampu menjalankan game lantaran spek tak mencukupi. Apa yang harus kita lakukan jika hal ini terjadi?

1. Check settingan

Biasanya, tiap game memiliki settingan auto, yang dapat kita gunakan apabila malas untuk mengutak-atik settingan game tersebut. Auto-setting ini akan menyesuaikan kemampuan spek PC yang kita miliki. Namun, sebagai gamer cerdas, sebaiknya kamu memiliki sedikit pemahaman mengenai beberapa fitur yang ada di opsi settingan. Pasalnya, jika kamu me-manual setting game yang kamu mainkan, biasanya hasilnya akan lebih baik, bisa itu dilihat dari grafik atau FPS.

2. Kunjungi forum

Bagi kamu yang mengalami kendala terhadap game yang baru dimiliki, tenang saja kamu tidak sendiri. Kamu dapat mengunjungi forum-forum khususnya yang membahas video game. Di forum tersebut kamu akan menemukan problem-problem yang melanda game yang ingin kamu mainkan tersebut. Mungkin saja, kalau kamu beruntung akan ada solusi dari permasalahan yang kamu hadapi.

3. PC kentangmu yang gak sanggup?

Tidak dapat dipungkiri, spek PC adalah yang paling utama. Ada game yang lebih membutuhkan kemampuan CPU, ada juga yang menitikberatkan pada kemampuan GPU. Cek terlebih dulu spek minimum yang dibutuhkan suatu game tersebut. Memang sih sering kali spek minimum yang tertulis tersebut tidak mutlak, namun kita sebagai gamer PC juga harus sadar diri, kalau memang spek PC yang kita miliki tidak mencukupi, mau bagaimana lagi? Sebaiknya kamu mulai menabung agar dapat meng-upgrade PC kentangmu.

4. Pinjam PC temenmu

Sebagai seorang gamer, pastinya kamu memiliki banyak teman. Masa tidak ada satupun dari mereka yang mau meminjamkan PC kerennya? Setidaknya, kalau mereka tidak bersedia meminjamkan PC untuk kamu bawa pulang, ya kamu main saja di rumah mereka. Sehari cukup 2 jam saja.

5. Mainkan saja gamenya

Gak usah banyak pikiran, mainkan saja gamenya. Tidak semua developer mau memberikan update untuk game besutannya. Apalagi kalau game tersebut merupakan portingan dari konsol. Sebagai contoh, sering kali game portingan dari konsol masih menggunakan skema kontrol dari konsol tersebut, bahkan icon in-game pun masih menggunakan kontroler, sebut saja Playstation dan Xbox. Yang penting kamu masih dapat memainkan game tersebut.

6. Lupakan semuanya

Lupakan gamenya, lupakan masalahnya, matikan PC kentangmu, dan pergi keluarlah. Nikmati udara luar yang segar, bersosialiasi dengan orang-orang, dan mungkin saja kamu dapat menemukan tambatan hati. Ingat, banyak hal lain diluar sana yang sama pentingnya dengan bermain game.

Exit mobile version