6 Manfaat Teknologi Augmented Reality yang Dapat Mempengaruhi Industri Video Game

in , ,

Augmented Reality menjadi teknologi yang semakin berperan penting dalam perkembangan teknologi baik dari segi penerapan maupun hiburannya. Adanya teknologi ini, menurut penulis sangat dibutuhkan untuk mempermudah pekerjaan manusia itu sendiri. Augmented Reality atau “Realitas Berimbuh” dalam KBBI merupakan suatu teknologi untuk memproyeksikan informasi digital kedalam bentuk dunia nyata. Istilah ini dipopulerkan oleh Tom Caudell di tahun 1992, seorang peneliti yang bekerja untuk perusahaan aviasi Boeing, yang menyatakan bahwa teknologi ini merupakan suatu bentuk untuk memproyeksikan suatu gambaran secara langsung terhadap lingkungan nyata. Teknologi Augmented Reality mulai diimplementasikan kedalam banyak hal baik, tentu saja terhadap perkembangan industri video game merupakan salah satunya.

Contoh game yang sudah menerapkan ini adalah Pokemon GO. Pembaca tentu tahu game ini sangat populer semenjak dirilis di tahun 2016 lalu. Penulis mencoba untuk menjelaskan manfaat apa saja yang dapat kita peroleh serta harapan kedepannya akan seperti apa teknologi ini akan berguna bagi kita, serta pengalaman bermain seperti apa bila teknologi ini akan semakin dikembangkan.

1. eSport Tidak Hanya Duduk Diam

Teknologi AR memungkinkan untuk membuat informasi digital dapat diproyeksikan ke dalam dunia nyata. Hal ini tentu sebuah video game tidak lagi hanya duduk manis didepan computer atau konsol kesayangan pembaca, melainkan dapat dilakukan selayaknya olahraga secara umumnya. Salah satu perusahaan yang memanfaatkan teknologi ini datang dari Meleap Inc. dengan salah satu produknya yang bernama Hado. Hado merupakan sebuah permainan yang memanfaatkan teknologi AR, yang memungkinkan pemain dapat menyerang pemain lain dengan sistem 3v3 di sebuah arena.

2. Meningkatnya Pengalaman Bermain

Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan pengalaman menarik selama bermain game? Tentu bukan hanya soal cerita dari sebuah game, namun bagaimana kita benar-benar menikmatinya ketika bermain, itu yang terpenting.

3. Membangun Relasi yang Lebih Luas

Teknologi AR memungkinkan seseorang mendapatkan pengalaman tersebut lebih dalam, baik untuk membuat sesuatu yang berbeda secara kolaborasi, kebutuhan pekerjaan maupun membangun networking atau relasi. Penerapan teknologi ini masih akan terus berlanjut, mengikuti kebutuhan manusia saat ini.

4. Berinteraksi Secara Langsung, Kapanpun dan Dimanapun

Bayangkan kalian bisa melakukan PVP dengan player lain di suatu arena yang ditetapkan. Atau melakukannya secara langsung ketika bertemu player lain, menarik bukan? Apalagi kalian bisa menambah relasi kalian ketika bermain nanti.

5. Judul-Judul Video Game Terbaru dengan Teknologi AR

Selain Pokemon GO, judul-judul lain seperti Harry Potter’s Wizard Unite juga ikut meramaikan lini seri video game dengan teknologi ini. Kemudian ada aplikasi yang bukan sebuah video game melainkan sebuah aplikasi edukasi yang berjudul Assmblr’s App yang berbasiskan di Bandung memberikan sebuah edukasi mengenai teknologi ini dengan memberikan kesempatan kepada pengguna untuk berkreasi apa saja yang dapat dibuat dan diterapkan di dunia nyata. Hal ini menunjukkan kedepannya nanti, AR tidak hanya sekedar membantu kebutuhan manusia saja, namun sebagai bentuk hiburan baru yang akan terus berkembang nantinya.

6. Mobile Gaming yang Jauh Lebih Baik

Ingress merupakan mobile game pertama kali yang dimainkan oleh penulis, yang saat itu penulis cukup terkesima dengan gameplay yang ditawarkan, yakni mengklaim sebuah objek atau monument-monumen penting untuk dijadikan sebagai titik penguasaan. Judul game mobile tersebut adalah Ingress (2014) yang sekarang berubah menjadi Ingress Prime. Meskipun begitu, gameplay yang ditawarkan menurut penulis cukup menarik, namun masih ada judul terbaru lain yang menurut penulis masih melekat di para hati player yakni Pokemon GO. Tentu tidak banyak orang yang ikut merasakan bermain Ingress sebelumnya dengan teknologi AR, namun tentunya penulis bisa menilai teknologi ini dapat digunakan untuk apapun baik sebagai hiburan maupun kebutuhan sehari-hari.

Penulis berharap adanya teknologi ini tentu dapat banyak dimanfaatkan oleh berbagai pihak. Teknologi ini juga tidak hanya diterapkan di dalam sebuah video game, dalam kedokteran maupun bisnis hal ini juga sudah banyak dijumpai seperti melakukan gambaran kondisi jantung pasien yang pecah, kemudian gambaran sepatu yang dapat digunakan secara virtual dengan teknologi AR dan masih banyak lainnya.

Gideonair

Written by Gideonair

Avid Graphic Designer and Photography, also having huge interest in PC Gaming, Peripherals and PC Hardware. Fried Rice Addict.