6 Plot Twist di Game Yang Bikin Gamer Tercengang


Follow Us

Plot twist biasanya banyak dijumpai di film. Film-film seperti Fight Club, The Usual Suspects, dan The Sixth Sense sempat membuat para penontonnya terkejut karena ending dari cerita yang mereka tonton jauh dari ekspektasi mereka. Namun, tidak hanya film yang dapat melakukan hal ini, beberapa video game dibawah ini memilki plot twist yang pastinya akan membuat anda tercengang (mind blowing). Sebelum kita mulai, karena kita akan membicarakan soal plot twist di video game.

Nulis artikel dibayar

!!SPOILER ALERT!!

Berhentilah membaca artikel ini bila tidak mau kebocoran soal momen penting dengan game dibawah ini.

 

 

1. Braid – Tuan putri lari darimu, bukan kamu yang mencoba menyelamatkan tuan putri

Braid-screen01

Braid adalah game puzzle yang menggunakan mekanik time control atau mengendalikan waktu dalam permainannya. Anda harus memutar balik waktu, melambatkan dan manipulasi waktu yang lain nya agar dapat menyelesaikan puzzle. Pada level terakhir, anda harus mengejar tuan putri yang awal nya terlihat melarikan diri dari pria dengan armor baja hingga pada akhirnya anda berhenti di depan kaca rumahnya, gamenya berhenti begitu saja. Tak ada credits maupun kelanjutan ceritanya. Namun apa yang terjadi jika anda menahan tombol Rewind?

Yup…. Cerita yang sebenarnya adalah tuan putri lari darimu dan pria dengan armor baja itu yang menyelamatkannya. Atau anda bisa dapatkan alternate ending yang lebih sulit lagi untuk dijelaskan.


 

2. Silent Hill 2 – Anda membunuh istri anda

silent-hill-2-was-the-game-that-made-me-hate-myself-826-body-image-1426667797

Ending Silent Hill 2 mungkin adalah salah satu ending yang dapat membuat anda menangis, namun kita mulai saja dari awal. Anda bermain sebagai James Sunderland yang mendapatkan surat dari istri mu yang sudah mati 3 tahun lalu karena sakit berat untuk mendatangi Silent Hill. Setelah 12 jam menemui monster aneh, wilayah yang seram dan atmosfir yang disturbing. Akhirnya anda memasuki ruangan dimana istrimu mati dan menemukan video tape.

Ternyata kebenaran pun terungkapkan, istrimu memang sudah mati dan memang mengalami sakit berat, namun dia mati bukan hanya sekedar sakit yang dialami nya, namun karena anda membunuh nya untuk mengakhiri rasa sakit yang dia alami. Tak mampu untuk menanggung kesalahan besar yang dia perbuat, anda berusaha untuk melupakan dan menganggap hal itu tak pernah terjadi. Atau anda mungkin jangan menonton ending satu ini jika tidak mau merasa depresi.


 

3. Star Wars : Knight Of The Old Republic – Kamu adalah Darth Raven

kotorjpg-8dd5b9_1280w

Star Wars Knight Of the Old Republic, atau lebih sering disebut KOTOR merupakan salah satu game Star Wars terbaik bahkan menjadi salah satu RPG terbaik yang pernah ada. Game ini diawali dengan anda bermain sebagai Jedi amnesia yang dilatih untuk mengalahkan Darth Malak, yang bisa dibilang merupakan bawahan dari Darth Raven yang sekarang tengah menghilang. Nantinya, Darth Malak akan memberitahumu kamu bahwa kamulah Darth Raven yang selama ini ditangkap dan dihilangkan ingatannya karena dianggap terlalu berharga untuk dibunuh. Anda kemudian diberi pilihan untuk melawan Darth Malak dan menjadi dirimu yang sekarang seorang Jedi, atau kembali ke dark side.

Walau memang terkesan cliché sekarang untuk plot twist bertema “YOU’RE THE BAD GUY”, namun karena twist ini dieksekusi dengan sangat baik, terima kasih kepada Bioware yang handal dalam story telling, gamer pada saat itu terkejut dan tidak terpikir akan jadi begini alur ceritanya.


 

4. Heavy Rain – Scott Shelby adalah Origami Killer

Scott-Shelby-in-Heavy-Rain

Heavy Rain menceritakan tentang Ethan Mars yang anak nya dicuri oleh Origami Killer. Kini ia harus mencari keberadaan anak nya, Shaun. Dengan pengorbanan serta tantangan yang tak mudah atau Shaun akan mati dan tidak pernah ditemukan.

Scott Shelby, yang memperkenalkan dirinya sebagai detektif swasta yang sedang melakukan pencarian terhadap Origami Killer. Dia mencari petunjuk serta bukti-bukti yang dapat membantu nya dalam mencari siapa dan dimana keberadaan Origami Killer. Namun ternyata, di akhir cerita terungkap bahwa dia sendirilah sang Origami Killer, dan semua clue dan bukti yang dibuktikan hanya untuk dilenyapkan agar dia dapat lari dari seluruh kejahatan yang dia lakukan. Walau menjadi antagonist pada akhir game, karakter ini ditampilkan dengan sangat baik, sehingga akan membuat anda akan bersimpati dan mengerti motif kenapa dia melakukan semua perbuatan “Origami Killer” ini.


 

5. Metal Gear Solid V : The Phantom Pain – Anda bukanlah Big Boss

pwenpksn90mjliwiqqge

Walau dianggap mengecewakan dalam story untuk standar game Kojima karena sebelumnya semua game kojima memiliki story yang memorable dan memuaskan, The Phantom Pain memiliki twist yang banyak orang tidak dapat tebak. Yaitu anda selama ini bukanlah bermain sebagai Big Boss yang anda kira, namun anda selama ini adalah petugas medis yang berada di helikopter yang sama dengan Big Boss di Metal Gear Solid V : Ground Zeroes.

Terluka parah dan koma selama 9 tahun, petugas medis tersebut akhirnya mendapatkan operasi yang membuat wajahnya terlihat seperti Big Boss, anda (petugas medis) diberi Hypnotherapy yang membuat anda percaya kalau anda adalah Big Boss yang memiliki tujuan untuk menjadi “Phantom” Big Boss. Big Boss sendiri yang asli adalah Ishmael, orang yang seluruh wajahnya diperban yang membantu mu keluar dari rumah sakit.


 

6. Bioshock – Would You Kindly ?

Would_You_Kindly

Bioshock terkenal sebagai franchise dengan story yang complicated dan twisting. Walau seri ke-3nya, Bioshock Infinite punya twist yang bagus, twist yang lebih baik ditampilkan oleh game original Bioshock yang dipuja oleh para kritikus. Akan menjadi dosa tersendiri jika tidak menempatkan Bioshock dalam daftar “Best Plot Twists”.

Anda bermain sebagai Jack yang selamat dari kecelakaan pesawat dan terpaksa mendatangi Rupture, kota dibawah laut yang dibangun oleh Andrew Ryan. Anda lalu bertemu dengan Atlas yang pada awalnya terlihat seperti pertukaran simpel “Aku membantumu, dan kamu membantuku”. Atlas sendiri juga sangat sopan dalam meminta, “Would you kindly do this? Would you kindly do that? Would you kindly kill Ryan with golf stick?”. Anda lakukan semua nya tanpa berpikir dua kali lagi karena betapa “sopan” permintaan tersebut.

Ok… Sebelum berbicara soal twist nya, kita akan membicarakan beberapa fakta terlebih dahulu. Jack sebenarnya adalah anak dari Andrew Ryan yang dilahirkan 2 tahun lalu. Namun Jack secara genetik dibuat menjadi dewasa dalam waktu 2 tahun. Setelah anda (Jack) lahir, anda dijual kepada Frank Fontaine, rival dari Andrew Ryan yang ini menguasai kota Rupture. Dan Frank Fontaine tersebut sendiri adalah Atlas.

Anda dibawa keluar dari Rupture agar jauh dari Ryan, dan dilatih untuk mengikuti semua permintaan bahkan membunuh Ryan dengan satu kata yang dapat mengontrolmu menuruti seluruh permintaan nya, “Would You Kindly…?”.

Di saat Rupture tengah berada pada masa suram nya. Atlas mengirimimu sebuah koper yang berisi perintah untuk membajak sebuah pesawat, yang tak lain adalah pesawat yang ditumpangi Jack. Maka kejadian pertama di game bukanlah kecelakaan, namun kesalahanmu. Ryan mengaku kalah dari Atlas dan menerima nasibnya untuk dibunuh oleh anaknya sendiri.

 


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item