6 Tips Bermain Survivor Mode The Last of Us Part II

in , , ,
052422100 1588051779 Tlou2 01

Dunia hancur pasca penyebaran virus fungus. Orang-orang yang masih hidup membangun kembali peradaban dari awal. Beberapa dari mereka berinisiatif membentuk kelompok sendiri. Ellie dan Joel sudah menemukannya dan hidup tenang di Jackson.

Meski berada di dunia yang masih sama, namun dinamika kehidupan yang akan Kalian temui di The Last of Us 2 akan sedikit berbeda dan sedikit lebih luas dari seri pendahulunya. Nuansa kebengisan dan tanpa ampun dibawa kembali sebagai bumbu khas yang sengaja dicampur agar game ini tampil semakin sedap dan pedas ketika dicicipi.

Di seri kedua ini Ellie akan menghadapi arus bahaya yang sangat deras. Ancaman baru muncul ikut menambah hambatan bagi perjalanannya. Ellie tentu membutuhkan strategi yang efektif agar lebih lama bertahan hidup hingga mencapai tujuannya. Artikel kali ini akan memberikan sejumlah panduan, tip, atau trik (apapun yang kalian lihat cocok) yang mungkin bisa berguna untuk khususnya bagi pemain yang baru pertama kali terjun ke dunia The Last of Us 2. Panduan ini diharapkan akan sangat berguna juga apabila Kalian memainkannya di mode survivor.

Di mode survivor, pemain akan jauh lebih rentan dan mudah mati. Persepsi musuh, baik manusia maupun zombie, kini jauh lebih sensitif akan keberadaan Ellie ataupun Abby. Begitu posisi Kalian ketahuan oleh musuh, musuh dapat datang bergerombol dan menyerang dari arah yang tak terduga. Di saat yang sama, sumber daya peluru hingga bahan crafting akan kalian temukan selama perjalanan sangat sedikit jumlahnya. Itu artinya benar bahwa strategi yang efektif diperlukan agar kesempatan Kalian bertahan hidup lebih tinggi. Berikut adalah enam strategi, tip, atau trik yang bisa Kalian manfaatkan selama permainan.


HEADSHOT, HEADSHOT, HEADSHOT

Bang!

Hampir semua jenis musuh di The Last of Us 2 pasti tumbang lebih cepat apabila ditembus peluru di kepala. Kepala adalah target yang tepat sekaligus sukar. Musuh-musuh di survivor mode tentu lebih bahaya dan permainan Kita harus sama bahayanya dengan mereka. Semakin Kalian mahir melakukan headshot, Ellie bisa bertahan lebih lama dalam medan petualangan yang berat ke depannya. Jadi, meski terkesan klise dan juga menantang bagi beberapa orang, melakukan menembak kepala adalah suatu keharusan. Belum lagi, kesempatan Kalian menemukan sebutir dua butir peluru sangat kecil kemungkinannya. Mayat musuh pun sangat jarang memberikan drop itu. Tiap letupan senjata yang Kalian tembakan harus diperhitungkan dan dapat menentukan hidup-mati Ellie atau Abby. Ingat, Kalian adalah pemburu sekaligus diburu juga di The Last of Us 2.

Satu tip yang ampuh secara general agar bidikan Kalian selalu mengarah ke arah kepala adalah dengan mengatur posisi aim berada di tengah layar. Mengapa demikian? Kesalahan yang sering dilakukan oleh pemain (pada game tembak-tembakan lainnya juga) adalah mereka lupa membetulkan posisi kamera. Kadang tanpa sadar Kita bermain pada level aim angle yang terlalu rendah. Reaction time yang dibutuhkan saat bertemu musuh pun jauh lebih besar, dan itu artinya bidikan kita bisa saja meleset (kecuali ia adalah profesional). Disiplin mempertahankan posisi aim yang sejajar dengan tinggi kepala musuh dapat meningkatkan kemungkinan peluru kita tepat mengenai kepala musuh. Di satu sisi, hal ini tentu memerlukan penyesuaian untuk pemain yang belum terbiasa bermain game tembak-tembakan dan menerapkan metode ini.


DIVIDE AND CONQUER

I won’t let anyone of my enemies remain alive! – Ellie

Divide et conquer adalah strategi kuno yang cukup efektif memecah belah musuh. Karena di The Last of Us 2 antara musuh manusia dan zombie semakin dekat, maka Ellie bisa memanfaatkan hal tersebut untuk kabur dari pertempuran tak perlu. Cukup lemparkan saja batu bata atau botol ke arah musuh dan keluar dari area tersebut selagi Scars atau WLF berhadapan dengan para clickers lapar.

Ada kalanya Ellie atau Abby harus bertahan hidup selama perjalanan berbahaya nan mengerikan sendirian – tanpa teman A.I yang menemani. Jika Ellie bertualang bersama teman mungkin menghabisi musuh bisa lebih mudah dan efisien. Namun di saat sendirian bisa membuat Kalian sedikit kerepotan menghadapi musuh yang datang bergrup-grup untuk memburu Kalian. Itu artinya Kalian memerlukan menggunakan sebuah strategi perang kuno namun efektif, yaitu perang gerilya. A.I musuh, tidak bisa dibilang cerdas juga, namun di mode survivor mereka bisa membunuh Kalian cukup beberapa dua kali tembakan atau beberapa kali pukulan.

Konsep perang gerilya adalah soal mempreteli musuh satu-per-satu baik secara diam-diam maupun konfrontasi langsung. Strategi ini sangat efektif karena desain level yang diusung oleh Naughty Dog yang membuatnya memungkinkan. Jika pendekatan total stealth tidak memungkinkan, ada kalanya konfrontasi secara langsung terpaksa harus dilakukan. Prinsip perang gerilya di sini adalah soal desepsi dan jebakan. Pergerakan kalian harus cepat dalam berpindah posisi karena situasi peperangan sangat dinamis.

Ketika posisi Ellie atau Abby diketahui musuh, Kalian sudah harus tahu lebih dulu ke mana harus kabur dan mengumpat. Kita sebut ini konsep hit-and-run; kalian membunuh satu lalu kabur dan mencari celah untuk mengulangi pola yang sama untuk menghabisi musuh yang ada hingga habis tanpa tersisa. Ada kalanya Kalian berada di lingkungan yang terdapat rerumputan tinggi atau dedaunan besar hingga bangunan yang padat barang. Area tersebut merupakan tempat ideal untuk melancarkan strategi ini. Tujuan dari perang gerilya ini adalah untuk memecah line of sight dan menyisakan kebingungan terhadap musuh. Saran penulis, sebisa mungkin selalu crafting panah, molotov, smoke bomb atau trap-mines selama perjalanan jika memungkinkan. Alat-alat tempur tersebut sangat ideal menyukseskan strategi gerilya. Jika musuh berjarak agak jauh, kalian bisa menembakkan panah. Apabila kalian akan berlari menuju gedung, letakkan trap-bomb di pintu masuknya atau jalur sempit di mana hanya bisa dilalui satu orang – one way in one way out. Musuh di The Last of Us 2 tidak terlalu cerdas, jadi jangan terlalu khawatir Kalian tidak akan memenangkan peperangan.

Terakhir, selalu manfaatkan elemen penting lainnya, yaitu last known position. Ellie dapat memanfaatkannya untuk melakukan serangan mendadak dari arah yang tak terduga. Ketika musuh terlihat clueless tentang posisi kalian, bergegas pinda posisi berputar ke bagian belakang musuh melalui rute yang sulit terlihat. Dari sana Kalian bisa menyerang musuh secara tiba-tiba.


TAHU KEMANA HARUS LARI

Kabur dari konfrontasi ada kalanya jauh lebih baik ketimbang menghadapi musuh.

Membunuh musuh bisa terasa seru dan mengasyikkan. Melarikan diri memberikan sense of security dan survival yang sebenarnya. The Last of Us 2 menurut penulis memiliki model game yang ideal untuk melakukannya. Apabila Kalian merasa terpojok karena jumlah sumber daya perang tidak mencukupi, sedangkan Ellie dan Abby harus bertahan hidup selama yang mereka bisa, lari bisa menjadi opsi. Untungnya, model level di The Last of Us 2 cukup mudah ditebak. Pada dasarnya, Kalian akan selalu menemukan kesempatan untuk melewati musuh begitu saja tanpa harus konfrontasi langsung. Jalan kabur konfrontasi pada dasarnya hanya ada tiga jenis berdasarkan desain level The Last of Us 2.

  • Keluar melalui pintu yang macet. Kalian akan beberapa kali melewati area dengan sistem pelarian seperti ini. Kemudian untuk membuka pintu tersebut, Ellie harus menekan tombol segitiga sampai beberapa waktu. Perlu diingat bahwa membuka pintu yang macet sangat berisik dan otomatis menarik perhatian musuh dan ini sering ditemukan saat Kalian bertemu zombie di sebuah gedung. Jika posisi Kalian tidak menguntungkan, ada baiknya habisi satu dua musuh terlebih dahulu sebelum melewati sisanya.
  • Merangkak melalui celah kecil. Selalu perhatikan celah-celah kecil di dinding karena bisa membantu kalian lolos dari bahaya
  • Lompat keluar dari sebuah gedung. Ada sejumlah level di mana Ellie dapat kabur dengan selamat dan para musuh berhenti mengejar setelah keluar dari area tersebut.

EKSPLORASI

Eksplorasi itu penting.

Ingat ini, jangan bosan untuk menjelajah setiap sudut lokasi baru. Mode survivor akan memaksa kalian untuk rajin mencari barang-barang untuk crafting. Jumlah peluru atau bahan-bahan penting lainnya memang jauh lebh sedikit yang bisa Kalian temukan, namun itulah esensi dari menjadi seorang penyintas di dunia The Last of Us 2.

Barang penting lain yang wajib dibawa adalah botol atau batu bata.  Di manapun Kalian berada carilah kedua benda tersebut sebisa mungkin. Meski terlihat sepele, memanfaatkan keduanya ketika berhadapan dengan musuh, baik konfrontasi langsung maupun tidak, memungkinkan Kalian mengubah keadaan dari terpojok menjadi dominan. Apabila Kalian memiliki senjata tajam atau tumpul, kombinasikan dengan serangan stun-hit untuk memberikan efek one-hit kill. Menggunakan cara tersebut juga sangat efektif ketika Kalian ingin menghemat peluru. Perlu diingat bahwa beberapa musuh mungkin akan mendengar suara pecahan botol atau bata tersebut.

Botol atau batu bata juga bisa Kalian manfaatkan untuk melancarkan strategi diversion atau pengalih perhatian ketika berhadapan dengan musuh. Dua benda ini bisa ditemukan di jalan atau suatu area tertentu. Keep that in mind to search for these two little boy while on your journey.


HABISI ANJING 

Tega ga tega.

Bagi sebagian gamer, membunuh anjing adalah ide yang buruk. Kita memiliki empati soal hal tersebut. Tetapi, dengan sangat terpaksa, penulis katakan bahwa Kalian harus membunuh sejumlah anjing yang menghalangi jalan Ellie ke tujuannya. Saran penulis, jangan bayangkan anjing di The Last of Us 2 adalah hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan, justru sebaliknya.

Musuh Ellie yang satu ini bisa begitu menyusahkan. Ia telah dilatih untuk membunuh tanpa ampun. Di mode survivor ini, gigitan anjing memungkinkan membuat Ellie sekarat. Selain keganasannya, anjing-anjing tersebut mampu mengendus aroma Ellie dan akan terus mengikutinya sampai batas tertentu. Apabila Kalian melihat musuh yang membawa anjing, sebisa mungkin bunuh majikannya terlebih dahulu, kemudian anjingnya. Panah atau pistol dengan peredam adalah senjata yang ideal agar posisi Kalian selalu tersembunyi, kecuali situasi yang terjadi memaksa.

Jangan sungkan untuk memanfaatkan listen mode mengetahui apakah Ellie telah meninggalkan jejak bau. Jika demikian, itu tandanya posisi Ellie telah terlacak dan bersiaplah untuk kabur atau memasang jebakan. Perlu diingat bahwa Keduanya pilihan tersebut sama-sama beresiko. Berdasarkan observasi singkat penulis, jumlah anjing di survivor mode berjumlah sekitar tiga ekor. Itu artinya cerdas-cerdaslah dalam memilih target dan jaga jarak dengan mereka.


UPGRADE SENJATA DAN SKILL TREE

Meningkatkan kapabilitas senjata dan skill adalah komponen penting agar Ellie dapat bertahan hidup lebih lama.

Karena senjata adalah arsenal penting, maka sudah diwajibkan untuk ditingkatkan kemampuannya. Selama perjalanan Kalian akan menemukan sejumlah senjata baru. Namun jangan bingung memilih mana yang lebih dahulu ditingkatkan. Penulis menyarakan agar kalian meningkatkan damage pada senjata jenis pistol di awal permainan. Setelah itu, Kalian bisa meningkatkan senjata shotgun atau rifle sesuai preferensi personal masing-masing.Jumlah peluru memang sedikit, namun jangan merasa khawatir dan takut menggunakannya. Anggap saja satu peluru adalah satu nyawa. Jika kalian memiliki sisa dua peluru handgun dan tiga peluru shotgun, situasi permainan masih terbilang baik.

Kemampuan Ellie atau Abby juga dapat menentukan hidup mati mereka.

Bagaimana dengan skill tree? Ada total lima segmen skill yang masing-masing dimiliki Ellie dan Abby. Kalian belum bisa meng-upgrade semuanya dalam satu kali main, kecuali menamatkan ualng game-nya menggunakan mode New Game Plus. Namun awal permainan, ada saran yang bisa menjadi pertimbangan Kalian. Saat masih bermain sebagai Ellie, tingkatkan lebih dulu kemampuan Increased Health pada segmen Survival Tree. Kemudian seiring tabungan suplemen Kalian banyak, tingkatkan segmen Stealth Tree dan Explosive Tree begitu sudah terbuka. Membuka Craft silencer dan Craft More Trap-Mines, menurut penulis adalah pilihan yang ideal untuk mode survivorKeep an eye for them.


Demikian strategi, tip, dan trik singkat yang bisa dibagikan penulis. Jika Kalian memiliki ide atau opini tambahan, jangan sungkan untuk menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini

Restu Saputra

Written by Restu Saputra

The guy who loves playing games, listening jazz music, and writing about something he interests to.
You guys have any thought or just want to say hello? Contact : [email protected]