7 Adegan Video Game Ikonik Yang Tak Lekang Oleh Waktu

Adegan Ikonik Di Video Game

Seperti halnya film, video game juga memiliki satu adegan yang sangat melegenda dan ikonik hingga detik ini. Kalau kata band hit Indonesia 200an, Keris Patih, adegannya tak lekang oleh waktu.

Dan banyak sekali adegan video game ikonik yang masuk ke dalam tipe tersebut. Namun dari semuanya, berikut adalah 7 adegan yang saking ikoniknya, masih terus membekas di benak hingga detik ini bila kamu dulu sempat memainkannya. Sementara bila belum, kamu tetap bisa menyimak untuk mengetahui kenapa adegan-adegan ini dirasa ikonik.

1. Melepas Master Sword (The Legend of Zelda: Ocarina of Time)

Adegan video game ikonik yang tak lekang oleh waktu yang pertama adalah adegan yang menampilkan Link yang melepas master sword dari The Legend of Zelda: Ocarina of Time.

Adegan ini meanmpilkan Link yang melepas master sword yang tertancap di atas batu tumpuan yang berada di dalam Sacred Realm. Tujuan Link mencari dan mencabut pedangnya ini tentunya sebagai senjata untuk mengalahkan villain utama game-nya, Ganondorf.

Namun ketika Link berhasil mencabut pedangnya, ia pingsan. Dan ketika terbangun 7 tahun kemudian, Link sudah tumbuh menjadi dewasa dan sudah sangat siap untuk mengalahkan Ganondorf.

Sebenarnya ada banyak adegan-adegan ikonik di franchise Zelda. Namun tak dipungkiri adalah adegan di Ocarina of Time inilah yang dianggap paling keren dan sering ditampilkan di berbagai pembahasan video game klasik di berbagai media.

2. Pertama Kali Bertemu Knuckles (Sonic the Hedgehog 3)

Walau Sonic the Hedgehog 2 (1992) adalah game favorit seluruh fans, namun barulah di game ketiganya inilah, si landak biru menuai kesuksesan besarnya.

Selain memiliki tampilan grafis yang kian licin dan gameplay yang kian luwes, game-nya juga menampilkan banyak adegan-adegan ikonik yang masih terngiang di benak kita yang dulu sering memainkan game ini.

Namun dari semua, adalah adegan pembukanya ini yang justru masih melekat di benak. Adegannya ini menampilkan Sonic yang sedang melakukan lari cepatnya dalam format Gold Sonic.

Nah ketika sedang asyik berlari menuju Angel Island, tiba-tiba Sonic tersungkur setelah bertumburan dengan Echidna merah, Knuckles. Setelahnya, Knuckles langsung mencuri 7 chaos emerald yang menjadi sumber kekuatan Gold Sonic, dan berlari meninggalkan TKP.

Alasan mengapa adegan ini ikonik, karena adegannya juga bertindak sebagai informasi terhadap gameplay dari game-nya. Spesifiknya, adegan ini memberitahukan kita bahwa selain harus menjalankan misi utamanya, kita juga diharuskan menjalankan misi sampingan yaitu, mengumpulkan kembali 7 chaos emerald-nya.

3. Heihachi Mishima Menaiki Tebing (Tekken 2)

Mungkin beberapa dari kalian menganggap kalau adegan ini biasa-biasa saja. Maklumlah, tampilan grafis 3 dimensinya juga masih “sesimpel” itu dan, hanya memperlihatkan karakter berambut unik di Tekken ini naik tebing di tengah hujan.

Namun kalau kita yang termasuk fanboy berat game ini, tentunya kita sadar sekali kalau adegan intro Tekken 2 ini, memiliki makna yang jauh lebih signifikan.

Ya, adegan ini memberitahukan ke pemain kalau Heihachi yang dibuang oleh anaknya sendiri, Kazuya Mishima, selamat dari aksi durhaka si anak. Dan kini, giliran Heihachi yang ingin membalas dendamkan perbuatan Kazuya tersebut.

Selain karena latar kisah keluarga Mishima ini, faktor lain yang membuat adegannya begitu ikonik hingga detik ini adalah adegannya yang ditampilkan layaknya seperti sebuah film drama epik.

4. Semuanya Hanya Mimpi (Super Mario Bros 2)

Ketika memainkan sekuel Super Mario Bros (1985) ini, banyak fans yang merasa terkejut sekaligus garuk kepala sendiri. Pasalnya, game ini menampilkan keseluruhan game-nya seperti sebuah pertunjukan teater.

Hal ini terlihat dari awal pembuka game-nya yang menampilkan karakter-karakternya berdiri rapih dengan hiasan tirai yang layaknya digunakan di pertunjukan teater. Fans merasa bingung apakah yang mereka lihat ini sungguhan terjadi atau hanya khayalan / halusinasi Mario saja?

Akhirnya semuanya terungkap di bagian ending. Terlihat kalau Mario sedang tidur terlelap dengan gelembung gambar di atas kepalanya yang menampilkan ilustrasi dari adegan final setelah Mario / Luigi, mengalahkan King Bowser.

Salah satu alasan mengapa adegan ini begitu ikonik, dikarenakan ini adalah adegan ending bercerita pertama di dalam sejarah franchise Super Mario Bros. Game pertamanya dulu, ending-nya tidaklah bercerita seperti ini.

5. Bertemu Zombie Pertama (Resident Evil)

Memang, kemarin baru saja kita membahas 7 Adegan Menyeramkan Game Resident Evil Yang Masih Nempel di Kepala. Dan di dalam pembahasan tersebut ada poin ini.

Dan bukannya ingin latah, tetapi faktanya, adegan yang memperkenalkan kita terhadap sosok zombie di franchise Resident Evil ini, bukanlah sekedar adegan paling menyeramkan di franchise-nya.

Adegan ini jugalah adegan yang paling ikonik di dalam sejarah video game. Dan ke-ikonikannya ini, bukan hanya karena tampilan zombie botaknya itu saja.

Namun juga dikarenakan cara / teknik pengambilan tolehan zombie-nya yang sangat creepy namun di saat yang sama, terlihat dan terasa seperti teknik pengambilan film-film horor Hollywood.

6. Lisa Garland Mendadak Berdarah (Silent Hill)

Ada alasannya mengapa game pertama Silent Hill (1999), dianggap sebagai salah satu game terseram sepanjang masa. Dan alasan utamanya adalah adegan-adegan full motion video (FMV) menyeramkan yang ditampilkan di sepanjang game-nya.

Namun dari semua adegan menyeramkan yang ditampilkan, tak dipungkiri adalah adegan ketika suster di Rumah Sakit Alchemilla, Lisa Garland, tiba-tiba mengeluarkan darah di sekujur tubuhnya.

Ia mengeluarkan darah setelah akhirnya ia ingat kembali bahwasanya, dirinya sudah tewas sejak lama. Sehingga sosok Lisa yang berbicara dengan Harry, adalah arwah penasarannya.

Lisa sebelum mengeluarkan darah, memohon-mohon ke Harry agar menyelmatkan dirinya karena ia tidak mau terus terperangkap dan menjadi salah satu “monster” berbahaya di Silent Hill.

Namun dikarenakan sudah berdarah dan tersungkur, Harry tentunya ketakutan dan tidak jadi untuk menyelmatkannya.

Selain karena konsep kisahnya ini, adalah dikarenakan tampilan grafis Silent Hill yang semi-realistis yang membuat adegan ini sangat menyeramkan serta, menjadi salah satu adegan video game yang paling ikonik sepanjang masa.

7. Samus Aran Ternyata Seorang Wanita (Metroid)

Dan inilah adegan video game yang tidak hanya paling ikonik, namun super mindblowing di eranya.

Dikatakan demikian karena di sepanjang game-nya, seluruh pemainnya mengira kalau karater badass yang kita mainkan adalah seorang pria. Dan hal ini tidaklah mengherankan.

Karena di dekade 80an, masih sangat jarang bagi orang-orang untuk melihat dan mempercayai kredibilitas dari karakter utama film atau video game yang berjenis kelamin wanita.

Namun secara mengejutkan, justru itu yang persis terjadi di bagian ending game ini. Setelah berhasil menyelesaikan misi dan seluruh luar angkasa damai dan tentram lagi, ending langsung memperlihatkan Samus membuka helm dan seluruh baju perangnya.

Dan setelah membuka semuanya, terungkap kalau Samus adalah seorang wanita. Betapa terkejutnya seluruh pemain kala itu ketika melihat twist ending ini. Alhasil adegan pengungkapan inipun, sukses menjadi salah satu yang paling ikonik di dalam sejarah video game.

Itulah tadi 7 adegan video game ikonik yang tak lekang oleh waktu. Dari 7 ini, adegan manakah yang paling ikonik bagi kalian?

Baca juga informasi menarik lainnya terkait Adegan Video Game atau artikel lainnya dari Marvin Emir Ciputra. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com
Exit mobile version