7 Alasan Mengapa Final Fantasy VII Jadi Salah Satu JRPG Terbaik di Era PS1!

fff 2

Melekat dalam kenangan, itulah Final Fantasy VII, telah hadir lebih dari 2 dekade silam, game tersebut hingga kini masih tak terlupakan. Kalian mungkin akan bertanya-tanya, mengapa game lawas tersebut mampu menghadirkan kisah emosional yang menguras emosi, padahal hanya tampil dalam visualisasi yang terbatas?

Ada banyak hal keren dan menarik yang benar-benar membuat game tersebut layak dinobatkan sebagai salah satu game terbaik di era PlayStation One. Saking keren dan menariknya, akhirnya Square Enix pun berniat menghidupkan game tersebut melalui versi remake yang akan rilis tahun depan.

Namun walaupun demikian, tetap tak mengelakan bahwa versi originalnya sendiri tetap menarik untuk dimainkan, bahkan di era saat ini sekalipun. Dan berikut ini adalah 5 alasan mengapa Final Fantasy VII jadi JRPG terbaik di era PS1.

7. Mekanisme Pertarungan JRPG yang Solid

“Tawuran kok giliran”, mungkin itulah yang terpikirkan saat kita melihat mekanisme turn based khas JRPG. Lain halnya dengan FInal Fantasy VII, game tersebut mampu menghadirkan mekanisme JRPG turn based yang adiktif dan penuh inovasi di masanya.

Yang kami lihat, terutama hadir pada sistem materia, sistem tersebut membuat aspek pertarungan terasa berjalan lebih strategis dan menarik. Ada banyak jenis materia yang bisa kalian implementasikan pada karakter, dan kesemuannya punya kelebihannay masing-masing. Mulai dari mengcasting magic, memberikan support, menghasilkan searangan deathblow, meningkatkan stats, hingga menggunakan summon monster.

6. Boss Fight yang Epik

Menghadapi boss battle tentu jadi sebuah hal yang menarik sekaligus mendebarkan, dan hal tersebut juga hadir dalam Final Fantasy VII. Apresiasi luar biasa kami berikan bagi Squaresoft dalam menyajikan tiap boss fight yang ada, yang kesemuannya tampil menarik dan butuh berbagai strategi khusus untuk ditundukan. Selain itu, tiap boss yang ada tersebut terlihat punya desain menarik, mulai dari yang mengerikan hingga yang terlihat keren, semuanya ada.

5. Map Luas Dengan Banyak Hal Menarik

Final Fantasy VII merupakan salah satu game terberat dan terpadat di era PS1, saking banyaknya konten yang ada, game tersebut ditampung sebanyak 3 disc. Selain menjalankan misi utama, Final Fantasy VII menyediakan jangkauan map luas yang memungkinkan kalian melakukan segudang aktivitas.

Mini games misalnya, yang memungkinkan kalian sejenak melepas rasa penat dengan menyelesaikan segudang tantangan unik. Selain itu kalian juga bisa menyelesaikan main mission demi memeperoleh reward khusus, side mission sendiri bahkan juga menyelipkan cerita sampingan yang tak kalah menarik untuk diikuti.

4. Punya Segudang Humor

Meski punya cerita sedih yang menguras emosi, percaya atau tidak, Final Fantasy VII menyelipkan berbagai humor yang siap untuk mengocok perut. Tak jarang kalian akan melihat lawakan receh yang terlontar dari beberapa NPC yang tengah berdialog.

Salah satu momen kocak yang tak terlupakan adalah adegan dimana Cloud menyamar dan berdandan menggunakan gaun perempuan. Dan menariknya, adegan crossdressing dari Cloud tersebut juga akan kembali hadir di versi remakenya mendatang.

3. Cerita menarik yang emosional

Bisa dibilang bahwa cerita merupakan salah satu kekuatan utama dalam Final Fantasy VII ini. Bahkan bisa dibilang judul tersebut merupakan salah satu seri Final Fantasy dengan cerita paling memorable. Berbagai konflik dan intrik yang terjadi mampu terangkai dengan menarik dan memikat rasa penasaran.

Selain itu, game tersebut menyimpan salah satu adegan cerita emosional yang tak terlupakan didalam sejarah industri video game. Kami sendiri yakin, kalian pun akan merasa emosional, ketika akhirnya Aerith tewas dipelukan Cloud. Sungguh sebuah momen menyedihkan sekaligus mengerikan yang akan selalu melekat dalam memori.

2. Para karakter yang terasa hidup

Untuk membangun pondasi cerita yang kuat, character development jadi salah satu unsur yang paling krusial. Hampir semua karakter digambarkan punya kepribadiannya masing-masing yang membuatnya terasa lebih hidup. Mulai dari yang humoris, pendiam, ceria, centil, tegas, hingga ceroboh, semuanya ada dan saling melengkapi.

Tak hanya para protagonis dan karakter sampingan saja, karakter antagonis pun juga sama menariknya. Sephiroth mungkin akan jadi salah satu antagonis paling ikonik dalam industri video game. Punya desain menarik dengan pedang masamune panjangnya plus motivasi yang kuat, karakter tersebut akan sangat mustahil untuk dilupakan.

1. Soundtrack yang ciamik

Mendobrak ekspetasi, mungkin itulah kata yang pantas menggambarkan soundtrack ciamik yang dimiliki Final Fantasy VII. Meski pada saat itu efek suara masih terbatas MIDI saja, tak menghalangi game tersebut untuk menghadirkan soundtrack yang menggugah.


https://youtu.be/t7wJ8pE2qKU


Nama Nobuo Uematsu tentu tak dapat diragukan lagi, melalui tangan dinginnya sebagai komposer utama, ia mampu menyuguhkan segudang soundtrack memorable kedalam Final Fantasy VII. Sebagai buktinya, kalian bisa mendengar beberapa soundtrack yang telah kami sematkan dalam artikel ini.



Itulah 7 alasan mengapa Final Fantasy VII jadi salah satu JRPG terbaik di era PlayStation One silam. Bagaimana menurut kalian sendiri, sejauh apa kenangan yang telah melekat dalam ingatan dan hati karena game yang satu ini?


Baca juga berita atau artikel menarik lainnya dari Author.

Contact: erenhartd@gamebrott.com

Exit mobile version