7 Alasan Mengapa Game Facebook Banyak Ditinggalkan


Follow Us

Siapa sih yang ngga tau Facebook, tentunya dong kalian pasti setuju kalo Social Media ini adalah salah satu SocMed yang terkenal di dunia terutama di Indonesia sampai saat ini. Tapi tau gasih kalau beberapa tahun lalu Facebook adalah salah satu Social Media dengan segudang fitur berbeda dengan Social Media lainya seperti Twitter atau Friendster, dan pada saat itu kehadiran Facebook mengguncang Masyarakat Dunia termasuk Indonesia itu dibuktikan dengan banyaknya pendaftar baru, dari sekian banyak fitur salah satunya adalah Game. Kita tahu beberapa game populer pada saat itu yang kita mainkan seperti Ninja Saga, Mavia Wars, City Vile, Farm Vile, DdTank, Perjuangan Semut, Texas Holdem Poker, Zynga Poker, Pet Society dengan game-game diatas mungkin pasti banyak diantara kalian yang sampai memenuhi wall feed dengan postingan Game-Game tersebut. Namun saat ini mungkin sudah tidak banyak lagi dari game-game diatas ataupun Game Facebook lainya yang masih bertahan, mungkin beberapa alasan ini bisa menjawabnya.

Nulis artikel dibayar

1. Grafik yang pas-pasan

Grafik adalah satu hal yang penting bagi kebanyakan orang, oleh karena itu mungkin kalian tahu Grafik pada kebanyakan Game-game Facebook terkesan pas-pasan untuk dimainkan pada saat ini. Oleh karena itu mungkin ini adalah salah satu penyebabnya.


2. Teknologi yang sudah Usang

Pernah Gasih pas lagi asik-asik main tiba-2 muncul Pesan Adobe Flash Crash, Need restart? pasti jika kalian memainkan Game Facebook atau Game zaman 2010 kebawah pernah merasakanya karena teknologi dari Game yang digunakan oleh kebanyakan Developer game di Facebook adalah Adobe Flash Player.

Jika kalian tahu Adobe Flash player adalah teknologi yang dulu memang lazim digunakan oleh kebanyakan Game online dan Youtube dan beberapa situs streaming lainya, namun teknologi ini kini sudah mulai digantikan bahkan ditinggalkan karena banyak sekali celah keamananya. Kini kebanyakan Developer telah mulai menggunakan HTML5 bahkan sekelas Youtube, HTML5 sendiri dinilai lebih ringan serta celah keamanan yang lebih sedikit.


3. Banyak Game Fb P2W

Pasti diantara kalian akan setuju jika kebanyakan Game- Game Facebook adalah sebuah Game yang akan memanjakan kalian dengan banyak fitur namun itu terbatas pada premium player. Disini saya akan memberi contoh dua game saja diantaranya adalah Ninja Saga dan Perjuangan Semut.

Jika kalian tahu dimana Ninja Saga adalah sebuah Game yang mengambil setting sebuah desa ninja dimana kita sebagai player akan menjadi seorang ninja. disini terdapat dua perbedaan mendasar yaitu Emblem User dan Free User. Free User adalah seorang pemain “Gratisan” dimana player hanya akan menikmati fitur yang sangat terbatas, kalian harus membeli Emblem mungkin jika saat ini bisa disebut dengan kata “DLC” jika kalian ingin memainkan game ini secara maksimal.

Untuk perjuangan semut sendiri adalah sebuah Game berlatar kerajaan Semut yang sangat popler pada saat itu, game ini sendiri akan membuat player menjadi seorang prajurit semut yang akan menghancurkan musuh yang datang untuk menyerang. Disini kamu harus memakai set premium jika ingin menjadi Top Ranking dan item-item khusus, dengan item-item khusus tersebut kamu akan meningkatkan Daya Juang, semakin besar Daya Juang semakin akan terlihat hebat juga dan kemungkinan masuk Top Rangking akan semakin tinggi.


4. Membludaknya Cheat

Akibat terlalu sadisnya game dengan kemungkinan P2W akhirnya lahirlah cheat. Kita tahu pada saat itu sangat terkenal banyak sekali cheat-cheat game Facebook bertebaran di internet contoh seperti Cheat Auto Clear Daily Mission, Cheat ATM EXP, Cheat Unlimited Gold, Cheat One Hit Kill, Cheat God Mode dan salah satu pembuat cheat yang terkenal sampai saat ini adalah pekalongan cheater dimana sampai saat ini masih membuat dan menjadi rujukan banyak pemain yang mencari game disana.

Cheat-Cheat game ini sebenarnya terdapat dua sisi dimana ada sisi positif dan sisi negatif dimana sisi positifnya adalah akan membantu para player baik yang  “Gratisan” ataupun Premium untuk menyelesaikan Game dengan mudah, Namun dibalik itu sisi negatifnya lebih banyak seperti kepuasan dalam bermain yang hilang, kemudian kita tidak tahu apa saja yang disusupkan oleh si pembuat cheat didalam program cheat tersebut(penulis mendapat pengakuan sendiri dari salah satu pembuat cheat game tersebut).


5. Sistem Keamanan yang lemah

 

BACA JUGA  Facebook dan Instagram akan melakukan Banned untuk Kalian Yang menggunakan Emoji berikut!

Cheat-cheat bertebaran dimana-mana itu adalah salah satu indikator bahwa game-game facebook memiliki sistem keamanan yang lemah. ini yang membuat banyak orang mulai meninggalkan game tersebut.


6. Gempuran Game Smartphone

Kita tahu saat ini Smartphone berbasis android adalah sebuah fenomenan dimana hampir setiap orang memilikinya. dengan adanya Smartphone ini budaya pun mulai bergeser dimana jika dulu hanya ingin berselancar secara nyaman harus menggunakan laptop atau pc dimana mempunyai tempat terbatas dan tidak praktis karena tidak mudah dibawa kemana-mana kini dengan menggunakan Smartphone kalian sudah bisa menikmati dan menjelajahi Internet dengan nyaman dan bisa dilakukan dimana saja. Jelas  dengan fenomena ini membuat player akan lebih memilih mobile platform ketimbang Facebook yang harus menggunakan pc ataupun Laptop.


7. Developer yang tidak berinovasi

Terakhir adalah Developer yang tidak mau berinovasi. Banyak sekali developer dari Game Facebook tidak berinovasi pada Gamenya, daripada mereka mempertahankan game mereka yang ada pada Facebook mereka lebih memilih hengkang dari Facebook dan beralih dengan membuat game pada Mobile Platform. karena dinilai lebih efisien dan lebih menguntungkan. Untuk game yang sampai saat ini masih bertahanpun terkesan sama saja tidak ada perubahan sama sekali baik dari graphic maupun sistem game.


Jadi itu adalah beberapa alasan mengapa Game Facebook tidak mapu bertahan pada era, facebook sendiri pernah merilis aplikasi bernama Gameroom dimana isi aplikasi tersebut adalah game-game yang ada pada Facebook namun tetap saja gagal.

Baca juga listikel menarik lainya dari Gamebrott dan juga artikel tentang Game ataupun tech dari Rizki


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item