7 Aplikasi Mirip Truecaller Yang Bisa Lacak Nomor Terbaik Untuk Android

in , ,

Baru-baru ini aplikasi benama Truecaller mendadak ramai, hal ini terjadi setelah merebaknya sebuah tangkapan layar yang diduga grup WhatsApp (WA) anak STM pada saat terjadinya aksi demo terkait penolakan RUU pada beberapa hari lalu. Aplikasi ini ramai digunakan oleh banyak netizen yang berupaya melacak nomor ponsel yang tertampil di screenshot tersebut.

Sebenarnya Aplikasi ini sudah ada sejak lama, biasanya digunakan oleh para orang-orang untuk mengatasi masalah telepon spam, blokir kontak telepon dan masih banyak lainya. Aplikasi ini dibuat oleh developer True Software Scandinavia AB, developer asal negara Swedia, saat ini aplikasi Truecaller tersedia untuk perangkat iOS dan Android.

Namun, saat ini aplikasi Truecaller bukanlah satu-satunya aplikasi yang bisa melacak nomor ponsel. Banyak sekali aplikasi selain Truecaller, yang mempunyai fungsi sama dan tentu saja gratis untuk bisa kamu coba install di smartphone Android kamu.

Berikut daftar Aplikasi Mirip Truecaller yang bisa kamu coba

1. Tellows – Caller ID & Block

Rating 4,5

Tellows – Caller ID & Block merupakan sebuah aplikasi sejenis Truecaller dengan fitur yang memungkinkannya untuk melacak informasi seperti nama, alamat, dan lokasi si penelepon saat kita menerima panggilan masuk.

Hal ini bisa diperoleh berkat para pengguna Tellows yang pernah ditelepon oleh nomor yang sama atau mengenal nomor ini. Mereka bisa berbagi informasi mengenai nomor-nomor tak dikenal tersebut, mirip seperti Truecaller.

Tak hanya itu, nantinya setiap panggilan tersebut kita bisa melihatnya karena akan dibagi menjadi 9 jenis dalam 9 kategori: nomor terpercaya, perusahaan penagih hutang, undian berhadiah, survei, iklan agresif, peneror, penipuan uang, telemarketing, dan modus missed call. Jadi, kita bisa tahu apa tujuan si pemilik nomor menelepon kita.


 2. Whoscall

Rating 4,3

Mirip seperti Truecaller, aplikasi ini akan mengidentifikasi panggilan tak dikenal yang masuk sehingga nantinya kamu dapat memutuskan, apakah akan menerima panggilan tersebut atau mengabaikanya.

Dalam aplikasi ini, terdapat beberapa fitur seperti pengaturan nomor, pemblokiran berdasarkan nomor dan kata kunci dan database offline. Dengan begitu, akan memudahkanmu dalam mengidentifikasi nomor tersebut, selain mengandalkan jaringan lokal yang kuat, Whoscall melakukan pencarian melalui internet dan komunitas para pengguna aplikasi ini untuk membantu dalam mengidentifikasi sebuah nomor panggilan.

Whoscall sendiri dikembangkan oleh Gogolook, developer aplikasi yang berbasis di Taiwan. Bahkan aplikasi ini pernah masuk kedalam jajaran Aplikasi Terbaik Google Play 2013 di 8 negara Asia.


3. Showcaller: ID Penelepon, blokir spam

Rating 4,4

Sama seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya, Showcaller juga mempunyai fungsi untuk mengidentifikasi nomor telepon tidak dikenal dan mengetahui lokasi detail si penelepon. Dengan begitu, kalian bisa memblokir nomor tersebut agar terhindar dari penipuan dan panggilan tak diinginkan lainnya.

Tak hanya menampilkan menampilkan nama, fitur dari Showcaller juga bisa memperlihatkan alamat beserta komentar mengenai nomor tersebut dari para pengguna lain yang telah menjadi korban.

Aplikasi ini dikembangkan oleh developer Showcaller Caller ID Studio, dan tergolong aplikasi yang ringan, karena ukurannya juga sangat kecil yaitu hanya sekitar 5 MB.


4. Hiya

Rating 4,5

Pada awalnya, aplikasi pengidentifikasi nomor ini bernama Whitepages Caller ID. Namun,mereka mengubahnya menjadi Hiya pada versi terbaru yang saat ini beredar di toko aplikasi seperti Goolgle Playstore. Sama seperti aplikasi lainya, aplikasi ini hadir dengan serangkaian fitur blok untuk panggilan telepon dan SMS spam.

Aplikasi ini juga memiliki aplikasi yang agak berebeda dari aplikasi lainya, seperti seperti informasi saat mendapatkan panggilan dari private number atau notifikasi saat ponselmu  mendapatkan pesan berupa spam, virus, malware, adware, dan spyware yang membahayakan ponsel kamu.


5. Caller ID & Block

Rating 4,3

Dikatakan jika aplikasi ini mempunyai fitur tracking yang ampuh dalam mengidentifikasi nomor. Kalian bisa melihatnya melalui banyaknya review positif yang dituliskan para pengguna yang sudah mengunduh aplikasi tersebut pada laman download di toko aplikasi seperti Google Play store.

Mereka mengklaim jika database nomor telepon yang dimiliki aplikasi yang dikembangkan CallApp ini tak kalah dengan Truecaller, mereka juga mengklaim jika saat ini duah mempunyai miliaran data nomor telepon dari berbagai negara di dunia. Oleh karena itu, banyak yang mengatakan jika aplikasi ini mampu mengetahui siapa penelepon anonim dengan cepat.


6. Mr Number – Block Calls & Spam

Rating 3,5

Tak jauh berbeda dari aplikasi pendeteksi nomor ponsel lainya, Mr Number juga mempunyai kemampuan untuk melacak maupun mendeteksi sebuah nomor telepon yang kerap kali digunakan untuk melancarkan panggilan dan SMS spam untuk menipu.

Uniknya, kemampampuanya ini bisa digunakan secara bersamaan untuk mendeteksi sekaligus memblokir nomor telepon yang kerap digunakan untuk melancarkan panggilan dan SMS spam serta penipuan. Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk memblokir panggilan dari nomor yang tak dikenal, nomor dengan kode area tertentu serta nomor yang dicurigai sebagai pelaku spam.

Mereka menggunakan informasi untuk mendeteksi sms tersebut melalui database nomor yang berasal dari internet, pengguna juga bisa mendapatkan informasi identitas si penelepon meski nomor tersebut tidak tersimpan di dalam daftar kontak.


7. True Contact

Rating 4,2

Masih sama seperti aplikasi lainya, aplikasi ini memungkinkanmu untuk melacak hingga melakukan pemblokiran terhadap nomor telepon yang tidak di kenal. Aplikasi ini akan menampilkan informasi berupa alamat, nama, foto, dan lain sebagainya secara spesifik.

Tak hanya melalui sharing antar pengguna, mereka mempunyai sebuah teknologi yang bisa mengumpulkan rentetan nomor hp yang ada di jejaring sosial, seperti Facebook, Linkedin, Twitter, Google plus, dan sumber terpecaya lainya.

Kamu bisa mengirimkan email peringatan kepada spammer tersebut langsung melalui fitur yang tersedia dalam aplikasi ini jika kamu tak ingin memblokirnya secara langsung.


Jadi itulah beberapa aplikasi yang memungkinkamu untuk melacak nomor ponsel yang tak kamu ketahui, sebenarnya masih ada banyak aplikasi lainya, namun saat ini kami hanya merekomendasikan ketujuh aplikasi tersebut.

 


Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki

Written by Rizki Arif Priyanto Nugroho

Seseorang yang mencoba untuk mengamati tentang perkembangan teknologi dan pecinta ponsel pintar berbasis Android, for more information contact : [email protected]