7 Aplikasi Perekam Layar Terbaik untuk PC dan Laptop 2021

Perekam Layar

Pekerjaan sebagai YouTuber ataupun streamer agaknya menjadi kian populer semenjak pandemi COVID-19 yang memaksa orang untuk berada di rumah. Banyak dari kalian yang mungkin tertarik untuk terjun ke YouTube, Twitch maupun Facebook Gaming membagikan momen-momen gaming kalian ke publik, namun merasa bingung bagaimana memulainya.

Salah satu yang tentu kalian butuhkan pertama adalah aplikasi screen recorder atau perekam layar. Karena ada begitu banyak pilihan yang beragam, berikut kami pilihkan 7 aplikasi perekam layar terbaik untuk PC dan laptop yang populer digunakan di tahun 2021

1. Nvidia Shadowplay

Kamu yang menggunakan GPU merek Nvidia kemungkinan besar pernah melakukan instalasi GeForce Experience. Selain berfungsi sebagai aplikasi untuk melakukan update dan pengaturan driver, GeForce Experience juga sematkan fitur Shadowplay untuk merekam layar yang bisa dihidupkan secara instan.

Cocok untukmu yang ingin merekam sebuah gameplay dengan cepat cukup dengan satu tombol, bahkan dalam resolusi 4K. Terdapat juga pengaturan dimana Shadowplay akan secara otomatis menyimpan rekaman layar selama 30 detik hingga 20 menit terakhir, dimana cocok untukmu yang tiba-tiba mendapatkan momen epic atau kocak saat bermain video game misalnya.

Harga: Gratis

2. Gamecaster

Buat kamu yang tidak aplikasi perekam layar sekaligus streaming yang tidak ribet, Gamecaster bisa menjadi salah satu pilihannya. Cukup dengan satu tombol, Gamecaster dapat langsung merekam dengan pengaturan otomatis paling optimal sesuai dengan spesifikasi PC atau laptop yang kamu miliki.

Terdapat beberapa fitur menarik lainnya seperti melakukan editing langsung video hasil rekamanmu, serta terintegrasi langsung dengan media sosial untuk kamu yang ingin langsung membagikan video ke publik.

Harga: Free Trial | $8.32/bulan

3. Action!

Jika kamu memiliki PC atau laptop berspesifikasi tinggi, Action! bisa menjadi salah satu pilihan yang cocok untukmu. Aplikasi perekam layar satu ini mampu merekam hingga resolusi 4K dalam kualitas video dan fps yang tinggi sesuai dengan yang kamu lihat pada layar saat bermain.

Tidak sampai disitu tentunya, aplikasi satu ini terintegrasi dengan berbagai platform streaming seperti YouTube, Twitch dan Facebook Gaming. Sama seperti Gamecaster, kamu juga bisa langsung melakukan editing setelah selesai merekam.

Harga: Free Trial | $29.95/user

4. Open Broadcaster Software (OBS)

Bisa dibilang aplikasi perekam layar gratis dan terbaik saat ini, setidaknya bagi kalangan gamer yang mengharapkan fleksibilitas dan kemudahan saat streaming dan merekam layar di saat bersamaan.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Walau demikian, kamu mungkin perlu sedikit belajar untuk memahami fitur-fitur yang ditawarkan untuk memaksimalkan penggunaannya demi menghasilkan kualitas video yang kamu harapkan. Tersedia banyak tutorial penggunaan OBS yang dapat kamu temukan di YouTube.

Harga: Gratis

5. Streamlabs OBS

Pada dasarnya sama seperti OBS namun bisa dibilang miliki user interface yang lebih friendly. Cocok untuk para pemula yang ingin memulai terjun ke dunia streaming.

Harga: Gratis

6. FBX Game Recorder

Untuk kamu pemilik PC atau laptop kentang, FBX Game Recorder bisa jadi salah satu pilihan aplikasi perekam layar terbaik. Aplikasi satu ini mampu merekam dalam kualitas HD tanpa lagging walau PC atau laptopmu berspesifikasi rendah.

Walau mungkin sejatinya kurang cocok untuk dipakai dalam durasi lama, FBX Game Recorder lebih cocok dalam merekam momen-momen tak terduga, karena miliki fitur untuk menyimpan rekaman permainanmu dalam beberapa menit terakhir secara instan, serta terintegrasi langsung dengan media sosial.

Harga: Free

7. Dxtory

Alternatif aplikasi perekam layar lainnya yang cocok untuk kamu yang memiliki PC atau laptop kentang. Dxtory bisa dibilang hadir dengan UI yang cukup simpel dibandingkan aplikasi serupa lainnya.

Dxtory memiliki ragam fitur yang cukup lengkap jika kamu ingin menghadirkan video hasil rekaman yang simpel ataupun streaming. Walau demikian, kamu mungkin perlu belajar memahami pengaturannya untuk hasil video yang lebih maksimal.

Harga: Trial | $35/lisensi

Itulah 7 aplikasi perekam layar terbaik untuk PC atau laptopmu. Kalau kamu tahu pilihan aplikasi serupa lainnya yang nggak kalah bagus, langsung share aja ya di kolom komentar!


Baca juga informasi menarik atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version