7 Aplikasi Remote Desktop Gratis Di Tahun 2021

Remote 1

Di masa pandemi ini, Work From Home menjadi suatu standar baru yang menuntut penggunanya untuk melakukan kegiatan secara online. Ketika bekerja, mungkin kamu membutuhkan akses ke perangkat di kantor, atau mungkin akses ke perangkat lain di ruangan yang berbeda.

Dalam memilih aplikasi Remote Desktop, akan lebih baik bila tidak dipagari oleh susahnya metode pembayaran, mendukung cross-platform, dan yang paling penting setidaknya masih bisa berfungsi bila kondisi internet kurang mendukung.

Dengan alasan tersebut, aplikasi Remote Desktop tentu akan sangat menunjang produktivitas, karena memudahkan penggunanya untuk mengakses perangkat tanpa harus kontak fisik. Berikut adalah beberapa dari sekian banyak aplikasi yang bisa melakukan hal tersebut, diantaranya:

1. Google Remote Desktop

Google Remote Desktop adalah aplikasi yang paling populer digunakan karena untuk penggunaannya tidak memerlukan instalasi. Selain itu, aplikasi ini sangat mudah digunakan, sehingga kebanyakan pengguna akan lebih memilih menggunakan Google Remote Desktop melalui browser mereka.

Untuk menggunakan Google Remote Desktop, kamu dapat klik di sini.

2. AnyDesk

AnyDesk merupakan aplikasi yang juga cukup banyak digunakan. Aplikasi ini mendukung hampir semua device sehingga memudahkan pengguna dalam menggunakan perangkat apapun. Cara kerjanya kurang lebih mirip deang REALVNC, namun lebih mudah.

Untuk mencoba AnyDesk, kamu dapat mengeceknya di sini.

3. Real VNC

REALVNC memang bukan remote desktop yang gratis, namun hal ini dapat diakali dengan menggunakan VNC Server dan VNC Viewer yang masih dalam satu website. Sebelum menggunakan aplikasi ini, pengguna diharuskan untuk menginstall VNC Server untuk mengontrol perangkat yang akan dikontrol nantinya.

Untuk mendownload VNC Server, silahkan cek pada link ini. Dan untuk mendownload VNC Viewer, silahkan cek link yang satu ini.

4. Ultra VNC

UltraVNC juga adalah satu alternatif remote desktop yang gratis. Aplikasi yang sudah berumur 16 tahun ini memberikan tampilan yang sederhana dan mudah dimengerti. Dengan pengaturan yang juga sederhana, pengguna dapat dengan mudah untuk melakukan pengaturan pada aplikasi ini.

Kamu bisa mencoba Ultra VNC melalui link ini.

5. Splashtop

Splashtop menawarkan koneksi yang aman, kencang, dan terjangkau untuk semua kebutuhan. Aplikasi ini memiliki versi berbayar dan gratis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Selain itu, splashtop dapat digunakan oleh hampir semua perangkat.

Penasaran dengan aplikasi ini? Silahkan cek link ini.

6. NoMachine

NoMachine merupakan salah satu alternatif yang dapat kita install. Aplikasi ini menggunakan teknologi NX, yang menjamin kecepatan dan kualitas saat mengakses perangkat lain secara online. NoMachine memiliki fitur Screen Recording yang dapat memudahkan pengguna ketika mengalami permasalahan.

Cek link ini untuk mencoba aplikasi yang satu ini.

7. Windows Remote Desktop

Remote 8

Selain aplikasi di atas, Windows juga menyediakan aplikasi remote desktop yang dapat kita gunakan secara gratis. Fitur ini sudah disematkan ke dalam sistem operasi Windows, mulai dari Windows NT 4.0. Di Windows Remote Desktop, Microsoft berperan langsung sebagai jembatan antar pengguna dan penerima.

Dari semua aplikasi di atas, penulis merekomendasikan Google Remote Desktop dan AnyDesk karena penggunannya terbilang sangat-sangat mudah. Selain itu, Google Remote Desktop tidak memerlukan instalasi apapun, sehingga akan sangat berguna jika digunakan dalam keadaan mendesak.

Selain kedua aplikasi di atas, aplikasi lainnya dapat dijadikan referensi ketika memilih aplikasi remote desktop. Namun, biasanya fitur yang ditawarkan kurang lebih sama.

Nah, itulah beberapa aplikasi remote desktop di tahun 2021 yang kami rekomendasikan. Kalau ada aplikasi dengan fungsi sejenis, boleh share di kolom komentar ya.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version